Blog SABDA
2Jul/220

Asyiknya Ikut Temu Anggota KBBS

Klub Baca Buku SABDA (KBBS) kembali mengadakan Temu Anggota (TA) melalui Zoom pada Selasa, 26 Juli 2022. Acara ini diawali dengan ice breaker yang dipandu oleh Nikos, dengan aktivitas merangkai kalimat sehingga membentuk sebuah cerita berjudul Bermain Layang-Layang. Saya dan peserta lainnya menyampaikan masing-masing satu kalimat yang sedapat mungkin ada kesinambungannya. Diawali dengan Roma yang memberi satu kalimat pembuka hingga Sdr. Alexander yang memberi kalimat penutup. Seru sekali pengalaman ini karena kami dituntut untuk berpikir cepat dan kreatif. Kalimat-kalimat dari peserta pun menarik dan kadang tidak terduga.

Setelah itu, acara TA KBBS dilanjutkan dengan sharing buku Spiritual Maturity (J. Oswald Sanders) oleh Bapak Kristanto. Dalam sharing-nya, Pak Kristanto menerangkan inti dari buku yang dibagikannya, yaitu bagaimana Allah Tritunggal aktif mendewasakan orang Kristen. Diceritakan juga tentang Allah yang memperlengkapi orang Kristen dengan Roh Kudus dan kuasa. Menurut buku tersebut, tujuan akhir pendewasaan rohani adalah menjadi serupa dengan Kristus dan mengerjakan Injil dengan dorongan Roh Kudus. Pak Kristanto menyebutkan bahwa buku ini cocok digunakan sebagai pegangan dalam melakukan pendalaman Alkitab (PA). Dalam tanya jawab, banyak pertanyaan yang muncul, khususnya tentang langkah praktis dan pengalaman penulis. Ternyata, tidak ada langkah-langkah praktis, hanya prinsip-prinsipnya. Ada banyak contoh kisah hidup yang mencerminkan pendisiplinan dari Tuhan, tetapi penulis tidak menceritakan kisahnya sendiri.

Sharing buku kedua oleh Ibu Lucianna dengan buku berjudul Sacred Parenting (Gary Thomas), yang berisi bagaimana orang tua berproses dalam mengasuh anak-anak. Penulis menuangkan pengalamannya sendiri dan teman-temannya. Banyak peserta mengajukan pertanyaan tentang parenting, termasuk saya. Namun, rupanya buku ini tidak menjelaskan tentang ilmu parenting, tetapi lebih ke bagaimana Tuhan ingin mendewasakan orang tua lewat anak-anak mereka, bagaimana orang tua bisa bertumbuh melalui masalah yang dihadapi, dan mencari Tuhan, mendengarkan suara Tuhan melalui ayat-ayat Alkitab dan dalam doa. Buku ini bertujuan agar orang tua dapat bertumbuh dan memiliki hati anak-anak Allah.

TA KBBS kali ini ditutup dengan sharing dari Bapak Bobby dengan bukunya yang berjudul Menghidupi Injil dan Menginjili Hidup (Sen Sendjaya). Buku ini terdiri dari beberapa bab, yang setiap babnya terdapat 2 pertanyaan refleksi. Ada banyak quote yang memudahkan pembaca mengingat intisari dari bab tersebut. Buku ini bisa dimulai tanpa harus membaca setiap bab secara berurutan. Pak Bobby menyukai buku ini karena bahasanya mudah dimengerti dan menambah pandangan dan komitmen tentang sikap hidup orang Kristen terkait panggilan menginjili. Tanya jawabnya seru, bahkan sampai sesi tanya jawabnya habis. Dalam sesi ini, Pak Bobby menjelaskan bahwa ada banyak contoh praktis menginjili, bahkan di tempat yang tidak terduga, seperti dalam kemacetan. Meski bahasanya sederhana dan mudah dipahami, tetap membutuhkan waktu khusus untuk merenungkan pemaparannya yang disertai dengan ayat-ayat Alkitab. Pembaca pun diharapkan dapat mengaplikasikan penginjilan itu dalam kehidupan sehari-hari.

Menurut saya, buku-buku yang di-sharing-kan pembaca sangat menarik dan menggugah untuk ikut membaca buku-buku tersebut. Nah, saya paling tertarik dengan buku Sacred Parenting. Walau saya belum memiliki anak, buku ini membuat saya penasaran dan ingin membacanya sendiri sampai selesai. Setelah saya mencari di internet, ternyata ada buku serinya yang berjudul Sacred Marriage, dan saya memutuskan untuk mulai membaca buku tersebut.

Saya mendapat banyak hal dari sharing buku dalam acara ini. Nah, Sahabat SABDA bisa mendapat berkat lebih banyak lagi dengan menyimak siaran tundanya.

Oh ya, Sahabat SABDA yang memiliki kecintaan pada buku bisa gabung di Klub Baca Buku SABDA dengan mendaftarkan diri di https://bit.ly/form-kbbs. Yuk kita menjalin relasi dengan saudara seiman lainnya dari berbagai daerah di Indonesia. Ditunggu ya.

Mei Budi

Tentang Mei Budi

Mei Budi telah menulis 15 artikel di blog ini..

Cetak tulisan ini Cetak tulisan ini
Comments (0) Trackbacks (0)

No comments yet.


Leave a comment

Connect with Facebook

No trackbacks yet.