Blog SABDA
17Dec/200

Pendalaman Alkitab Spesial Natal

Salah satu cara terbaik untuk menyiapkan hati kita dalam memperingati dan merayakan kelahiran Sang Kristus adalah dengan berdoa dan merenungkan serta mendalami Alkitab, tempat kita dapat menemukan Kristus sendiri. Sehubungan dengan itu, pada pertemuan SABDA Live Seri Natal dengan topik “Pendalaman Alkitab Spesial Natal” pada 1 Desember lalu, saya berkesempatan untuk berbagi tentang empat bahan pendalaman Alkitab menarik yang secara khusus dirancang untuk menolong kita memaknai Natal secara lebih mendalam. Melalui tulisan ini, saya juga ingin membagikannya kepada para pembaca sekalian.

  1. Pendalaman Alkitab Topikal dengan Tema-Tema Adven

Masa-masa Adven merupakan masa-masa untuk memperingati sekaligus merenungkan tentang kedatangan-Nya yang pertama sambil menantikan kedatangan-Nya yang kedua. Dan, setiap Minggu dari empat hari Minggu perayaan Adven biasanya difokuskan pada tema-tema tertentu. Terdapat beberapa variasi pada tema-tema yang difokuskan di beberapa gereja/denominasi, tetapi variasi yang cukup umum ditemukan adalah Kedamaian, Harapan, Sukacita, dan Kasih.

Mendalami tema-tema Adven akan menolong kita melihat bagaimana Alkitab menggambarkan tentang tema-tema tersebut dan bagaimana kelahiran Kristus cocok dengan itu dan menggenapinya. The Bible Project membuat seri video khusus yang membahas tuntas tentang ini. Info lebih lengkap tentang ini bisa ditemukan di situs resmi The Bible Project atau di situs Project.SABDA.org.

  1. Pendalaman Alkitab dengan Lagu-Lagu Natal

Meski ada banyak lagu Natal populer yang kita nyanyikan setiap tahun, ada empat lagu yang dicatat dalam Alkitab untuk merayakan kelahiran Yesus, yang kebanyakan dari kita mungkin tidak akrab atau bahkan tidak pernah mendengarnya sebelumnya. Para malaikat menyanyi kepada para gembala. Maria menyanyi kepada Allah setelah menerima kabar mengejutkan bahwa dia akan menjadi ibu dari Sang Juru Selamat itu sendiri. Simeon juga punya lagu, dan begitu juga Zakharia, imam tua yang menyanyi setelah dikunjungi oleh seorang malaikat.

Perhatikan apa peranan yang dimainkan oleh orang-orang tersebut dalam kisah kelahiran Sang Kristus, dan bagaimana respons mereka. Merenungkan tentang hal ini akan menolong kita melihat bagaimana kelahiran Kristus membawa kabar baik, penghiburan, sukacita, dan pemenuhan bagi orang-orang yang hidupnya disentuh oleh-Nya.

  1. Pendalaman Alkitab dengan Melihat Kisah Natal dari Perspektif Tokoh-Tokoh Lain di Dalamnya

Satu cara lain untuk mendalami kisah kelahiran Sang Kristus adalah dengan melihat kisahnya dari perspektif tokoh-tokoh lain yang ada di dalamnya, seperti para majus, para gembala, Raja Herodes, bahkan si penjaga penginapan. Bayangkan dan renungkan apa arti kelahiran Yesus bagi mereka, bagaimana mereka meresponsnya, dan apa yang dapat kita pelajari dari situ. Tanyakan pertanyaan-pertanyaan, seperti: Mengapa Allah pertama-tama membagikan Kabar Baik tentang Yesus kepada sekelompok orang yang bukan siapa-siapa? Mengapa Herodes begitu terobsesi untuk membunuh Yesus? Seandainya penjaga penginapan tahu siapa Yesus sebenarnya, akankah dia mengambil keputusan yang berbeda untuk menyediakan ruang bagi Dia?

Melihat kisah Natal dari perspektif yang berbeda dapat memperkaya pemahaman kita terhadap kisah tersebut dan membuka pandangan kita terhadap hal-hal yang mungkin tidak pernah terpikirkan sebelumnya. Dengan kata lain, ini akan menolong kita memaknai kisah Natal secara lebih mendalam.

  1. Pendalaman Alkitab dengan Christmas Scripture Countdown

Christmas Scripture Countdown adalah ide yang saya peroleh dari suatu video di YouTube yang berjudul “How to do a Christmas Countdown Bible Study with Your Family!” yang diunggah oleh Vibrant Christian Living. Singkatnya, di sini kita membuat semacam kalender hitung mundur menuju Natal, dan setiap hari, kita mempelajari/merenungkan bagian Alkitab yang sudah ditentukan untuk hari tersebut. Seperti dicontohkan dalam video, kita bisa membuat kalendernya sekreatif mungkin dengan menggunakan kartu, pernak-pernik, gantungan, dan sebagainya. Kegiatan yang bisa dilakukan setiap harinya juga tidak dibatasi hanya melakukan pendalaman Alkitab, tetapi bisa juga divariasikan dengan permainan, acara sharing, dan lain-lain.

Pendalaman Alkitab bisa lebih menyenangkan ketika dilakukan bersama teman-teman atau keluarga dengan berbagai metode yang menarik dan kreatif, salah satunya dengan Christmas Scripture Countdown ini. Ingat bahwa kita dipanggil untuk memberitakan Kabar Baik tentang Yesus Kristus yang lahir bagi kita, dan yang mati dan bangkit untuk menebus dosa-dosa kita. Dan, kita bisa memulai dengan saling berbagi berkat dari pembelajaran firman Tuhan kepada anggota kelompok pendalaman Alkitab kita, lalu kepada orang-orang lain di sekitar kita.

Selain empat bahan yang baru saja kita bahas bersama, pastinya masih ada banyak lagi di luar sana yang mungkin lebih dapat disesuaikan dengan kebutuhan kita atau pelayanan kita. Karena itu, saya juga ingin mendorong pembaca sekalian untuk tidak hanya berhenti di sini, tetapi juga mencari dan membagikan bahan-bahan pendalaman Alkitab spesial Natal lainnya yang dapat memberkati orang-orang yang membaca atau menggunakannya.

Akhir kata, jangan sampai kita lupa bahwa Natal adalah tentang Kristus. Bagi sebagian orang, kalimat tersebut mungkin sudah terdengar klise karena begitu seringnya mereka mendengar atau membacanya selama masa-masa perayaan Natal pada setiap tahun. Meski begitu, kebenaran yang terkandung di dalamnya tidak pernah pudar, dan justru seharusnya selalu menjadi pengingat bagi kita setiap kali kita akan merayakan Natal. Sebab, hanya dengan demikian kita bisa benar-benar memaknai Natal yang sejati. Kiranya kita bisa melakukan yang terbaik untuk menyiapkan hati kita untuk memperingati dan merayakan kelahiran Sang Juru Selamat kita, Yesus Kristus. Tuhan Yesus memberkati.

Tentang Odysius

Odysius Temara telah menulis 17 artikel di blog ini..

Cetak tulisan ini Cetak tulisan ini
Comments (0) Trackbacks (0)

No comments yet.


Leave a comment

Connect with Facebook

No trackbacks yet.

© 2009-2020 Yayasan Lembaga SABDA (YLSA) Bank BCA Cabang Pasar Legi Solo - No. Rekening: 0790266579 - a.n. Yulia Oeniyati

Laporan Masalah dan Saran