Blog SABDA
13May/240

#AITalks: AI dan W.I.F.E.

Teman-teman join nggak di acara#AITalks bertajuk AI dan W.I.F.E. yang diadakan oleh Yayasan Lembaga SABDA (YLSA) pada Senin, 6 Mei 2024, via zoom? Acara ini sangat memberkati lho. Yuk, langsung saja baca blog ini untuk tahu seperti apa acaranya ya. Selamat membaca!

Materi yang dibahas dalam acara ini sangatlah relevan dengan konteks perkembangan gereja pada era digital dan AI saat ini. Melalui konsep gereja yang dijelaskan secara detail, kita akan mengerti fondasi gereja yang alkitabiah (W.I.F.E.). Apa itu W.I.F.E.? Ini merupakan singkatan dari Word/Worship (Firman/Ibadah), Instruction (Pengajaran), Fellowship (Persekutuan), dan Evangelism (Penginjilan). Konsep ini menekankan empat fungsi dasar gereja yang harus diperhatikan dan diperkuat dalam pelayanan gereja yang sehat dan alkitabiah yang juga terintegrasi dengan kecerdasan buatan (AI) melalui konsep #SMART Church sehingga gereja dapat menghadapi tantangan zaman dengan lebih adaptif dan inovatif.

Dalam materi ini, ada juga beberapa poin penting yang disampaikan, di antaranya: 1). Pentingnya gereja untuk beradaptasi dengan era digital dan AI untuk tetap relevan dan efektif dalam pelayanan, 2). Konsep #SMART Church yang menggabungkan kecerdasan buatan (AI) dengan prinsip-prinsip gereja yang sehat untuk menciptakan lingkungan gereja yang adaptif dan inovatif, 3). Peran AI dalam memperkuat aspek pengajaran, ibadah, persekutuan, dan penginjilan dalam konteks gereja yang alkitabiah (W.I.F.E.), 4). Dampak positif penggunaan AI dalam menyebarkan konten evangelism, personalisasi pesan, menjangkau audiens lebih luas, dan mendukung berbagai aspek pelayanan gereja, 5). Perlunya gereja untuk terus belajar, berkembang, dan memanfaatkan teknologi untuk memperluas dampak pelayanan dan memenuhi panggilan gereja, 6). Evaluasi terhadap aktivitas gereja dengan mengukur aspek klasik, digital, dan AI untuk memastikan keselarasan dan keseimbangan dalam pelayanan, 7). Dorongan untuk meminta hikmat Tuhan dalam memimpin gereja menuju pertumbuhan dan dampak yang signifikan. Dan, pastinya masih banyak lagi pesan yang disampaikan.

Mungkin, beberapa dari pembaca baru pertama kali mendengarkan istilah (W.I.F.E.) ini dan pastinya sudah ada pula yang pernah mendengar, bahkan mengerti tentang hal ini. Nah, melalui acara ini, kita diingatkan kembali mengenai fondasi penting dari gereja, dan ini masih sebagian kecil dari isi materinya lho teman-teman. Saya sangat berharap, melalui tulisan yang singkat ini, pembaca dan saya semakin memahami dan mau menerapkan pelajaran-pelajaran penting ini dalam mempersiapkan gereja untuk menghadapi tantangan zaman yang terus berkembang dan memperluas dampak pelayanan gereja sesuai dengan panggilan dan misi gereja.

Kalau Teman-teman merasa terberkati dan ingin tahu lebih mendalam tentang materi ini, yuk kunjungi tautan-tautan berikut ini ya:
– https://ai.sabda.org/ai-dan-w-i-f-e/
– https://live.sabda.org/events.php?title=ai_talks_ai_dan_wife

Sampai jumpa di blog selanjutnya ya! Gereja untuk kemuliaan Tuhan!

Theresia

Tentang Theresia

Theresia Marbun telah menulis 31 artikel di blog ini..

Cetak tulisan ini Cetak tulisan ini
Comments (0) Trackbacks (0)

No comments yet.


Leave a comment

Connect with Facebook

No trackbacks yet.