Blog SABDA
6Sep/240

Alki-TOP Agustus Menggali Pasal-Pasal Bertema Kemerdekaan

Merdeka! Bersyukur kepada Tuhan Yesus karena PA Online Bareng Seri Alki-TOP sepanjang Agustus, yang mengangkat tema kemerdekaan, dapat berjalan dengan baik berkat tuntunan Tuhan. Alki-TOP merupakan salah satu program Pendalaman Alkitab (PA) dari Yayasan Lembaga SABDA (YLSA) yang membahas pasal dan ayat Alkitab yang terkenal dengan cara yang fun dan kekinian. Kami melakukan PA ini secara live di akun Instagram @ayo.pa, setiap Senin, pkl. 19.30 WIB – selesai. Nah, sepanjang Agustus ini, saya dan Bu Yulia yang memandu sebagai host, serta ada Kurnia, Yahya, Benny, Lilis, Erni, Rizky, Kriss, dan Eka yang kami undang sebagai guest untuk PA online bersama.

Perikop-perikop yang kami bahas dalam Alki-TOP Agustus ini diambil dari Galatia 3:22-29 (Merdeka dari Hukum Taurat), 2 Korintus 3:1-18 (Roh yang Memerdekakan), 1 Petrus 2:11-17 (Hidup Merdeka), dan Kolose 3:1-4 (Hidup Adalah Kristus). Sampai saat ini, metode yang kami gunakan dalam PA online adalah metode S.A.B.D.A. (Simak, Analisa, Belajar, Doa/Diskusi, Aplikasi). Jadi, penggaliannya sangat menyenangkan dan terstruktur.

Bagi saya, pasal-pasal yang dibahas setiap minggu selama Agustus cukup berat karena ayat-ayatnya berkaitan dengan Perjanjian Lama dan tulisan Paulus yang sangat doktrinal. Dalam persiapan, saya banyak belajar tentang konteks dan latar belakang dari setiap ayat yang akan digali. Yang paling menantang adalah ketika menggali Galatia 3 yang latar belakangnya berkaitan dengan Hukum Taurat dan bagaimana kemerdekaan dalam Yesus Kristus. Jika ditanya mana yang paling membuat saya belajar banyak, saya akan jawab Kolose 3 yang kami bahas pada minggu ke-4. Di bagian ini, meskipun ayatnya hanya 4, tetapi hal-hal yang Paulus inginkan dari jemaat Kolose sangat relate dengan kehidupan kita saat ini. Melalui pasal ini, sebagai manusia baru, kita dituntut untuk selalu mencari perkara-perkara di atas, yaitu Kerajaan Allah, dan tidak terfokus pada perkara di bumi. Kita adalah warga Kerajaan Allah, dan Kristus duduk di sebelah kanan Allah Bapa. Maka dari itu, kita harus berfokus kepada Dia dan Kerajaan-Nya sehingga kita menjadi orang-orang yang selalu dipakai untuk kemuliaan-Nya.

Sahabat SABDA, yang saya ceritakan di blog ini hanya sebagian kecil dari banyak berkat yang saya pelajari ketika memandu sebagai host Alki-TOP. Saya juga mendapat banyak pelajaran tambahan, baik dari guest, Bu Yulia, maupun Sahabat SABDA yang mengikuti live-nya.

Nah, jika Sahabat SABDA ingin bergabung atau ingin menjadi guest dalam PA online selanjutnya, silakan kontak melalui WA 08812979100 atau DM melalui IG @ayo.pa ya. Jangan lupa untuk gabung dalam PA ini setiap Senin, pkl. 19.30 WIB, untuk belajar Alkitab bareng-bareng dengan cara yang menyenangkan dan relevan pada era digital ini. Salam #Ayo_PA!

Roma

Tentang Roma

Romauli Marpaung telah menulis 44 artikel di blog ini..

Cetak tulisan ini Cetak tulisan ini
Comments (0) Trackbacks (0)

No comments yet.


Leave a comment

Connect with Facebook

No trackbacks yet.