Blog SABDA
18Nov/220

Berbagi tentang “Penginjilan kepada Suku Digital” ke GSJA Wilayah V Palembang

Salam jumpa kembali Sahabat SABDA. Bersyukur sekali, saya bisa berbagi pengalaman yang sangat seru ketika mengikuti roadshow online pada Jumat, 11 November 2022, kepada jemaat di GSJA Wilayah V Palembang. Materi yang disampaikan dalam roadshow ini adalah Penginjilan kepada Suku Digital (PkSD). Materi ini sudah kami sampaikan ke beberapa gereja dan komunitas pelayanan, seperti: GKAI, GBI, GSJA Bogor, Lembaga NAT (Nafiri  Allah Terakhir), dan yang terakhir GSJA Wilayah V Palembang. Dan, pastinya dalam acara Seminar SABDA MLC. Wow, tentunya kesempatan ini kami pakai dengan baik agar pergumulan di balik PkSD ini dapat dibagikan kepada banyak orang.

Acara berlangsung pkl. 19.00 – 21.00 WIB dan diikuti oleh 47 peserta. Acara ini dipandu oleh host dan moderator dari GSJA Wilayah V, yaitu Pak Parni Sinaga. Setelah doa pembukaan, Pak Parni langsung mempersilakan tim SABDA untuk mengisi acara. Diawali dengan perkenalan Bu Evie dan dilanjutkan dengan memperkenalkan kami (saya, There, Ody, dan Nikos). Setelah itu, Bu Evie langsung menyampaikan materi yang diawali dengan memberikan pengantar berupa data-data terbaru terkait suku digital secara umum. Setelah Bu Evie selesai presentasi, berikutnya giliran saya menyampaikan materi utamanya kepada peserta.

Saya berbagi tentang siapa suku digital, apa yang mereka lakukan, dan strategi apa yang dapat dilakukan untuk menolong suku digital mencintai Tuhan dan firman-Nya. Landasan utama dalam melakukan penginjilan kepada suku digital adalah missiological foundation/fondasi dasar dalam misiologi. Ada 4 poin strategi penting yang perlu dipahami, yaitu: Digital Word for Digital WorldChristian Digital Quotient/CDQ, pemuridan 4H (Head, Heart, Hand, dan HP), dan ide/cara lain (komik, bahan-bahan multimedia, media sosial untuk PA, IG Live untuk PA online). Selama 50 menit saya menyampaikan materi utama ini. Lalu, acara dilanjutkan dengan sesi tanya jawab. Beberapa peserta aktif bertanya dan kami (saya, Bu Yulia, Bu Evie) menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diajukan. Karena waktu hampir habis, Bu Evie segera menginfokan tentang e-book PkSD. Kami membagikan e-book ini kepada semua peserta. Kiranya menjadi berkat!! Puji Tuhan! Bersyukur acara dapat berjalan dengan baik dan materi dapat dipahami oleh peserta.

Selalu ada pelajaran-pelajaran baru yang saya dapat meski materi Penginjilan kepada Suku Digital ini sudah kami sampaikan kepada beberapa gereja. Dalam roadshow kali ini, saya diingatkan lagi tentang hati Tuhan untuk seluruh bangsa, termasuk suku digital. Mereka adalah ladang terbesar pada abad ini, dan mereka ada di dunia digital yang notabene “gelap”, maka saya sangat bersemangat dalam berbagi agar dapat bekerja sama dengan gereja sehingga kita bisa membawa firman Tuhan yang terang itu kepada dunia digital yang gelap, tempat mereka berada saat ini. Ini memang tugas berat. Namun, jika saya mau bertobat dan membagikannya mulai sekarang ini, mereka bisa mengenal Tuhan yang hidup melalui anugerah dari Yesus Kristus sendiri. Tentu saja, saya harus menggunakan semua kesempatan yang ada untuk terlibat aktif melayani suku digital, baik dengan berbagi langsung maupun berdoa bagi mereka. Kiranya materi dan sharing ini juga dapat ditangkap oleh semua peserta melalui roadshow kali ini.

Roma

Tentang Roma

Romauli Marpaung telah menulis 22 artikel di blog ini..

Cetak tulisan ini Cetak tulisan ini
Comments (0) Trackbacks (0)

No comments yet.


Leave a comment

Connect with Facebook

No trackbacks yet.

Copyright © 2009-2022 Yayasan Lembaga SABDA (YLSA). All Rights Reserved.
Bank BCA Cabang Pasar Legi Solo - No. Rekening: 0790266579 - a.n. Yulia Oeniyati
Kontak | Partisipasi | Donasi