Blog SABDA
31May/240

Belajar Kitab Kisah Para Rasul “Lahirnya Gereja” di Alki-TOP

Apakah Sahabat SABDA pernah menonton atau mengikuti Instagram Live PA Online Bareng Seri Alki-TOP? Ini merupakan salah satu program dari Yayasan Lembaga SABDA (YLSA) yang dilaksanakan setiap Senin, pkl. 19.30 – 20.30 WIB, via IG Live @ayo.pa. Melalui PA ini, kita akan mendalami pasal-pasal atau perikop-perikop terkenal dalam Alkitab yang digali secara fun, menarik, dan dari sudut pandang yang baru. Acara ini dipandu oleh host tetap, yaitu ada Bu Yulia dan saya sendiri, tetapi ada juga host lainnya seperti Kak Yudo dan Bu Evie.

Sepanjang Mei ini, Alki-TOP tetap bisa eksis karena ada para guest yang bersedia untuk PA dan sharing bareng lho. Ada 8 guest yang kami undang dalam bulan ini (2 orang setiap minggu), yaitu Sellin, Nikos, Elsa, Agas, Jessika, Yehezkiel, Perubahan, dan Jesica. Pada Mei ini, semua orang percaya pasti memperingati hari Pentakosta. Karena itu, Alki-TOP mengangkat tema Lahirnya Gereja. Perikop-perikop yang dibahas juga diambil dari kitab Kisah Para Rasul, antara lain Kis. 1:6-11 (Kenaikan Yesus ke Surga); 2:1-13 (Pentakosta); 4:32-37 (Jemaat Mula-Mula), dan 5:1-11 (Ananias dan Safira).

Saya sendiri sangat bersyukur karena Alki-TOP Mei bisa terlaksana dengan baik dan ada pelajaran-pelajaran baru yang saya dapatkan, meskipun perikop ini sudah sering saya baca. Kenaikan Yesus Kristus menjadi bagian penting karena Dia berjanji akan mengirimkan Roh Kudus. Namun, ketika murid-murid menanti itu, mereka memiliki sikap yang benar, yaitu menanti dengan tekun, sehati, dan terus-menerus hidup dalam doa. Bagian ini membuat saya tergelitik.

Sebenarnya, secara teknis, Yesus tidak menjelaskan Roh Kudus akan datang seperti apa dan bagaimana. Namun, sikap murid-murid sangat murni kepada Allah. Saya juga belajar dari penggalian tentang kisah jemaat mula-mula yang hidup tanpa kekurangan meski mereka senantiasa memberi apa yang mereka punya di bawah kaki para rasul. Ini merupakan salah satu ciri kehidupan jemaat yang sangat ideal. Melalui penggalian kami, saya banyak berdoa supaya gereja-gereja saat ini juga bisa kembali kepada cara dan hidup gereja mula-mula. Kiranya ada revival untuk gereja-gereja saat ini.

Pastinya masih banyak berkat yang saya pelajari. Namun, Sahabat SABDA bisa melihat arsipnya di IG @ayo.pa dan https://live.sabda.org/ig_alkitop ya. Sahabat SABDA juga bisa join sebagai guest di PA berikutnya melalui kontak WA Admin SABDA di 0881-2979-100. Kami tunggu ya. Salam #Ayo_PA!

Roma

Tentang Roma

Romauli Marpaung telah menulis 39 artikel di blog ini..

Cetak tulisan ini Cetak tulisan ini
Comments (0) Trackbacks (0)

No comments yet.


Leave a comment

Connect with Facebook

No trackbacks yet.