Blog SABDA
24Jun/240

“AI dan Media Prompting”, Kau Harus Tahu!

Ketemu lagi nih di blogku kali ini. Saya mau berbagi cerita tentang pengalamanku menjadi narasumber dalam seminar AITalks seri AI-4-GOD! bertajuk AI dan Media Prompting pada 4 Maret 2024. YLSA menyelenggarakan acara ini karena melihat media semakin berkembang dan pembuatannya makin mudah dilakukan dengan menggunakan AI. Hanya dengan menggunakan prompting, kita bisa membuat media dalam berbagai format.

Sebagai narasumber dalam seminar ini, saya merasa terkagum-kagum dengan adanya AI dan melihat bahwa AI sangat potensial dalam menolong pelayanan berbasis media. Tidak hanya untuk pelayanan Sekolah Minggu, tetapi juga bidang pelayanan lainnya, misalnya pelayanan remaja atau terkait khotbah. Bersyukur juga, saat presentasi, peserta langsung mempraktikkan generate AI untuk menghasilkan media-media yang diinginkan. Seminar ini diikuti oleh banyak peserta, dan bersyukur mereka aktif dan antusias dengan bertanya seputar tools AI.

Dalam presentasi ini, saya menekankan workflow terkait penggunaan AI, termasuk alat-alat AI yang dipakai. Soalnya, setiap alat AI memiliki cara kerja yang berbeda. Jadi, kita harus mengetahui kebutuhan kita sehingga dapat mencari, memilih, dan menggunakan alat AI yang sesuai dengan kebutuhan tersebut. Sebagai staf media di YLSA (tim SABDA Resources), saya senang dan sering menggunakan Canva, Text to Image (untuk melakukan generate gambar), CapCut, termasuk fitur subtitle otomatis. Alat-alat AI ini sangat menolong saya dalam mengerjakan tugas-tugas media. Yeay!  

Oh ya, sebelum mengakhiri blog ini, saya punya harapan nih untuk semua peserta atau Sahabat SABDA sekalian. Jangan takut menggunakan teknologi AI. Ayo mengeksplorasi dan menggunakan alat serta teknologi AI ini untuk menolong pelayanan, khususnya media, baik di gereja maupun komunitas. Makin penasaran tentang AI dan Media Prompting ini? Buruan meluncur ke YouTube SABDA Alkitab AI dan Media Prompting, situslive.sabda.org, dan situs ai.sabda.org yang juga memiliki banyak bahan rekomendasi seputar AI terkait Alkitab, gereja, misi, pelayanan, dan edukasi.

Nehemia Feldin

Tentang Nehemia Feldin

Nehemia Feldin telah menulis 10 artikel di blog ini..

Cetak tulisan ini Cetak tulisan ini
Comments (0) Trackbacks (0)

No comments yet.


Leave a comment

Connect with Facebook

No trackbacks yet.