Blog SABDA
18Aug/220

SABDA Unboxing! “Renungan Alkitab”

Hallo Pembaca blog SABDA, jumpa lagi dengan saya setelah sekian lama tidak menulis. Kali ini, saya ingin berbagi pengalaman menjadi narasumber dalam salah satu acara IG Live SABDA Unboxing! yang berjudul Renungan Alkitab.

Saat pertama kali mendengar bahwa saya akan menjadi narasumber, rasanya malas banget deh. Membayangkan akan live, akan di depan kamera, menjadi narasumber SABDA Unboxing! untuk “Renungan Alkitab” hmmm … Namun, karena Juli kemarin saat PA dengan bahan Renungan Oswald Chambers (ROC) selalu diingatkan untuk taat, akhirnya saya mencoba untuk taat dan ikut apa yang Tuhan mau. Saya menerima tugas itu dan mencari informasi seputar SABDA Unboxing!, termasuk seperti apa teknis pelaksanaannya.

Sesudah mendapat gambaran, saya meminta tolong Nikos untuk membantu membuat PPT sebagai pedoman saat acara SABDA Unboxing! berlangsung. Tibalah hari H yang membuat saya semakin deg-deg’an. Untuk menghilangkan grogi, saya sempat berlatih terlebih dahulu dengan Ibu Yulia dan Evie. Dalam acara tersebut, saya berkesempatan membagikan informasi seputar Renungan Alkitab, yang salah satunya tentang arti Renungan Alkitab. Renungan Alkitab adalah renungan yang berbasis Alkitab. Waktu itu, SABDA melihat kebanyakan renungan yang tersedia masih dalam bentuk buku cetak. Nah, karena renungan ini berhubungan erat dengan pembelajaran Alkitab, SABDA tergerak untuk bekerja sama dengan beberapa mitra untuk mengolah/menyediakan renungan dalam bentuk digital sehingga dapat didistribusikan lebih luas. Saat itulah, SABDA menjadi pionir dalam menyediakan renungan bentuk digital.

Pada 1997, telah tersedia e-Renungan Harian (RH) yang merupakan hasil kerja sama SABDA dengan Yayasan Gloria. Pada 1999, disusul dengan e-Santapan Harian (SH) dari Scripture Union Indonesia (SUI) yang sebelumnya bernama Yayasan Pancar Pijar Alkitab (PPA) . Sekarang, sudah banyak mitra yang bekerja sama dengan SABDA untuk menyediakan renungan Alkitab dalam bentuk digital. Puji Tuhan!

Kita bisa menikmati bermacam-macam renungan Alkitab, bukan hanya e-RH dan e-SH, melalui banyak cara. Kita bisa mengakses renungan-renungan yang telah disediakan oleh SABDA melalui aplikasi (bisa dilihat di situs android.sabda.org), aplikasi Alkitab SABDA, situs renungan.coalkitab.mobi, dan channel SABDA Bot di Telegram. Jika Sahabat ingin berlangganan renungan e-SH atau e-RH melalui email, silakan kirim email ke berlan…@sabda.org. Untuk melihat arsip renungan, silakan kunjungi https://sabda.org/publikasi/e-sh dan https://sabda.org/publikasi/e-rh. Jangan lupa juga untuk bergabung dalam komunitasnya di FB Group e-Santapan Harian dan FB e-Renungan Harian.

Nah, dengan renungan-renungan yang sudah SABDA sediakan ini, saya berharap semakin banyak orang memakai renungan Alkitab dan makin cinta Alkitab. Saya berharap ke depannya akan ada renungan dalam bentuk multimedia (video & audio). Kiranya renungan-renungan ini dapat dikembangkan agar semakin banyak orang bisa dijangkau dan penyajian renungan makin relevan dengan perkembangan zaman.

Tentang Elly

Melina Martha telah menulis 13 artikel di blog ini..

Cetak tulisan ini Cetak tulisan ini
Comments (0) Trackbacks (0)

No comments yet.


Leave a comment

Connect with Facebook

No trackbacks yet.