Blog SABDA
1Sep/240

AITalks “AI dan Parenting”, Memperlengkapi Pelayanan Parenting

Shalom pembaca Blog SABDA. Saya ingin berbagi pengalaman saat mengikuti event yang diadakan oleh SABDA berjudul AITalks: AI dan Parenting, dengan panelis tetap Pak Max dan Ibu Yulia. Sebelum berbagi pengalaman, mari kita samakan dahulu pemahaman kita tentang peran parenting Kristen. Parenting Kristen adalah proses mendidik anak berdasarkan prinsip-prinsip Alkitab dengan tujuan utama agar anak-anak dapat hidup memuliakan Tuhan. Firman Tuhan menjadi sumber utama dalam mendidik anak, dan Roh Kuduslah yang memimpin dalam prosesnya. Kasih Kristus, dukungan komunitas, kesadaran akan dosa, dan keselamatan dari Tuhan adalah aspek-aspek penting dalam parenting Kristen. Prinsip-prinsip ini tetap relevan pada era digital yang penuh tantangan.

Dunia sedang mengalami transformasi digital yang begitu cepat. Kecerdasan buatan (AI) telah menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan kita sehari-hari. Sebagai orang tua, kita tidak bisa mengabaikan dampak teknologi ini terhadap kehidupan anak-anak kita. Nah, bagaimana cara kita mempersiapkan anak-anak untuk hidup pada era digital yang penuh dengan tantangan ini? Bagaimana kita dapat membimbing mereka agar tetap berpegang pada nilai-nilai Kristen di tengah arus informasi yang begitu deras? Pertanyaan-pertanyaan inilah yang dibahas dalam seminar AI dan Parenting ini. Penasaran ‘kan?

Dalam acara ini, Ibu Yulia menyampaikan 9 manfaat AI yang dapat menolong para orang tua yang mau belajar terkait AI, dengan tetap berdasar pada Alkitab. Selain itu, kedua panelis juga menekankan tentang keberadaan AI yang tidak akan bisa menggantikan peran orang tua dalam mendidik anak. Mari kita terus belajar firman Tuhan dan memanfaatkan teknologi dalam mendidik anak untuk menolong generasi saat ini semakin rindu belajar firman Tuhan dan mengalami perjumpaan pribadi dengan-Nya.

Sebagai orang tua, kita memiliki peran yang sangat penting dalam membentuk karakter anak-anak pada era digital. Kita adalah model pertama dan terpenting bagi mereka. Mari kita tunjukkan contoh yang baik dalam menggunakan teknologi agar anak-anak juga dapat menggunakannya dengan bijak.

Saya belajar, sebagai orang tua yang telah ditebus oleh Tuhan, saya juga harus dapat membimbing anak saya, bahkan generasi penerusnya, untuk mengenal Allah yang benar dan hidup. Saya mengajak rekan-rekan SABDA untuk terus belajar dan mau menggunakan teknologi bagi kemuliaan Tuhan, termasuk dalam dunia parenting. Kiranya kita dapat mendidik anak-anak menjadi generasi yang cerdas, berkarakter, dan takut akan Tuhan. Mari kunjungi situs ai.sabda.org untuk menyimak arsip seminar AI dan Parenting. Jangan lupa bagikan informasi ini kepada rekan-rekan lainnya, terutama para orang tua Kristen, agar dapat belajar bersama untuk mendidik generasi yang takut akan Tuhan.

Indah

Tentang Indah

Margareta Indah telah menulis 16 artikel di blog ini..

Cetak tulisan ini Cetak tulisan ini
Comments (0) Trackbacks (0)

No comments yet.


Leave a comment

Connect with Facebook

No trackbacks yet.