Blog SABDA
18Mar/240

Pengalaman Mengerjakan Skripsi “Aplikasi Chatbot untuk Studi Alkitab”

Oleh: Michael

Halo Sahabat SABDA, berjumpa lagi dengan saya, Michael. Saya sebelumnya pernah magang di SABDA pada periode Juli – Desember 2023. Nah, pada kesempatan kali ini, saya kembali lagi ke SABDA untuk mengerjakan skripsi saya tentang pengembangan aplikasi chatbot menggunakan open source LLM (Large Language Model) dan framework flutter sebagai tools dalam studi Alkitab. Jadi, dalam skripsi ini, saya akan melakukan fine tuning atau penyesuaian kembali model LLM supaya dapat digunakan sebagai tools untuk membantu studi Alkitab

Saya telah mengerjakan skripsi saya di SABDA selama 2 minggu. Kesan saya, pengerjaan skripsi ini merupakan pekerjaan yang berat dan sangat menguras otak. Namun, walaupun skripsi terasa berat, pertolongan Tuhan dapat saya rasakan dalam mengerjakan skripsi sehingga menjadi cukup lancar. Perbedaan ketika saya magang dan mengerjakan skripsi adalah ketika magang saya lebih ke mengeksplorasi hal baru, yaitu penggunaan teknologi sebagai alat untuk memahami firman Tuhan. 

Dalam pengerjaan skripsi ini, saya mengimplementasikan segala pengetahuan saya selama kuliah dan magang untuk membuat alat berupa chatbot yang dapat digunakan untuk membantu studi Alkitab. Selain mengerjakan skripsi, saya juga makin bertumbuh secara rohani di SABDA melalui pendalaman Alkitab yang dilakukan setiap pagi sebelum mengerjakan skripsi. Saya juga belajar untuk hidup mandiri dan meningkatkan beberapa soft skill lainnya, seperti belajar mengatur keuangan dan waktu. Sekian dari saya, sampai jumpa kembali di blog selanjutnya. Terima kasih telah membaca blog ini. Tuhan memberkati.

Tentang Penulis Tamu

telah menulis 179 artikel di blog ini..

Cetak tulisan ini Cetak tulisan ini
Comments (0) Trackbacks (0)

No comments yet.


Leave a comment

Connect with Facebook

No trackbacks yet.