Blog SABDA
30Jul/240

Memanfaatkan AI untuk Mendukung Pelayanan Doa

Shalom pembaca Blog SABDA. Saya senang sekali bisa berbagi pengalaman dan pemikiran saya terkait acara SABDA #AITalks yang bertajuk AI dan Doa. Acara ini membuka wawasan baru tentang bagaimana kecerdasan buatan (AI) dapat membantu kita dalam kehidupan rohani, khususnya dalam doa.

Awalnya, saya penasaran mengapa SABDA memilih judul AI dan Doa. Bagaimana mungkin AI, yang identik dengan teknologi, dapat membantu kita dalam berdoa yang merupakan aktivitas spiritual yang personal? Rasa penasaran saya ini terjawab dalam acara tersebut.

Panelis tetap #AITalks, yaitu Pak Max, mengingatkan kita bahwa AI dapat digunakan dengan bijaksana untuk membantu banyak hal, termasuk dalam persiapan khotbah, membuat renungan, bahkan doa liturgi. Pertanyaan selanjutnya yang muncul adalah bagaimana AI dapat membantu kita dalam doa?

Pada awal seminar, panelis menyinggung tentang habit of prayer, yaitu kebiasaan berdoa. Kebiasaan ini memungkinkan kita untuk menemukan banyak bahan doa dalam kehidupan sehari-hari. Dalam hal ini, AI dapat membantu kita dengan memberikan ide-ide pokok doa yang bisa kita gumulkan bersama dalam komunitas doa.

Di SABDA, saya terlibat dalam mempersiapkan terbitan Kalender Doa SABDA (KADOS). Saya sendiri telah merasakan manfaat AI dalam mempersiapkan pokok-pokok doa. Salah satu AI tools yang saya gunakan adalah Gemini.ai, sekalipun contoh yang dipakai dalam acara tersebut adalah Perplexity. Saya mencari ide pokok doa terkait tema mingguan KADOS dengan menggunakan AI dan hasilnya cukup bagus, tetapi tetap perlu diedit. AI tools sangat membantu saya dalam mempersiapkan ide pokok doa yang lebih reflektif dan bermakna.

Bersyukur, sampai sekarang, SABDA masih menyediakan berbagai bahan doa untuk menolong orang percaya, gereja, maupun komunitas doa. Ada Kalender Doa SABDA (KADOS), OpenDoors (OD), 40 Hari Mengasihi Bangsa dalam Doa, Kartu-kartu doa (untuk mendoakan 25 rumpun di Indonesia dengan 133 suku). Bahan-bahan doa bisa menjadi panduan doa kita untuk dipakai secara pribadi maupun bersama/kelompok.

Bagi pembaca Blog SABDA yang ingin melihat siaran ulang acara AI dan Doa, silakan kunjungi situs AI SABDA. Saya juga mengajak para pembaca Blog SABDA untuk tidak lelah berdoa bagi kemajuan pelayanan Tuhan di Indonesia. Mari kita luangkan waktu sejenak untuk bergumul bersama agar firman Tuhan dapat tersebar luas di seluruh Indonesia.

Acara seminar #AITalks ini telah memberi pemahaman baru kepada saya tentang bagaimana AI dapat digunakan untuk mendukung kehidupan rohani kita. Semoga semua pembaca Blog SABDA terinspirasi sehingga dapat memanfaatkan AI dan berbagai sumber daya yang tersedia untuk meningkatkan kualitas doa kita. Mari berdoa! Salam AI-4-GOD!

Indah

Tentang Indah

Margareta Indah telah menulis 14 artikel di blog ini..

Cetak tulisan ini Cetak tulisan ini
Comments (0) Trackbacks (0)

No comments yet.


Leave a comment

Connect with Facebook

No trackbacks yet.