Blog SABDA
1Nov/220

Roadshow GoSABDA! “Studi Ber-BOT Alkitab!” dalam Perayaan Ulang Tahun Komunitas Grup Cinta Alkitab

Pada Sabtu, 22 Oktober 2022, SABDA berkesempatan untuk menghadiri sekaligus menjadi narasumber dalam pertemuan daring yang diadakan oleh Komunitas Grup Cinta Alkitab (GCA) dari Persekutuan Oikoumene Umat Kristen (POUK) Kelapa Gading dalam rangka perayaan ulang tahun ke-3 GCA. Dalam pertemuan tersebut, SABDA diminta untuk menyampaikan materi tentang penggunaan bot untuk memperkaya studi Alkitab. Kedengaran tidak asing? Tentu saja, karena SABDA sudah pernah menyampaikan materi yang sama lewat seminar daring Seri GoSABDA! Studi Ber-BOT Alkitab! pada Jumat, 17 Juni 2022. Bahkan, SABDA tidak mempresentasikan ulang materi yang sama secara langsung dalam pertemuan GCA tersebut, melainkan memutarkan video rekaman dari seminar sebelumnya yang dirasa sudah cukup lengkap dan jelas.

Beberapa staf SABDA yang ikut hadir dalam pertemuan ini adalah Hadi, Evie, dan Ibu Yulia sebagai narasumber, Theresia sebagai admin Zoom, dan saya sendiri sebagai admin teknis. Kemudian, anggota GCA yang bertugas memandu acara adalah Bpk. Marten Kasodu sebagai host, dan Ibu Rara Kalesaran sebagai moderator. Selain 40 orang (termasuk kami) yang menghadiri pertemuan ini melalui Zoom, masih banyak lagi anggota GCA yang mengikuti acara ini secara streaming melalui YouTube.

Pertemuan dibuka dengan doa oleh Pdt. L.Z. Raprap, kemudian dilanjutkan dengan sekilas tentang kemajuan GCA sejak komunitas ini didirikan. Beberapa hal yang disoroti dalam bagian ini termasuk kemajuan rencana baca Alkitab harian mereka, beberapa penyesuaian teknis yang perlu dilakukan sepanjang perjalanan, dan penambahan jumlah anggota. Salah seorang anggota juga diminta untuk memberikan pesan dan kesan dari keterlibatannya dalam komunitas.

Setelah itu, sebelum benar-benar masuk ke dalam pemaparan materi, Ibu Yulia dan Evie memberikan pengenalan singkat tentang pelayanan Yayasan Lembaga SABDA, dilanjutkan dengan pengantar dari Hadi tentang materi yang akan disampaikan. Selanjutnya, pemutaran video materi berlangsung selama kurang lebih 40 menit, dan dilanjutkan dengan sesi tanya jawab sampai batas waktu yang sudah ditentukan.

Respons dan pertanyaan dari peserta yang hadir cukup beragam. Beberapa peserta ingin belajar lebih banyak tentang fitur-fitur SABDA Bot yang sudah dijelaskan; beberapa yang lain lebih tertarik untuk tahu lebih banyak tentang pelayanan SABDA; sedangkan beberapa yang lain lagi lebih ingin berdiskusi tentang posisi teknologi secara umum dalam kehidupan kita sebagai orang Kristen dan dalam hubungan kita dengan Allah. Berbagai respons dan pertanyaan tersebut pun tidak hanya ditanggapi oleh narasumber dari SABDA, tetapi juga oleh beberapa pendeta yang bergabung dalam komunitas GCA dan ikut hadir dalam pertemuan tersebut. Tidak mengherankan, semua sepakat bahwa teknologi berasal dari Allah yang memampukan manusia untuk menciptakan teknologi tersebut, dan teknologi itu harus dipakai dengan penuh hikmat untuk melayani Allah dan mendalami firman-Nya. Sayangnya, karena keterbatasan waktu, sesi tanya jawab yang berlangsung cukup seru tersebut terpaksa harus diakhiri. Dan, sebagai komentar terakhir untuk menutup sesi, moderator mempersilakan Pdt. Tyas Messakh untuk memberikan tanggapannya sekaligus menutup seluruh rangkaian acara dalam doa.

Saya bersyukur karena roadshow berlangsung lancar dan banyak peserta mengungkapkan ucapan syukur dan terima kasih mereka untuk materi yang sudah disampaikan dan untuk pelayanan SABDA secara keseluruhan. Semoga segala hal yang sudah dipelajari tentang SABDA Bot juga bisa diterapkan dalam komunitas ini untuk menolong mereka melakukan studi Alkitab dengan lebih kaya. Kiranya segala berkat yang kami terima juga tidak berhenti pada diri kami saja, tetapi dapat juga kami bagikan kepada keluarga dan teman-teman di sekitar kami. Tuhan menolong kita!

 

Odysius

Tentang Odysius

Odysius Temara telah menulis 28 artikel di blog ini..

Cetak tulisan ini Cetak tulisan ini
Comments (0) Trackbacks (0)

No comments yet.


Leave a comment

Connect with Facebook

No trackbacks yet.

Copyright © 2009-2022 Yayasan Lembaga SABDA (YLSA). All Rights Reserved.
Bank BCA Cabang Pasar Legi Solo - No. Rekening: 0790266579 - a.n. Yulia Oeniyati
Kontak | Partisipasi | Donasi