Blog SABDA
23Feb/220

Kelas Dasar-Dasar Iman Kristen 1 (DIK 1) Seru Abissss

Hai Pembaca blog SABDA yang setia. Senang banget rasanya dapat menyapa teman-teman semua. Kali ini, saya akan berbagi berkat yang saya dapatkan selama memoderasi kelas DIK 1. Kelas DIK ini merupakan kelas yang setiap tahunnya wajib dibuka untuk orang Kristen awam karena merupakan dasar untuk belajar pokok-pokok penting dari ajaran iman Kristen yang alkitabiah. Aku juga bersyukur karena bersama tim Live dapat membagi modul DIK ini menjadi 2 modul, yaitu DIK 1 dan DIK 2. Mengapa? Karena modulnya sangat padat sehingga kami harus meremajakannya dan akhirnya selesai sebelum kelas dimulai. Dalam kelas DIK 1 ini, peserta dapat belajar mengenai Penciptaan Alam Semesta, Penciptaan Manusia, Setan, Kejatuhan Manusia, dan Manusia Kedua dari Tuhan.

Sebelum diskusi dimulai dalam kelas, terlebih dahulu peserta mendapatkan materi utama yang disampaikan oleh Ibu Yulia melalui Zoom dan YouTube pada Rabu, 9 Februari 2022. Setelah itu, Kamisnya diskusi dimulai dari pelajaran 1, dan begitu seterusnya sampai Selasa, 15 Februari 2022. Setelah itu, Rabu, 16 Februari 2022, seluruh peserta serta moderator kelas (Ibu Yulia, Bima, Evie, dan saya sendiri) mengevaluasi seluruh proses kelas yang berlangsung selama seminggu melalui Zoom dan YouTube SABDA Alkitab.

Sebanyak 108 peserta mengikuti kelas diskusi ini dan dalam perjalanan diskusi sebanyak 97 orang yang akhirnya dapat menyelesaikan diskusi dengan baik. Kelas ini merupakan kelas kedua yang dibuka tahun ini setelah kelas DAD (Doktrin Allah Dasar) pada Januari lalu. Di kelas DIK 1 (kelas yang saya moderasi), berjalan dengan sangat seru. Di dalamnya dipenuhi dengan orang-orang yang berpikiran kritis dan mau belajar lebih dalam. Ini sangat bagus karena pengetahuan kita tentang firman Tuhan tidak akan dangkal lagi dan tidak mudah ditenggelamkan oleh zaman yang terus berkembang. Bahkan, Pak Yuke, salah satu peserta, bilang beberapa kali dalam pembahasan hampir seperti mau “melompat pagar”.

Untuk referensi-referensi yang dibagikan, cukup banyak dan saling melengkapi peserta. Setiap kali saya merangkum kelas, baru kali ini sumber referensinya hampir sama banyaknya dengan referensi yang diambil dari Alkitab. Saya juga setuju dengan rekan-rekan di kelas DIK 1 bahwa ini memang salah satu grup yang cukup seru. Selain pesertanya adalah orang-orang berkompeten, dinamika diskusi berjalan aktif di sepanjang waktu. Sangat dinamis, baik pagi, siang, bahkan malam hari.

Setiap topik dari pertanyaan 1-10 tersampaikan di kelas. Yang paling terlihat ramai saat mendiskusikan mengenai istilah Creation Ex Nihilo pada hari pertama. Wah, itu cukup ramai karena ada perbedaan pandangan di antara peserta. Puji Tuhan, bagian ini bisa dikaji dengan baik melalui referensi dan diskusi sehingga yang didapatkan bukanlah debat tak berujung. Namun, hasilnya bisa diterima dengan baik. Selebihnya, di topik lain juga sangat seru menurut saya. Topik Setan misalnya. Baru kali ini, saya memoderasi kelas sampai minggu dan masih on terus sampai malam hari.

Overall, saya sangat senang dan bersyukur dapat belajar dengan rekan-rekan kelas DIK 1-4. Saya bersyukur untuk kebersamaan selama seminggu ini. Namun, semuanya dapat dipelajari dari modul karena hanya 10 pertanyaannya. Jadi, masih banyak yang bisa dikaji dari setiap poin modul serta referensi lain yang menunjang. Harapan saya, seluruh peserta DIK 1 dari kelas 1/2/3/4/5 terus giat belajar. Dalami lebih lagi sumber utama, yaitu Alkitab, dan referensi lainnya. Dasar Iman Kristen adalah Firman, karena Firman itu adalah Allah sendiri. Sampai bertemu lagi di bagian kedua dari kelas DIK 2. Soli Deo gloria!

Roma

Tentang Roma

Romauli Marpaung telah menulis 34 artikel di blog ini..

Cetak tulisan ini Cetak tulisan ini
Comments (0) Trackbacks (0)

No comments yet.


Leave a comment

Connect with Facebook

No trackbacks yet.