Blog SABDA
25Jan/240

Pengalaman Baru Mengedit Audio Artikel

Shalom Sahabat SABDA! Saya senang bisa terlibat dalam tim inti SABDA Resources. Tim ini berfokus untuk memproduksi konten-konten multimedia yang alkitabiah dan berkualitas, serta bertanggung jawab dalam mengelola dan mendistribusikannya. Nah, di tim ini, saya banyak terlibat dalam proses pengerjaan media, yaitu mengedit grafis, video, dan audio.

Editing audio artikel menjadi hal baru bagi saya. Sebelum mengerjakan, saya mendapat orientasi terlebih dahulu bagaimana mengerjakannya. Saat orientasi, saya diperkenalkan dengan aplikasi Adobe Audition untuk mengedit audio artikel. Ada beberapa hal yang harus saya pelajari dari aplikasi Adobe Audition, seperti memotong bagian audio yang tidak diperlukan, mute, dan menghilangkan noise. Hal penting yang perlu diperhatikan dalam editing audio artikel adalah kualitas rawaudio. Terkadang, rawaudio yang saya dapatkan banyak suara noise dan suara dari voiceover yang kurang jelas. Karena itu, saya menggunakan bantuan extra, yaitu AI untuk memperbaiki masalah tersebut. Salah satu AI yang sering saya gunakan adalah Enhance Speech dari Adobe Podcast.

Hal penting lainnya yang harus diperhatikan adalah keserasian antara audio dan teks artikel yang dibaca. Kadang, saya menemui kesalahan dalam pembacaan artikel, contohnya ada 1 kata yang terlewat belum dibaca, maka voiceover harus mengulang rekaman pada kalimat yang memuat kata tersebut. Dalam melakukan pengeditan audio artikel, saya harus memperhatikan setiap detail karena satu kesalahan kecil bisa memengaruhi makna artikel.

Mengedit audio artikel ini menjadi pengalaman baru yang menarik bagi saya. Saya belajar untuk lebih teliti dalam mengecek dan mendapat keahlian baru dalam mengedit audio. Oh ya, saya juga bisa menggunakan pengalaman baru ini untuk pelayanan di gereja lho. Puji Tuhan! Nah, Sahabat SABDA bisa mendengarkan audio-audio artikel dari SABDA di situs-situs bidang pelayanan milik SABDA, seperti situs PEPAK , PELITAKU, e-MISI, dan situs-situs SABDA lainnya. Oke, sekian tulisan dari saya. Kiranya menjadi berkat dan menginspirasi. Selamat mendengarkan audio-audio artikel dari SABDA ya! Tuhan Yesus memberkati.

Yoesmarlan

Tentang Yoesmarlan

Yoesmarlan telah menulis 4 artikel di blog ini..

Cetak tulisan ini Cetak tulisan ini
Comments (0) Trackbacks (0)

No comments yet.


Leave a comment

Connect with Facebook

No trackbacks yet.