Blog SABDA
3Aug/220

Kelas “Membina Pernikahan Kristen” (MPK)

Oleh: Rei

Halo Sahabat SABDA … Pada kesempatan kali ini, saya membagikan beberapa testimoni dari peserta yang mengikuti kelas Membina Pernikahan Kristen (MPK). Kelas diskusi ini berlangsung pada 20 – 27 Juli 2022, yang diikuti oleh 59 peserta dan berhasil meluluskan 45 peserta. Kelas ini dibagi menjadi 2 kategori, yaitu kelas hamba Tuhan dan kelas umum.

Kelas hamba Tuhan dikhususkan bagi para hamba Tuhan yang melakukan bimbingan pernikahan kepada jemaat mereka. Kelas ini masih terbagi lagi menjadi dua, yaitu kelas pagi dan kelas malam. Untuk kelas umum, terdapat syarat utama bagi pesertanya. Mereka haruslah memiliki usia pernikahan di bawah 15 tahun. Kelas umum ini hanya tersedia kelas malam.

Saya sangat bersyukur dapat terlibat dalam memantau kelas MPK ini. Banyak hal yang saya dapatkan, bukan hanya dari modul MPK, melainkan dari diskusi kelas yang berlangsung. Bahkan, saya juga banyak belajar dari pengalaman-pengalaman peserta. Baik kelas Hamba Tuhan maupun kelas umum, semua menganggap bahwa pernikahan Kristen sangat perlu dibina. Bukan hanya sebelum menikah (konseling pranikah), melainkan bimbingan pascanikah pun perlu dilakukan.

Nah, apa saja ya pendapat dan testimoni dari peserta kelas MPK? Mari kita baca beberapa testimoni mereka.

1. Marita Cut Nya’ Dien – MPK 1

Pengalaman saya selama mengikuti kelas MPK pastilah sangat menyenangkan. Banyak pengertian baru yang Tuhan berikan saat saya membaca modul dan berdiskusi dengan teman-teman. Semua materi yang diberikan membawa berkat-berkat yang luar biasa bagi saya yang dahulu mengawali pernikahan tidak dengan dasar-dasar kekristenan dan juga tanpa bimbingan orang tua. Namun, ada satu materi yang semakin menguatkan dan meneguhkan saya tentang anak. Pelajaran ini memberkati saya secara pribadi, di mana beberapa minggu ini saya sedang bergumul tentang anak kami yang mulai beranjak dewasa. Ada ketakutan dan kekhawatiran dalam hati saya. Setelah saya mengikuti materi ini, saya mendapat kelegaan dan kepastian bahwa Tuhan akan menjaga, melindungi, dan meng-cover anak saya.

Aplikasi praktis yang akan saya lakukan setelah mengikuti kelas MPK ini pastinya akan dimulai dari rumah tangga saya sendiri. Melakukan peran saya sebagai istri, ibu, dan keluarga yang sesuai dengan firman Tuhan, agar rumah tangga saya bisa selalu diberkati dan menjadi berkat juga bagi orang lain sehingga nama Tuhan dimuliakan melalui rumah tangga kami. Terima kasih untuk seluruh tim MLC SABDA yang selalu memberkati saya secara pribadi. Gbu all.

Saya ucapkan terima kasih juga untuk moderator: Ibu Yulia, Ibu Evie, dan Bapak Bima. Untuk admin tiap-tiap kelas: Kak Mei dan Kak Rode, dan tentunya seluruh tim SABDA yang telah bekerja sama dengan baik dalam kelas Membina Pernikahan Kristen (MPK) kali ini. Meskipun kelas ini berlangsung melalui WhatsApp Grup, tetapi kelas diskusi ini berjalan dengan sangat baik dan begitu responsif.

2. Ulah Tri Wibowo – MPK 2

Terima kasih untuk kesempatan belajar di kelas ini. Banyak hal baru yang bisa saya pelajari dan makin pahami. Setidaknya, terdapat dua hal yang menarik buat saya dalam pembelajaran bersama ini:

a. Sistem pembelajaran.

Sistem pembelajaran yang diberikan sungguh baik karena berbeda dengan sistem yang biasanya dilakukan. Peserta diberi kebebasan untuk mengeluarkan pandangan dan pendapatnya (bukan pendapatan, hehe). Penyelesaian kasus per kasus menjadi hal menarik untuk saling belajar dari pengalaman masing-masing peserta. Bukan hanya dicecar dengan konsep-konsep, tetapi untuk mendiskusikan dan merumuskan konsep.

b. Materi

Materi dan referensi yang disediakan juga cukup lengkap dan terbuka untuk dapat diakses oleh siapa pun. Bahkan, ketika ada usulan peserta pun, tim SABDA cukup responsif memfasilitasi. Materi juga cukup powerfull untuk diadaptasi.

Terima kasih tim SABDA. Tidak sia-sia waktu untuk belajar di tempat ini. Mantap. Dengan cara cerdas untuk membuat kami makin cerdas.

Aplikasi praktis: sungguhlah kurang tepat jika banyak belajar atau diskusi semacam ini tanpa mempraktikkannya. Kuasa Roh Kudus menyertai kita semua untuk dapat membentuk keluarga yang sesuai dengan kehendak Allah dan bahkan bisa membantu pasangan yang lain menjadi sesuai dengan kehendak Allah pula.

3. Raymond Priyo Utomo Njoe – MPK 3

Bersyukur karena diberi kesempatan untuk dapat belajar bersama-sama di kelas MPK. Materi yang ada sangat membekali saya sebagai seorang suami dan sebagai orang tua. Belajar dasar-dasar pernikahan dan parenting dari sudut pandang firman Tuhan sehingga pernikahan saya dan keluarga saya dapat diberkati. Dan, saya dapat menjadi berkat juga dengan men-sharing-kan apa yang saya dapat.

Terima kasih SABDA MLC yang sudah memberi saya kesempatan untuk bisa belajar. Terima kasih juga untuk para fasilitator yang terus mengingatkan kami untuk on track. Terima kasih juga untuk teman-teman, khususnya di kelas MPK 3, yang sudah memberikan pendapat-pendapatnya yang bagus dan sangat memberkati. Maju terus SABDA!

Nah, itulah beberapa testimoni dari peserta yang mengikuti kelas MPK. Untuk membaca testimoni peserta lainnya, silakan klik link berikut: https://live.sabda.org/mlc.php?title=membina_pernikahan_kristen#gsc.tab=0. Kiranya materi dan diskusi dapat mendorong seluruh peserta untuk terus belajar membina pernikahan Kristen sehingga menjadi keluarga yang sesuai dengan kehendak Allah. Tuhan Yesus memberkati.

Tentang Penulis Tamu

telah menulis 177 artikel di blog ini..

Cetak tulisan ini Cetak tulisan ini
Comments (0) Trackbacks (0)

No comments yet.


Leave a comment

Connect with Facebook

No trackbacks yet.