Blog SABDA
19Aug/220

Kelas Diskusi Langsung “Keberadaan Allah”

Oleh: Rei

Halo Sahabat SABDA … pada kesempatan ini, saya ingin membagikan beberapa testimoni dari peserta yang mengikuti Kelas Diskusi Langsung (KDL) dengan topik Keberadaan Allah. Kelas yang diikuti 28 peserta ini berlangsung selama tiga hari berturut-turut (Selasa – Kamis), pada 9 – 11 Agustus 2022, dan hanya dilakukan melalui Zoom. Nah, KDL ini dibagi menjadi dua kelas: kelas pagi dan kelas malam. Kelas pagi dimulai pkl. 10.30 – 12.00 WIB, sedangkan kelas malam pkl. 20.30 – 22.00 WIB.

Kelas ini berbeda dengan kelas-kelas MLC sebelumnya dan kami memberikan aturan yang cukup ketat. Aturan mendasar dalam KDL adalah peserta yang mendaftar haruslah alumni dari kelas MLC sebelumnya. Hal ini berguna untuk menyatukan pemahaman teologi yang biblika sehingga meskipun jawaban tiap peserta beragam, tetapi tidak ada perbedaan teologi yang jauh antarpeserta. Selain itu, KDL ini diadakan secara langsung sehingga membuat peserta sempat kebingungan dalam diskusi. Dalam pelaksanaannya, peserta harus memahami pertanyaan dari moderator dan mempersiapkan jawabannya secara langsung.

Nah, apa saja nih pendapat dan testimoni dari peserta KDL? Mari kita baca beberapa testimoni dari mereka ya!

1. Linna Kusuma Wati (KDL Pagi)

Shalom, saya bersyukur dapat mengikuti KDL ini hingga selesai. Pengalaman baru mengikuti MLC secara langsung membuat saya gugup menyampaikan jawaban dan menanggapi jawaban teman-teman, tidak dapat menyusun kata-kata dengan baik. Namun, pengalaman ini mendorong saya untuk berani menyampaikan apa yang sudah saya pahami maupun yang belum.

Berkat yang saya dapatkan, saya diteguhkan kembali, melihat keberadaan Allah yang terbukti melalui karya-karya-Nya mendorong saya untuk semakin yakin akan iman percaya saya kepada-Nya. Terima kasih buat Bu Yulia dan tim SABDA yang sudah membimbing kami. Tuhan memberkati.

2. Lilik Kusnadi (KDL Pagi)

Shalom, saya sangat terberkati mengikuti kelas ini. Kita sebagai peserta bisa saling interaksi secara langsung dengan fasilitator tim SABDA yang sangat luar biasa. Pertanyaan-pertanyaan yang disampaikan membuat saya mengeksplorasi apa yang kita pahami tentang keberadaan Allah, saling memberi penguatan, koreksi, dan diskusi yang hidup dan hangat. Terima kasih semuanya. Tuhan memberkati.

3. Amriyadi Yehezkiel (KDL Malam)

Bersyukur masih ada kesempatan untuk ikut Kelas Diskusi Langsung. Meskipun ini pengalaman pertama, tetapi sungguh menyenangkan bisa menggali setiap pertanyaan yang diberikan moderator dan diarahkan dengan baik karena saya kurang bisa berkata-kata dengan baik. KDL ini mendorong saya pribadi untuk berpikir kritis dan tepat sesuai topik yang dibahas. Terima kasih kepada tim SABDA MLC yang telaten untuk mengingatkan dan memfasilitasi kami untuk menggali isi Alkitab. Terkhusus untuk Ibu Yulia sebagai moderator, para admin, Kak Roma, dan tim SABDA yang lain yang terlibat.

4. Sangle Randa (KDL Malam)

Semua program MLC yang saya ikuti sangat memberkati saya. Banyak pengetahuan baru yang saya dapatkan, seperti juga dengan program KDL ini. Dengan program KDL ini, saya bukan saja belajar untuk mengungkapkan pemahaman saya atas sebuah persoalan teologis, tetapi sekaligus belajar menyimak pendapat orang lain atas persoalan tersebut dan bagaimana saya harus memberi respons atas pandangan tersebut secara alkitabiah dan santun. Saya menyampaikan terima kasih untuk tim YLSA dan MLC yang mau menyiapkan berbagai program dan model pembelajaran yang kreatif untuk dapat melayani penyebaran kebenaran firman Tuhan untuk semakin menjangkau kaum awam agar bisa belajar teologi yang alkitabiah. Tuhan Yesus terus memberkati Yayasan Lembaga SABDA untuk menjadi berkat bagi banyak orang.

Itulah beberapa testimoni dari peserta KDL yang bertema Keberadaan Allah. Mari melihat testimoni peserta lainnya dalam link berikut: pesta.org.

Saya juga mengucapkan terima kasih untuk para moderator, Ibu Yulia dan Kak Roma, yang telah memimpin kelas kali ini. Meskipun pada awalnya peserta cukup bingung, tetapi pada akhirnya semua peserta dapat menyelesaikan diskusi langsung setiap harinya. Sayangnya, dari 28 peserta yang mendaftar, hanya ada 21 peserta yang dinyatakan lulus. Semua peserta yang tidak lulus hampir semua disebabkan karena ada pelayanan mendadak maupun gangguan jaringan.

Aplikasi praktis dari Kelas Diskusi Langsung ini membuat semua peserta, bahkan saya, secara pribadi harus memperkaya referensi dengan membaca buku sehingga ketika dihadapkan dengan berbagai pertanyaan, dalam pikiran saya sudah ada ilmu yang tersimpan. Selain itu, tema Keberadaan Allah ini menolong semua peserta dan saya secara pribadi dalam memahami eksistensi Allah dalam Alkitab maupun dalam kehidupan praktis sehari-hari.

Kiranya materi dan diskusi dapat mendorong seluruh peserta untuk terus belajar serta meyakini bahwa Allah benar-benar ada. Tuhan Yesus memberkati.

Tentang Penulis Tamu

telah menulis 177 artikel di blog ini..

Cetak tulisan ini Cetak tulisan ini
Comments (0) Trackbacks (0)

No comments yet.


Leave a comment

Connect with Facebook

No trackbacks yet.