Blog SABDA
10Jun/220

Pelatihan Situs Alkitab SABDA

SABDA mengadakan pelatihan situs Alkitab SABDA pada Jumat, 3 Juni 2022. Pelatihan tersebut disampaikan oleh Ibu Yulia Oeniyati beserta tim melalui platform Zoom dan diikuti oleh sekitar 100 perwakilan dari STT se-Indonesia, baik dari kalangan mahasiswa maupun dosen.

Sebelum memulai pemaparan inti, Ibu Yulia membeberkan tujuan dari pelatihan ini kepada para peserta, yaitu untuk menjelaskan fitur-fitur utama dari situs Alkitab SABDA yang akan sangat membantu peserta untuk berinteraksi dengan Alkitab. Harapannya, setelah mengenali fitur-fitur utama ini, peserta dapat menggali kebenaran Alkitab dengan lebih baik serta diubahkan oleh kebenaran tersebut. Selain itu, peserta juga akan sangat terbantu dalam mempersiapkan khotbah dan keperluan akademis.

Kemudian, Ibu Yulia melanjutkan pemaparannya dengan menyampaikan sejarah singkat situs Alkitab SABDA, mulai dari peluncurannya yang pertama pada tahun 1997 sebagai SABDA web, upgrade menjadi situs Alkitab SABDA pada tahun 2005, penambahan bahan-bahan, hingga pada saat ini sedang mengupayakan mesin baru menggunakan MySABDA. Semua ini menunjukkan bahwa studi Alkitab adalah visi utama dari pelayanan SABDA. Lebih jauh lagi, beliau juga menyatakan bahwa situs Alkitab SABDA adalah satu-satunya situs studi Alkitab di Indonesia, dan secara global diakui sebagai salah satu situs studi Alkitab terbaik.

Sebelum benar-benar masuk ke pelatihan, Ibu Yulia memberikan pendahuluan tentang tampilan situs Alkitab SABDA. Pendahuluan ini diberikan agar para peserta lebih familiar dengan antarmuka dari situs tersebut dan dapat lebih memahami fitur-fitur yang nanti akan dipaparkan. Dalam pendahuluan ini, dijelaskan tentang tampilan awal situs Alkitab SABDA (yang menurut saya sangat keren dan praktis karena bisa di-customize sesuai keperluan pengguna — dan bisa disimpan!) yang terdiri atas penjelasan tentang tampilan per ayat, per pasal dan range ayat/multiayat, hasil pencarian/search, Box Temuan/Discovery Box, Menu Kiri, dan Halaman Fitur. Penjelasan ini sangat penting karena dalam pemaparan yang berikutnya sangat sering disinggung dan menjadi bagian integral dari penggalian Alkitab menggunakan situs Alkitab SABDA.

Sebagai inti dari pelatihan ini, Ibu Yulia memaparkan tentang 7 jenis/kategori tools utama yang terdapat dalam situs Alkitab SABDA. Ketujuh jenis/kategori dari tools utama yang dipaparkan tersebut adalah:
01 – Basic Tools
02 – Word Tools
03 – ITL Tools (Interlinear)
04 – Chapter and Verse Tools
05 – Advanced Commentary Tools
06 – Media Tools
07 – Other Tools

Dalam pemaparan inti ini, Ibu Yulia tidak hanya sekadar mendeskripsikan setiap tools secara singkat, tetapi beliau juga menunjukkan tangkapan layar dari masing-masing tools tersebut dengan penjelasan yang cukup detail. Bahkan, dalam menjelaskan Media Tools, beliau dan Hadi menjelaskan tentang media-media yang terintegrasi dengan ayat-ayat dalam situs Alkitab SABDA secara live agar peserta dapat mendengar himne, mendengar Alkitab audio, menonton video, mengakses gambar, dan membaca komik yang saling terhubung.

Seperti yang dikatakan oleh Ibu Yulia di awal bahwa pelatihan ini bersifat overview saja sehingga tidak terlalu mendalam (walaupun menurut saya cukup ekstensif dan menolong siapa saja untuk menggali Alkitab dengan lebih dalam). Namun, beliau terus mendorong peserta untuk mengeksplorasi situs Alkitab SABDA ini secara mandiri agar memperoleh manfaatnya. Apalagi hal ini sudah dibuktikan dengan banyaknya testimoni dari pengguna situs Alkitab SABDA yang merasa sangat terberkati dan terbantu ketika menggali firman Tuhan.

Menurut saya, pelatihan ini adalah tutorial yang cukup dalam untuk menggunakan situs Alkitab SABDA. Karena itu, bagi Anda yang belum pernah mendapat pelatihan tentang Alkitab SABDA, saya sangat mendorong Anda untuk menonton rekaman video pelatihan ini di channel YouTube SABDA Alkitab dan mengunduh materi pelatihannya di Slideshare.

Kiranya kita semua semakin sadar bahwa teknologi yang Tuhan berikan untuk zaman ini semakin membuka kesempatan kita untuk mempelajari firman-Nya dengan lebih mendalam. Selamat belajar. Salam IT4GOD!

Yudo

Tentang Yudo

Yosua Setyo Yudo telah menulis 16 artikel di blog ini..

Cetak tulisan ini Cetak tulisan ini
Comments (0) Trackbacks (0)

No comments yet.


Leave a comment

Connect with Facebook

No trackbacks yet.

Copyright © 2009-2022 Yayasan Lembaga SABDA (YLSA). All Rights Reserved.
Bank BCA Cabang Pasar Legi Solo - No. Rekening: 0790266579 - a.n. Yulia Oeniyati
Kontak | Partisipasi | Donasi