Blog SABDA
14Apr/210

PA BaDeNo Lukas: Ber-PA dengan Cara Kekinian

Sepanjang Maret lalu, kami, staf YLSA, mengadakan PA BaDeNo (Baca Dengar Nonton) kitab Lukas setiap pukul 08.00 pagi dalam kelompok-kelompok kecil. Ini bukan bulan pertama kami melakukan metode BaDeNo dalam ber-PA, sebab, semenjak Februari lalu kami sudah melakukan kegiatan ini yang dimulai dengan kitab Markus.

Hampir sama seperti semua metode PA berbahan Alkitab yang kami lakukan di YLSA, dalam metode PA BaDeNo ini pun kami akan merenungkan firman Tuhan, membagikan pelajaran yang kami dapat dari bacaan hari itu di dalam kelompok, membuat aplikasi untuk apa yang akan dilakukan terkait dengan pelajaran yang kami dapat, dan berdoa. Bedanya, sebelum merenungkan firman Tuhan, kami dapat mengakses firman Tuhan itu dengan tiga cara melalui bahan-bahan yang tersedia di situs BaDeNo, yaitu: membaca teks, mendengar audio, dan menyaksikan video.

Nah, dengan tiga cara tersebut, tentu keterlibatan kami dengan Alkitab menjadi semakin seru. Jika dulu kami hanya dapat membaca teks, sekarang ada pilihan lain untuk dapat mengakses firman Tuhan, yaitu dengan mendengar dan melihat. Ini tentu menjadi cara “membaca” atau terlibat dengan Alkitab yang sangat relevan dengan perkembangan zaman, dan pasti akan disukai serta berguna bagi banyak kalangan. Anak-anak, remaja, dan pemuda zaman now yang sudah terbiasa dengan segala sesuatu yang bersifat visual akan sangat diperlengkapi dengan firman Tuhan yang tersaji dalam bentuk audio dan video. Orang-orang tua, kelompok tuna netra, atau mereka yang memiliki keterbatasan dalam membaca akan sangat terbantu dengan adanya audio Alkitab yang dapat diakses. Sementara, orang-orang seperti saya, yang masih menjadi pecinta teks, tentu masih akan selalu merujuk pada teks yang tersedia dalam berbagai versi untuk membaca firman Tuhan.

Buat saya pribadi, PA dengan cara apa pun pasti akan berguna dan akan memberi pertumbuhan bagi kerohanian kita. Namun, dengan cara baca, dengar, dan nonton, kegiatan membaca atau keterlibatan dengan Alkitab akan menjangkau lebih banyak kalangan, generasi, dan kepentingan. Dan, inilah yang selalu diperjuangkan YLSA dalam pelayanannya semenjak awal. Bible in every heart, atau Alkitab dalam hati setiap orang dengan dukungan dari perkembangan media dan teknologi. BaDeNo menjadi cara sekaligus sarana bagi gereja dan orang-orang percaya untuk mengembangkan keterlibatan dengan Alkitab secara lebih relevan dan mendalam.

Nah, jika Anda ingin mengikuti PA BaDeNo bersama-sama dengan keluarga, rekan-rekan, atau jemaat gereja yang lain, silakan mengakses situs BaDeNo di https://sabda.id/badeno. Di sana, kita bisa mendapat bahan-bahan yang dibutuhkan untuk mengakses firman Tuhan dalam jadwal bacaan harian yang sudah ditentukan. Mari bergabung juga dalam Komunitas BaDeNo untuk saling berbagi hasil PA dengan orang-orang percaya lainnya melalui page Facebook berikut: https://www.facebook.com/sabda.org. Jika sudah mendapatkan berkat dari BaDeNo, sebarkan juga informasi ini kepada yang lain, sehingga semakin banyak orang akan mendapat berkatnya.

Yuk, kita semakin bertumbuh dalam iman dengan firman Tuhan melalui metode PA BaDeNo.

Okti

Tentang Okti

Okti Nur Risanti telah menulis 32 artikel di blog ini..

Cetak tulisan ini Cetak tulisan ini
Comments (0) Trackbacks (0)

No comments yet.


Leave a comment

Connect with Facebook

No trackbacks yet.

© 2009-2020 Yayasan Lembaga SABDA (YLSA) Bank BCA Cabang Pasar Legi Solo - No. Rekening: 0790266579 - a.n. Yulia Oeniyati

Laporan Masalah dan Saran