Blog SABDA
8Jul/240

Ada Apa dengan ChatGPT (AADC)?

Halo Sahabat SABDA! Senang bisa bertemu lagi dengan pembaca semua! Kali ini, saya ingin membahas sebuah topik menarik yang sering menjadi pertanyaan: “Apa itu Alkitab GPT?”, “Mengapa saya diarahkan ke ChatGPT di OpenAI saat mencoba mengakses Alkitab GPT?”, dan “Apa bedanya Alkitab GPT dengan ChatGPT biasa?”. Pertanyaan-pertanyaan ini sering muncul ketika SABDA melakukan live dan diskusi di WAG AI-4-GOD!. Nah, sekarang, saya akan menjawabnya satu per satu!

Apa Itu Alkitab GPT?
Alkitab GPT adalah teknologi AI yang dirancang khusus untuk membantu umat kristiani di Indonesia dalam studi Alkitab. Melalui Alkitab GPT, kita bisa mendapatkan pengalaman belajar yang menyenangkan, mendalam, bertanggung jawab, dan relevan. Alkitab GPT ini beroperasi di platform ChatGPT OpenAI dan didukung oleh GPT Plus (GPT-4, GPT-4o, Dall-e 3). Teknologi ini telah melalui proses pelatihan data yang intensif menggunakan berbagai dataset Alkitab, SABDA Bot, dan bahan-bahan kekristenan lainnya.

Berbayar atau Gratis?
Berita baiknya, Alkitab GPT bisa diakses secara gratis dengan menggunakan GPT-4o. Namun, ada beberapa fitur yang tidak tersedia dalam versi gratis, seperti generasi gambar (Dall-e 3). Meskipun begitu, Alkitab GPT yang gratis sudah sangat membantu dan efektif untuk melalui studi Alkitab.

Integrasi dengan ChatGPT?
Meskipun Alkitab GPT menggunakan mesin dari ChatGPT, tetap ada perbedaan yang signifikan pada jawaban-jawabannya. Ketika teman-teman membuka ChatGPT melalui aplikasi Alkitab GPT, jawaban yang diberikan akan selalu berorientasi pada Alkitab. Mengapa demikian? Karena setiap prompt yang dikirim melalui Alkitab GPT diberi grounding terlebih dahulu sehingga jawaban-jawabannya pasti selalu kembali ke prinsip-prinsip Alkitab.

Masih Bingung?
Pada dasarnya, Alkitab GPT dan ChatGPT adalah alat yang sama. Namun, ingatlah untuk selalu menggunakan hikmat Tuhan saat menggunakan AI ini dalam menggali Alkitab. AI hanyalah alat, jadi gunakanlah untuk kemuliaan Tuhan! Sekian blog dari saya kali ini, kiranya menjadi berkat. Salam AI-4-GOD!

Aldo

Tentang Aldo

Aldorei Praka telah menulis 11 artikel di blog ini..

Cetak tulisan ini Cetak tulisan ini
Comments (0) Trackbacks (0)

No comments yet.


Leave a comment

Connect with Facebook

No trackbacks yet.