Blog SABDA
20Dec/200

Natal, HIS Story!!

Kami sangat bersyukur dapat menemani Sahabat SABDA dalam persiapan Natal tahun ini yang tentu saja lain dari tahun-tahun sebelumnya. Di tengah pandemi yang masih terus berlangsung, kita sebagai umat percaya pun dituntut untuk bijak dalam bersikap sambil terus memupuk pengharapan agar keadaan semakin membaik. Saya bersyukur telah dipercaya untuk membawakan materi presentasi tentang Cerita/Kisah Natal dalam SABDA Live Seri Natal. Saya tidak akan bercerita banyak mengenai isi presentasi tersebut dalam tulisan ini, namun Anda dapat mengakses sesi tersebut melalui link berikut ini: Natal, His Story!!

Ketika menyusun presentasi tersebut, saya menyadari bahwa begitu banyak hal penting yang sebenarnya dapat disampaikan melalui kegiatan storytelling. Kegiatan bercerita secara lisan/storytelling ini merupakan bentuk komunikasi yang paling tua, yang sudah sejak dahulu ada dan masih eksis sampai sekarang. Jadi, zaman memang membawa banyak perubahan bentuk dan cara-cara baru dalam kegiatan bercerita, tetapi esensinya tetaplah sama, yaitu menyampaikan informasi dan transfer nilai-nilai. Bersyukur bahwa perkembangan teknologi yang ada pun membantu kita untuk dapat bercerita dengan lebih baik dan lebih mudah.

Dalam hal memaknai peringatan kelahiran Yesus, kegiatan storytelling ini juga menjadi sarana yang baik untuk mengajar orang atau anak-anak tentang makna sejati dari kelahiran Yesus Kristus ke dunia. Poin penting yang perlu digarisbawahi adalah bahwa jika Yesus Kristus dan karya Keselamatan-Nya tidak tersampaikan/tidak terberitakan melalui cerita yang disampaikan, maka cerita itu bukanlah cerita Natal yang alkitabiah. Jadi, apa pun medianya, formatnya, platformnya, jika pendengarnya tidak menangkap Yesus dan karya keselamatan-Nya yang diberitakan dalam cerita tersebut, maka cerita tersebut seharusnya belum selesai.

Walaupun saya secara pribadi belum pernah terlibat dalam pelayanan anak, di mana kegiatan storytelling ini banyak dilakukan, saya memilih topik ini untuk dijadikan materi presentasi. Bercerita/storytelling adalah bentuk paling dasar dari transfer informasi antara dua pihak. Saya merasa hal ini sangat penting untuk dibagikan kepada Sahabat SABDA sekalian. Dengan komunikasi yang baik dan benar, banyak hal bisa disampaikan, kerja sama dapat terjadi, dan hal-hal baik yang menjadi tujuan bersama pun dapat terwujud. Alasan lainnya adalah saya suka menulis, yang juga merupakan salah satu bentuk bercerita, yaitu written storytelling. Secara pribadi dapat saya katakan bahwa storytelling adalah seni untuk membuat orang lain memahami our side of story.

Maka dari itu, mengapa kita tidak menggunakan kegiatan bercerita/storytelling ini untuk menyampaikan berita kesukaan terbesar bagi umat manusia? Apa lagi yang menahan kita untuk menceritakan kisah mengenai kasih abadi yang membebaskan umat manusia dari perbudakan dosa? Apa yang kita tunggu untuk menyiarkan kelahiran Sang Juru Selamat dan karya keselamatan yang sudah Ia kerjakan bagi setiap kita?

So, let’s proclaim HIS story to the ends of the earth!
All the praise belongs to Him alone!

Tuhan Yesus memberkati!

Tentang Pingkan

Pingkan Lengkong telah menulis 6 artikel di blog ini..

Cetak tulisan ini Cetak tulisan ini
Comments (0) Trackbacks (0)

No comments yet.


Leave a comment

Connect with Facebook

No trackbacks yet.

© 2009-2020 Yayasan Lembaga SABDA (YLSA) Bank BCA Cabang Pasar Legi Solo - No. Rekening: 0790266579 - a.n. Yulia Oeniyati

Laporan Masalah dan Saran