Blog SABDA
4Jun/240

Kelas Baru, Modul Baru: “Khotbah Untuk Awam”

Tahun ini, ada modul baru dari kelas online Ministry Learning Center (MLC), yaitu kelas Khotbah Untuk Awam (KUA). Kelas ini merupakan salah satu kelas yang banyak di-request peserta sejak 2021, khususnya dari peserta kelas Hermeneutika. Persiapan pembuatan modul KUA ini tidak mudah. Banyak pergumulan, bagaimana materi yang dipakai dan dikumpulkan dapat disajikan menjadi satu modul yang padat dan mudah dipahami untuk kaum awam. Modul ini dibagi menjadi 5 pelajaran, yaitu: Pengertian Khotbah dan Peran Pengkhotbah, Unsur dan Jenis Khotbah, Kristus Adalah Pusat Khotbah, Mempersiapkan dan Menyampaikan Khotbah, dan Kehidupan Seorang Pengkhotbah.

Saat promosi kelas ini kami bagikan, antusiasme orang yang ingin mendaftar kelas ini sangat tinggi, mencapai lebih dari 100 orang. Karena itu, pendaftaran kelas ini kami tutup lebih awal. Selain peserta kelas Hermeneutika dan kelas-kelas modul lainnya, banyak juga yang baru pertama kali ikut kelas online mendaftar di kelas KUA ini. Kelas ini diawali dengan pemaparan materi KUA melalui Zoom oleh Ibu Yulia pada Rabu, 15 Mei 2024, dalam 2 kali sesi (pagi dan malam). Sesi pagi diikuti 77 peserta, sedangkan sesi malam diikuti 55 peserta, dan tidak hanya diikuti oleh peserta KUA, tetapi juga Sahabat SABDA lainnya. Banyak orang merasa terberkati dengan penyampaian materi KUA ini. Salah satu peserta mendapatkan kesan seperti mengikuti KKR. Selain penyampaian materi, disampaikan juga penjelasan teknis pelaksanaan kelas.

Kelas KUA ini dibagi menjadi 4 kelas, yaitu 2 kelas pagi dan 2 kelas malam. Saya bertugas sebagai admin untuk 2 kelas malam. Saya sangat suka ketika diskusi berlangsung aktif, baik peserta baru maupun peserta lama saling berbagi sudut pandangnya dengan tidak canggung dan tetap sopan, serta tidak ragu untuk men-sharing-kan pengalaman yang mereka dapat dari gereja masing-masing. Peserta juga responsif ketika saya, selalu admin, mengirimkan reminder keaktifan dan mendorong mereka untuk berkomitmen ikut kelas sampai selesai walau banyak kesibukan dan tantangan. Akhirnya, pada hari terakhir diskusi, hanya sedikit peserta yang “gugur”. Puji Tuhan! Tugas tertulis kali ini juga berbeda dari kelas-kelas modul biasanya, yaitu membuat outline khotbah berdasarkan ayat yang sudah dipilih peserta sebelumnya.

Kelas KUA ini juga mengadakan Office Hour atau diskusi langsung via Zoom yang berlangsung pada Jumat, 10 Mei 2024. Sebanyak 58 peserta aktif berdiskusi dengan saling memberikan pertanyaan dan menanggapi. Office Hour ini tergolong acara baru, yang menjadi rangkaian dari proses kelas online MLC. Bersyukur, acara ini diminati oleh peserta. Selama mengikuti Office Hour ini, peserta boleh mengajukan pertanyaan seputar topik KUA dan peserta lain berkesempatan untuk menanggapinya. Diskusi secara langsung ini juga melatih peserta untuk berpikir cepat dan melatih skill komunikasi, terutama dalam menyampaikan pendapatnya secara langsung dengan tertib dan teratur.

Saya pribadi sangat diberkati dengan adanya modul KUA dan dinamika diskusi yang menarik dari para peserta. Walaupun saya tidak terlibat dalam pelayanan khotbah di gereja, tetapi materi ini membuka sudut pandang baru tentang pentingnya peran seorang pengkhotbah, yang harus benar-benar mempersiapkan khotbah dengan semaksimal mungkin di bawah terang firman Tuhan. Seorang pengkhotbah harus memiliki kedekatan dengan Tuhan dan apa yang difirmankannya juga sudah seharusnya diaplikasikan secara pribadi, selain diaplikasikan oleh jemaat yang mendengarkannya. Selain itu, saya juga diberkati dengan materi tentang fokus khotbah yang harus berpusat pada Yesus Kristus dan pemberitaan Injil. Nah, Sahabat SABDA ingin mendapatkan berkat dari materi Homiletika ini? Yuk baca selengkapnya modul KUA di https://www.pesta.org/kua_sil. Anda juga bisa menyimak arsip yang lain di situs https://live.sabda.org/mlc.php?title=khotbah_untuk_awam.

Mei Budi

Tentang Mei Budi

Mei Budi telah menulis 16 artikel di blog ini..

Cetak tulisan ini Cetak tulisan ini
Comments (0) Trackbacks (0)

No comments yet.


Leave a comment

Connect with Facebook

No trackbacks yet.