Blog SABDA
20Jun/220

Proyek Tetelestai – Kisah Abadi tentang Karya Penebusan Allah

Sebagian dari Sahabat SABDA sekalian mungkin sudah tidak asing dengan Proyek Tetelestai. Betul sekali, Proyek Tetelestai merupakan salah satu proyek media yang dikerjakan oleh Yayasan Lembaga SABDA sejak 2018 lalu. Bahkan, ulasan singkat tentang proses pengerjaan proyek ini sudah pernah dimuat dalam blog berjudul Dari Balik Layar Proyek Tetelestai Indonesia yang ditulis oleh Tika. Namun, demi pembaca yang mungkin baru pertama kali mendengar tentang proyek ini sekaligus untuk menyegarkan ingatan kita, saya akan menjelaskan sedikit tentang Proyek Tetelestai ini secara garis besar.

Proyek Tetelestai merupakan seri video pengajaran Alkitab yang mengemas 24 narasi kunci dalam Alkitab ke dalam 11 episode untuk menceritakan satu kisah abadi tentang karya penebusan Allah. Proyek ini diprakarsai oleh Light in Action, sebuah lembaga pelayanan produksi film yang memiliki tujuan untuk menjangkau pemirsa dari suku-suku yang terabaikan. Dan, sejak 2018, Yayasan Lembaga SABDA turut berkolaborasi dan mengambil bagian dalam visi tersebut dengan mengalihbahasakan serta menyulihsuarakan Proyek Tetelestai ke dalam bahasa Indonesia. Sahabat dapat mengakses semua video dalam seri ini secara gratis melalui situs Tetelestai Indonesia.

Nilai dari Proyek Tetelestai terletak pada fakta bahwa ia ditujukan terutama BUKAN untuk orang percaya. Target pemirsa utama dari proyek ini adalah orang-orang yang berasal dari suku-suku terabaikan, yaitu sekitar 42% dari populasi dunia yang sangat mungkin lahir, hidup, dan mati tanpa pernah berkesempatan untuk mendengar Injil. Karena itu, naskah dalam seri video ini telah diadaptasikan sedemikian rupa agar dapat menyentuh hati dan pikiran orang yang tidak memiliki pandangan dunia Kristen. Video-video ini dirancang untuk meruntuhkan berbagai pembatas atau penentangan yang mungkin dimiliki oleh seseorang terhadap film-film Injil atau film-film bernuansa Kristen. Gagasannya, setelah menonton seri video ini, seseorang mungkin akan merasakan kerinduan untuk tahu lebih banyak dan terdorong untuk menyelidiki kebenaran tentang Kristus dan Alkitab.

Akan tetapi, tidak berarti bahwa orang percaya tidak dapat menggunakan video-video dari Proyek Tetelestai. Setiap anggota Tubuh Kristus tetap dapat menggunakan sumber bahan ini untuk menelusuri karya tangan Allah, mulai dari peristiwa penciptaan hingga kebangkitan Kristus. Sumber bahan ini akan sangat menolong orang Kristen untuk memaknai lebih dalam tentang kisah Allah kita, Allah yang begitu mengasihi manusia dan rela membayar harga tertinggi untuk menyelamatkan semua orang yang mau percaya kepada-Nya.

Proyek Tetelestai juga mencakup Panduan Studi untuk studi mandiri dan Panduan Fasilitator untuk memimpin studi dalam kelompok. Entah Sahabat sedang membimbing seseorang untuk makin bertumbuh dalam relasinya dengan Kristus ataupun memperkenalkan orang tersebut kepada-Nya untuk pertama kali, tersedia instruksi langkah demi langkah yang dapat menolong Sahabat membuka dan membentangkan isi dari setiap episode Tetelestai. Kedua panduan ini juga bisa Sahabat unduh secara gratis melalui situs Tetelestai Indonesia.

Secara pribadi, saya bersyukur karena berkesempatan untuk terlibat langsung dalam pengerjaan proyek yang memajukan Injil ini. Sahabat juga dapat terlibat dengan menggunakannya di gereja maupun dalam pelayanan. Saat menggunakan dan membagikan video-video Tetelestai, Sahabat mengambil bagian dalam membagikan Kisah Abadi tentang Karya Penebusan Allah kepada bangsa-bangsa.

Akhir kata, mari kita bersama-sama membawa terang Tuhan ke tempat-tempat tergelap di dunia! Kiranya tulisan ini menjadi berkat. Sampai jumpa lagi dalam tulisan selanjutnya. Tuhan Yesus memberkati.

Odysius

Tentang Odysius

Odysius Temara telah menulis 25 artikel di blog ini..

Cetak tulisan ini Cetak tulisan ini
Comments (0) Trackbacks (0)

No comments yet.


Leave a comment

Connect with Facebook

No trackbacks yet.

Copyright © 2009-2022 Yayasan Lembaga SABDA (YLSA). All Rights Reserved.
Bank BCA Cabang Pasar Legi Solo - No. Rekening: 0790266579 - a.n. Yulia Oeniyati
Kontak | Partisipasi | Donasi