Blog SABDA
22Jun/220

Proyek King of Glory: Raja Kemuliaan

King of Glory, atau dalam bahasa Indonesia disebut Raja Kemuliaan, adalah salah satu dari ratusan nama Allah, tetapi itu juga merupakan judul dari buku bergambar dan film Raja Kemuliaan, sebuah proyek yang SABDA peroleh dari kerja sama dengan organisasi ROCK International. Raja Kemuliaan memiliki 2 bentuk utama, yaitu buku (bergambar) dan film. Bukunya terdiri dari 70 scene/adegan, masing-masing dengan satu halaman cerita dan gambar berukuran satu halaman penuh. Tujuh puluh cerita tersebut saling melengkapi untuk menceritakan “Satu Kisah”, sedangkan filmnya (presentasi kata per kata dari bukunya) mengelompokkan 70 adegan tadi ke dalam 15 Episode. dan situs.

Dengan narasi yang menggugah pikiran dan perpaduan yang serasi antara gambar bergerak, animasi diam, dan video yang memukau, film Raja Kemuliaan akan membawa ke dalam perjalanan hebat menelusuri Alkitab yang ditulis oleh para nabi sambil ia membedah kisah serta pesan mereka secara kronologis dan akurat dengan cara yang dapat dimengerti. Visualisasi video sebanyak 15 episode dari Alkitab (buku terlaris di dunia) ini bercerita tentang Sang Pencipta alam semesta dan rencana-Nya untuk menyelamatkan umat-Nya dari Kerajaan Kegelapan. Sang Pencipta juga melayakkan umat-Nya untuk hidup kekal bersama dengan Dia dalam Kerajaan Terang-Nya.

Pihak ROCK International juga melengkapi buku dan film Raja Kemuliaan dengan panduan studi bergambar berjudul King of Glory Illustrated Study Guide yang dimaksudkan untuk menolong orang-orang yang memakai film dan buku tersebut sebagai bahan ajar kepada orang lain. Panduan tersebut adalah sebuah alat pendamping untuk film dan buku bergambar Raja Kemuliaan serta dirancang untuk semua umur dan gaya belajar. Masing-masing dari 15 pelajaran (atau disebut juga episode) memiliki lima bagian, yaitu:

  1. PENGENALAN: Bacalah pendahuluan di gulungan tersebut (2 menit).
  2. SAKSIKAN: Saksikanlah episodenya (10 sampai 20 menit).
  3. DISKUSI: Lima sampai sepuluh pertanyaan (5 sampai 20 menit).
  4. REFLEKSI: Bahas atau hafalkan satu ayat (5 menit).
  5. PERKUAT: Lakukan latihan-latihan interaktif (10 sampai 30 menit).

Baik film maupun panduan studi Raja Kemuliaan, semuanya bisa dipakai oleh orang-orang dari segala usia di seluruh dunia. Produk ini juga dapat disesuaikan untuk semua rencana (baca, ajar, maupun studi), konteks, dan budaya. Hal itu dibuktikan oleh produk Raja Kemuliaan yang telah diterjemahkan ke dalam puluhan bahasa di dunia.

Proses Pengerjaan di SABDA

Dalam pengerjaannya, saya terlibat dalam proses penerjemahan dari bahasa Inggris ke bahasa Indonesia. Setelah saya terjemahkan, hasilnya masuk ke tim editing bahasa untuk memastikan tidak ada salah ketik, salah eja, dan memeriksa ketepatan diksi yang dipilih untuk menerjemahkan maksud dari sumber aslinya. Selain menerjemahkan, saya juga terlibat dalam proses lettering; memasukkan kalimat terjemahan yang sudah melewati proses editing ke dalam aset grafis dari KOG. Dalam pengerjaannya, saya dibantu oleh rekan-rekan dari
Divisi SABDA ME+DIA untuk memeriksa hasil lettering yang saya lakukan. Tahap terakhir adalah melakukan quality checking sebelum produk ini diluncurkan ke situs raja.sabda.org.

Selama mengerjakan proyek Raja Kemuliaan ini, saya banyak belajar untuk memahami rencana besar Allah dalam hidup manusia. Kita, manusia, dengan natur dosanya sudah pasti akan jatuh ke dalam kerajaan maut kalau bukan Allah sendiri yang bekerja menyediakan keselamatan kekal. Dia telah merancang rencana besar itu sejak awal dunia ada sampai waktu akhir tiba dengan sangat sempurna, dan proyek ini menyampaikan pesan tersebut kepada saya dengan cara yang mudah saya pahami. Jadi, mari akses film dan panduan studi Raja Kemuliaan di situs raja.sabda.org dan pakai produk ini untuk memperkenalkan Dia berikut rencana besar-Nya bagi umat manusia. Terpujilah Allah!

Dikerjakan oleh banyak staf (dari tahun 1997 hingga saat ini) dan dengan proses yang panjang (mulai dari pemilahan bahan, penerjemahan, editing, hingga pengiriman via email dan pengarsipan) membuat publikasi digital YLSA menjadi sarana yang alkitabiah dan bermutu untuk memperlengkapi pelayanan masyarakat Kristen Indonesia. Wajah dan bentuk publikasi digital ini pun senantiasa berubah seiring dengan perkembangan zaman. Jika awalnya hanya berupa plain text, saat ini semua publikasi YLSA sudah dalam format html yang dilengkapi dengan tampilan grafis yang menarik. Jika dahulu hanya diterbitkan via email dan situs, saat ini beberapa publikasi YLSA dapat diakses melalui media sosial YLSA dan Telegram Bot. Dengan cara ini, YLSA mencoba memenuhi kebutuhan semua pengguna dari berbagai jalur, usia, golongan, dan bidang pelayanan.

Nikos

Tentang Nikos

Nikos Septian telah menulis 9 artikel di blog ini..

Cetak tulisan ini Cetak tulisan ini
Comments (0) Trackbacks (0)

No comments yet.


Leave a comment

Connect with Facebook

No trackbacks yet.

Copyright © 2009-2022 Yayasan Lembaga SABDA (YLSA). All Rights Reserved.
Bank BCA Cabang Pasar Legi Solo - No. Rekening: 0790266579 - a.n. Yulia Oeniyati
Kontak | Partisipasi | Donasi