Blog SABDA
19May/210

Pembaruan Situs Audio untuk Sobat SABDA

Dalam setiap pertemuan scrum mingguan yang biasa diadakan oleh tim ITS, koordinator kami, Mas Hadi, selalu memiliki hati yang tergerak untuk memperbaiki situs Audio.SABDA.org. Mengapa begitu ya? Hal ini pastinya didorong oleh beberapa alasan, seperti fitur download dan audio player yang tidak bisa berjalan baik sehingga mengganggu pengalaman pengguna, terbukti dari berbagai laporan dari pengguna yang diterima oleh Mas Hadi. Alasan lain yang tidak kalah penting adalah UI (User Interface) yang masih sangat kurang baik dan kurang mendukung tampilan mobile (Responsive Interface). Kedua hal itu menjadi alasan utama yang diutarakan oleh Mas Hadi untuk sesegera mungkin ditindaklanjuti. Namun, sangat disayangkan, situs ini belum dapat dikerjakan karena kurangnya personel dalam tim dan fokus tim yang masih dalam prioritas proyek yang lebih A.S.A.P. (As Soon As Possible).

Kebutuhan SDM di divisi ITS memang sudah menjadi persoalan lama, Sobat SABDA. Mengingat begitu banyaknya proyek IT-4-GOD yang dikerjakan, masih banyak kesempatan untuk melayani Tuhan dalam bidang IT. Karena itu, saya mengajak Sobat SABDA sekalian, khususnya yang memiliki latar belakang IT, untuk ikut bergabung dalam pelayanan SABDA. Informasi lebih lanjut bisa dilihat di situs Lowongan.SABDA.org ya.

Kembali ke topik utama. Hehe.

Setelah pengerjaan situs audio ini sempat tertunda, dalam rapat ITS pada Mei lalu, bahasan tentang situs ini pun akhirnya kembali diutarakan. Berbeda dengan pembahasan sebelum-sebelumnya, akhirnya situs ini dihibahkan kepada bagian produksi untuk dikerjakan. Bagian produksi yang dimaksud adalah saya dan tim, tentunya. Haha. Dalam hal ini, saya berkesempatan untuk turut andil dalam proses perbaikan situs, termasuk pengembangan UI yang mobile responsive dan utamanya perbaikan fitur download dan audio player. Selain kedua hal penting tadi, ke depannya, situs ini diharapkan tidak hanya sebatas menyediakan bahan audio Alkitab dalam beragam bahasa, tetapi juga menjadi wadah untuk bahan-bahan audio lain yang berhubungan dengan studi Alkitab.

Dalam proses pengerjaannya, saya memulai dengan mendaftarkan semua data yang sudah ada, seperti: audio Alkitab (yang terbagi menjadi tiga menurut kategori bahasanya: bahasa Indonesia [dalam beragam versi], bahasa suku, dan bahasa lain (seperti Inggris, Ibrani-Yunani, dll.) dan berbagai kelengkapan pendukung lainnya, seperti: caption, alamat URL, dst.. Selain itu, terdapat juga data halaman-halaman, seperti halaman “Tentang” dan “Rencana Baca”, serta data baru berupa bahan studi Alkitab, seperti: Seri Jalan Kebenaran, Survei Alkitab, Sekolah Alkitab Audio, Seri Kebenaran Abadi, dan Seri Sang Guru. Selesai melakukan pendataan, saya merasa tertantang untuk mengembangkan layout yang tepat untuk menyajikan semua data tersebut dalam situs web. Setelah melalui proses teknis web yang panjang, akhirnya situs ini pun dapat diperbarui dan dinikmati oleh pengguna. Hore!

Setelah pembaruan ini, ada beberapa hal baru yang bisa Sobat baca/temukan di situs Audio.SABDA.org. Selain fitur download kitab per pasal dalam format .MP3, sekarang Sobat SABDA juga dapat mengunduh setiap kitab dalam format .ZIP. Sobat SABDA juga dapat memanfaatkan fitur audio player dengan playlist per kitab. Ada juga rencana dengar Alkitab dalam 40, 60, dan 90 hari berupa playlist, yang dapat Sobat nikmati atau download dalam format .DOC ataupun .JPG. Bahan studi Alkitab yang baru ditambahkan juga merupakan salah satu hal baru dalam situs ini. Kiranya pembaruan situs audio ini dapat semakin memberkati Sobat SABDA sekalian ya. Hehe.

Tidak berhenti sampai di situ, situs Audio ini tentu masih akan terus dikembangkan oleh saya dan tim agar pengalaman Sobat SABDA semakin baik dalam mendengarkan dan berinteraksi dengan firman Tuhan. Nah, agar hal tersebut dapat terwujud, Sobat SABDA bisa membantu dengan memberi masukan untuk pengembangan situs ini, melaporkan masalah yang mungkin ditemukan dalam situs, dsb.. Silakan kunjungi https://issues.sabda.org/ untuk mengirimkan saran, masukan, ataupun laporan Sobat SABDA kepada kami.

Akhir kalimat, kiranya melalui situs ini, nama Tuhan semakin dimuliakan. Shalom.

Andy

Tentang Andy

Andy Saktia telah menulis 7 artikel di blog ini..

Cetak tulisan ini Cetak tulisan ini
Comments (0) Trackbacks (0)

No comments yet.


Leave a comment

Connect with Facebook

No trackbacks yet.

© 2009-2020 Yayasan Lembaga SABDA (YLSA) Bank BCA Cabang Pasar Legi Solo - No. Rekening: 0790266579 - a.n. Yulia Oeniyati

Laporan Masalah dan Saran