Blog SABDA
16Aug/210

Pengalaman Mengikuti Raker di Tengah Pandemi

Shalom, perkenalkan saya Steven, staf magang di YLSA. Saya bergabung dalam tim ITS. Tidak lama setelah magang di sini, saya mengikuti acara rutin SABDA yang sangat penting, yaitu rapat kerja (raker). Rapat kerja di SABDA diselenggarakan sebanyak 2 kali, seperti sistem semester pada sekolah umumnya. Raker tengah tahun 2021 ini dilaksanakan secara bertahap, dalam beberapa hari, karena ada pandemi. Raker semester 1 ini berlangsung selama 5 hari, dimulai pada 2 Agustus 2021, lalu dilanjutkan 5, 6, 9, hingga 10 Agustus 2021.

Raker YLSA diikuti oleh 6 divisi, yaitu ITS, SABDA ME+DIA, SABDA Resources, Ministry Learning Centre (MLC), Biblical Engagement (BE), dan Customer Engagement (CE). Setiap perwakilan dari divisi melaporkan kinerja pelayanan semester sebelumnya. Ada proyek/pekerjaan yang telah terlaksana, masih berjalan, maupun tertunda, juga ada evaluasi pelayanan semester 1, dan rencana semester 2. Untuk rencana, pasti akan mengalami perubahan sesuai perkembangan, kondisi, dan kesempatan yang terbuka. Supaya raker berjalan lancar, semua divisi dan anggotanya berlomba-lomba untuk menyelesaikan laporan dan Power Point yang akan dipakai untuk presentasi pada saat raker. Teman-teman terlihat tegang menjelang rapat kerja, apalagi para koordinator divisi maupun penanggung jawab subdivisi yang akan presentasi dalam raker.

Raker pada masa pandemi ini cukup unik. Pada hari pertama raker, Ibu Yulia membuka acara dengan mengumumkan bahwa raker akan dilakukan hanya selama satu jam setiap hari. Hal ini untuk meminimalisir risiko staf SABDA terinfeksi virus corona, mengingat kasus Covid-19 di Indonesia meningkat secara signifikan. Karena itulah, raker ini menjadi rapat terlama yang pernah saya ikuti dan yang dilaksanakan di YLSA. Raker hari pertama dimulai dengan presentasi laporan dari setiap divisi. Setelah semua presentasi laporan semester 1 selesai, kami diajak untuk memikirkan tentang SWOT, berupa Strengths (kekuatan), Weaknesses (kelemahan), Opportunities (kesempatan yang dimiliki divisi), dan Threats (ancaman bagi kinerja divisi) yang ada dalam divisi masing-masing. Hari berikutnya, setiap koordinator mempresentasikan evaluasi beserta laporan SWOT yang sudah disusun bersama anggota timnya. Dan sesi terakhir dalam raker berupa presentasi rencana kerja semester 2/enam bulan ke depan dari setiap divisi. Di sela-sela presentasi, ada sesi tanya jawab. Staf boleh bertanya apa saja dari yang sudah dipresentasikan, termasuk jika ada yang perlu penjelasan lebih mendalam.

Raker ini dapat menolong kami semua mengerti proyek yang dikerjakan oleh setiap divisi, termasuk kesempatan untuk bisa terlibat dalam pengerjaannya. Saya bersyukur sekali bisa mengikuti raker tengah tahun YLSA. Bersyukur boleh melihat kebaikan dan penyertaan Tuhan dalam pelayanan YLSA ini.

Tentang Penulis Tamu

telah menulis 140 artikel di blog ini..

Cetak tulisan ini Cetak tulisan ini
Comments (0) Trackbacks (0)

No comments yet.


Leave a comment

Connect with Facebook

No trackbacks yet.

© 2009-2020 Yayasan Lembaga SABDA (YLSA) Bank BCA Cabang Pasar Legi Solo - No. Rekening: 0790266579 - a.n. Yulia Oeniyati

Laporan Masalah dan Saran