Blog SABDA
17May/220

IG Live Bersama Divisi ITS SABDA

Halo Sahabat SABDA, saya mau memberi tahu nih kalau sekarang ada IG Live dari SABDA lho setiap Senin, yang bisa Anda saksikan di akun Instagram @sabda_ylsa. Bagi Sahabat yang tidak ingin ketinggalan live-live super-duper menarik dari SABDA, buruan follow dan pantengin terus yak! Nah, kali ini, saya ingin menceritakan pengalaman saya mengikuti IG Live @sabda_ylsa. Kebetulan sekali IG Live pada 9 Mei 2022 ini membahas mengenai tim ITS SABDA yang diwakili oleh Mas Hadi (koordinator Div. ITS) sebagai narasumber, dan tentunya ditemani oleh Mbak Evie sebagai host.

Dalam acara ini, banyak sekali informasi terkait Divisi ITS (Information Technology Services) yang disampaikan. Pada intinya, Mas Hadi menjelaskan bahwa Divisi ITS ada untuk mengelola dan menyediakan teknologi informasi guna mendukung pelayanan SABDA, seperti mendukung dalam mengemas firman Tuhan agar relevan, menyenangkan, menarik, praktis, dan mudah diakses sesuai dengan zaman dan perkembangan teknologi.

Selain itu, Mas Hadi juga sedikit menceritakan bahwa Divisi ITS merupakan divisi yang penting karena pada dasarnya sudah ada sejak SABDA berdiri, meski dahulu bukan dengan nama ITS. Nama ITS mulai dipakai pada 2012. Divisi ini mengembangkan alat studi Alkitab dengan Biblical Computing, yaitu dengan memproses Alkitab dan bahan biblika supaya dapat diakses dengan mudah sesuai platform zaman ini. Oh ya, Mbak Evie menambahkan dan menegaskan bahwasanya inti pelayanan SABDA meliputi Alkitab, teknologi, dan kekristenan di mana ITS menjadi motor penggeraknya

Mas Hadi juga memberi contoh terkait Biblical Computing dan proses bahan yang terjadi di SABDA. Seperti proyek bahasa suku yang puluhan versi bahasa sukunya diproses dengan cara cepat bantuan algoritma dibanding dikerjakan manual satu per satu. Tak berhenti di situ, proses integrasi bahan-bahan lain yang akan di-compile menjadi suatu sistem alat studi Alkitab zaman sekarang. Hasil jadinya seperti Software SABDA, yang muncul dari versi 1 sampai 5, yang juga aktif didistribusikan dari masa ke masa seperti menggunakan floppy disk, DVD, flashdisk, SD card sampai hanya tinggal download saja di situs SABDA.net. Berlanjut dengan proyek website sederhana untuk distribusi bahan sampai pada websitealkitab.sabda.org yang menjadi mega perpustakaan yang memuat ratusan buku biblika dan Alkitab berbagai versi yang sistematis dan saling terintegrasi.

Setelah Mas Hadi selesai, Mbak Evie sempat bertanya, “Apakah mengerjakan proyek-proyek itu semua sendiri?” Karena pertanyaan itu, Mas Hadi langsung memperkenalkan anggota tim ITS. Yang pertama diperkenalkan adalah saya sendiri, lalu dilanjutkan dengan Sandra, Yulius, Ody, dan Tian. Dalam perkenalan, saya dan rekan-rekan yang lain juga menceritakan secara singkat proyek yang sedang dikerjakan saat itu. Bagi yang penasaran apa saja proyek-proyek ITS, Sahabat SABDA bisa menonton siaran ulangnya di IG @sabda_ylsa di bagian video. Cus deh!

Dari IG Live kali ini, saya belajar bahwasanya hal besar dan berdampak bisa kita lakukan. Asalkan mau konsisten dengan visi, relevan, dan setia. Selain itu, kita diajak untuk menyadari bahwasanya kita tidak bisa mengerjakan sendiri, kita perlu partner, tim, dan tentunya perlu kekuatan dan bimbingan Tuhan dalam mengerjakannya agar nantinya tetap nama Tuhan yang dimuliakan. Haleluya!

Oh ya, Sahabat SABDA juga bisa mendukung pelayanan ITS dengan mengirimkan feedback di form kontak.sabda.org terkait proyek-proyek yang sudah dikerjakan. Bisa juga menjadi bagian dari tim ITSWe wanted you! hehe.

Cukup sekian cerita saya dalam mengikuti IG Live kali ini. Kiranya jadi berkat ya. Tuhan Yesus memberkati! Shalom!

Andy

Tentang Andy

Andy Saktia telah menulis 12 artikel di blog ini..

Cetak tulisan ini Cetak tulisan ini
Comments (0) Trackbacks (0)

No comments yet.


Leave a comment

Connect with Facebook

No trackbacks yet.