Blog SABDA
2Jun/230

Banyak Berkat dari Global Missional AI Summit 2023

Global Missional AI Summit 2023 (MAI2023) kembali digelar pada 12 — 14 April 2023 lalu di Chiang Mai dan mempertemukan para pekerja misi, penerjemah Alkitab, dan praktisi teknologi dari berbagai penjuru untuk mengeksplorasi nilai dan manfaat yang dapat dihadirkan oleh kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI) bagi pekerjaan misi. Bersyukur karena MAI2023 ini diadakan secara hybrid (online dan on-site) sehingga saya dan beberapa teman lain dari SABDA tetap dapat mengikutinya tanpa harus jauh-jauh pergi ke Orlando, Florida. Dan, pengalaman inilah yang hendak saya tuangkan dalam tulisan kali ini.

Sebagai informasi, MAI2023 mengusung tema Innovation Through Data Collaboration (Inovasi Melalui Kolaborasi Data). Acara berlangsung mulai pukul 08.30 EDT (19.30 WIB) sampai dengan 20.00 EDT (07.00 WIB) setiap harinya, dan dibagi menjadi 2 bagian besar: devosi dan seminar dari pagi hingga jam makan siang, lalu dilanjutkan dengan diskusi meja atau Zoom setelah makan siang hingga acara selesai. Karena kendala waktu, kami hanya dapat mengikuti bagian pertama. Meski begitu, saya sangat bersyukur karena ada begitu banyak berkat dan hal baru yang saya dapatkan.

Salah satu hal yang paling memberkati saya adalah bahwa setiap pembicara membagikan bagaimana kolaborasi data dan kesediaan untuk berbagi data telah memberi dampak positif terhadap pelayanan mereka. Saya rasa kesaksian-kesaksian ini akan mendorong lebih banyak organisasi pelayanan untuk saling berjejaring guna melihat potensi kolaborasi-kolaborasi baru yang dapat Allah pakai untuk kemuliaan-Nya.

Selain itu, berbagai topik seminar yang disampaikan oleh para pembicara ini juga menunjukkan beragam manfaat dari penerapan AI dalam pendidikan tinggi, penerjemahan Alkitab, penyusunan strategi untuk Bible engagement, dan banyak bidang lainnya. Banyak orang masih enggan memanfaatkan AI dalam pelayanan karena bermacam alasan. Akan tetapi, seminar-seminar ini menunjukkan bahwa orang Kristen tidak perlu ragu untuk menggunakan AI, bahkan seharusnya menjadi pemimpin dalam riset dan pengembangan AI guna mempromosikan literasi dan penggunaan AI yang beretika.

Saya rasa bukan hanya saya yang mendapat berkat dari mengikuti MAI2023. Tentunya teman-teman yang lain dari SABDA dan seluruh peserta MAI2023 di segala tempat yang lain juga merasakan berkat yang sama. Semoga tahun depan acara ini akan diadakan kembali, dan semoga akan ada acara-acara lain yang serupa untuk makin memperlengkapi orang percaya dalam menggunakan teknologi AI untuk memuliakan Tuhan dan mengusahakan kesejahteraan bersama.

Kiranya tulisan ini dapat menjadi berkat.

Odysius

Tentang Odysius

Odysius Temara telah menulis 32 artikel di blog ini..

Cetak tulisan ini Cetak tulisan ini
Comments (0) Trackbacks (0)

No comments yet.


Leave a comment

Connect with Facebook

No trackbacks yet.