Blog SABDA
16May/240

Kembali ke SABDA untuk Mengerjakan Skripsi

Oleh: Sebastian

Halo Sahabat SABDA, apa kabar? Bertemu lagi dengan saya, Sebastian Jonathan. Saya sudah pernah magang di SABDA pada Juli sampai Desember 2023. Sekarang, saya kembali ke SABDA untuk mengerjakan skripsi mengenai pembuatan aplikasi chatbot kerohanian dengan metode RAG (Retrieval Augmented Generation). Saat pengguna mengirim sebuah prompt, program akan mencari data yang mengandung jawaban prompt. Kemudian, AI akan menjawab prompt berdasarkan data RAG. Melalui RAG, diharapkan AI dapat menjawab lebih tepat dan lebih mudah untuk menambah pengetahuan AI.

Saya telah mengerjakan skripsi selama beberapa bulan, dan menurut saya, mengerjakan skripsi sangat berbeda dengan kuliah. Waktu kuliah, saya sering berkumpul bersama teman-teman di kampus, berdiskusi sambil bersenda gurau sembari mengerjakan tugas kuliah. Dinamika ini kurang terasa saat saya mengerjakan skripsi. Saya dan teman-teman seringnya lebih fokus pada skripsi masing-masing, apalagi skripsi kami berbeda-beda. Oleh karena itu, saya merasa skripsi adalah tugas yang berat dan ada banyak hal yang harus saya kerjakan yang menguras tenaga dan semangat saya.

Namun, saya percaya dengan pertolongan Tuhan, saya dapat menyelesaikan skripsi ini dengan baik. Tuhan telah banyak menolong saya untuk tetap tenang dan semangat selama pengerjaan skripsi ini. Waktu terjadi error dalam program saya, Tuhan menolong saya menemukan titik terang. Saya juga percaya akan kasih Tuhan yang mengalir melalui orang tua, teman, dan staf SABDA yang selalu mendukung saya dalam mengerjakan skripsi ini. Terima kasih telah membaca blog saya. Tuhan Yesus selalu memberkati dan menyertai kita.

Tentang Penulis Tamu

telah menulis 181 artikel di blog ini..

Cetak tulisan ini Cetak tulisan ini
Comments (0) Trackbacks (0)

No comments yet.


Leave a comment

Connect with Facebook

No trackbacks yet.