Blog SABDA
25Nov/201

Paket Natal Online 2020: Solusi Merayakan Natal di Tengah Pandemi COVID-19

Pandemi bukan saja telah mengubah hidup dan rutinitas kita, tetapi juga cara kita beribadah dan melayani. Dengan diterapkannya aturan dan protokol PSBB, maka sebagian besar dari kita tidak dapat lagi bekerja dari kantor, belajar dari rumah dan sekolah, berkerumun, harus selalu mengenakan masker dan menerapkan protokol kesehatan, dan kita tidak bisa lagi beribadah dalam gedung gereja. Ibadah online menjadi hal yang biasa bagi kita saat ini, selain berbagai kegiatan pelayanan yang juga dilakukan secara online. Paskah 2020 ditiadakan, dan sebagian besar dari kita tidak dapat merayakan masa prapaskah dan Paskah tahun ini.

Dengan situasi pandemi COVID-19 yang belum mereda, dan dengan masih diterapkannya aturan PSBB, maka kita masih belum dapat merayakan tradisi Natal pada Desember 2020, yaitu dengan berkumpul bersama di gereja. Lalu, apakah kita harus kehilangan makna dan sukacita Natal pada tahun ini? Apakah Natal 2020 akan berlalu begitu saja?

Tidak. Kristus adalah pusat dan inti dari peristiwa Natal, sehingga segala persiapan dan perayaan kita harus kembali berpusat kepada-Nya. Kristus yang hadir, menyertai, dan menjadi Juru Selamat kita adalah sumber dari segala sukacita dan pengharapan kita selamanya, terlepas dari segala situasi dan kondisi yang terjadi. Karena itu, kita pun tetap dapat merayakan Natal dengan bersukacita meskipun di tengah kondisi pandemi COVID-19.

Nah, untuk menjawab tantangan ini, maka Yayasan Lembaga SABDA berupaya untuk menjadi solusi bagi gereja dan orang-orang percaya yang tengah mencari cara untuk merayakan Natal di tengah situasi pandemi. Dengan limpahnya bahan-bahan Natal digital yang dimiliki, YLSA berupaya agar bahan-bahan tersebut dapat dipakai, sampai, dan digunakan oleh gereja dan orang percaya untuk merayakan Natal. Dengan sukses Paket Natal pada tahun 2019, maka kami pun berpikir bahwa Paket Natal Online ini bisa menjadi bahan dan cara yang sangat berguna bagi gereja untuk merayakan Natal pada tahun ini, sekaligus solusi yang relevan untuk menjawab tantangan yang ada.

Sebelum saya menjelaskan apa isi Paket Natal, saya perlu menjelaskan bahwa Paket Natal Online sendiri adalah kumpulan bahan, ide, cara bagi gereja dan orang-orang percaya untuk merayakan Natal dengan rutin setiap hari (selama 30 hari), secara terjadwal, sistematis, dan kreatif dengan bahan-bahan digital yang alkitabiah, bermutu, dan menarik. Selain dapat dipakai atau dinikmati secara personal, paket-paket Natal ini dapat digunakan secara bersama-sama, baik dengan rekan-rekan, jemaat gereja, maupun dengan keluarga. Yang lebih menarik lagi, paket-paket Natal ini juga dapat dinikmati, baik secara online maupun offline. Seru ‘kan?

Untuk isi dari paket Natal itu sendiri, terdiri dari 10 paket plus satu liturgi, yaitu: Paket Natal Bersama Keluarga, Paket Natal Setiap Hari, DIY Christmas, 33 Kumpulan Khotbah Natal, 33 Renungan Natal Inspiratif, 33 Bahan Aktivitas dan Permainan, Paket Bioskop Natal, Paket Karaoke Natal, Paket SABDA Me+DIA Kit, dan Paket Kingstone Kit. Untuk dapat mengetahui lebih banyak mengenai isi dari setiap paket-paket Natal Online 2020, saya sarankan Anda untuk langsung saja mengunjungisitusnya di https://paket-natal.sabda.org. Dengan berbagai bahan Natal digital yang alkitabiah, menarik, dan bermutu di dalamnya, gereja dan orang-orang percaya dapat memiliki ide, cara, serta bahan-bahan yang dapat diaplikasikan untuk dapat merayakan Natal dengan cara-cara yang relevan, baru, dan menyenangkan. Dapat diakses dengan gratis dan mudah, tersedia dalam berbagai bahan yang dapat digunakan oleh berbagai jenis usia, multiplatform, dan multichannel menjadi manfaat lain dari paket-paket Natal Online 2020 ini untuk digunakan oleh gereja, komunitas pelayanan, keluarga, maupun oleh tiap orang percaya setiap hari.

Jika ditanya, paket mana yang paling saya sukai, tentu saja ada beberapa Paket yang sudah pasti berguna dan akan membantu saya untuk memaknai Natal secara mendalam di tengah situasi yang sedang terjadi. Paket Natal bersama Keluarga sudah tentu menjadi pilihan karena dengan paket ini, saya dapat mengadakan berbagai aktivitas dan kegiatan yang menarik dan bermakna bersama seluruh anggota keluarga selama masa Adven dan Natal. Apalagi selama masa-masa pandemi ini, setiap hari — saya dan kita semua — berada bersama-sama dengan keluarga, bukan? Nah, bahan-bahan yang terdapat dalam paket keluarga ini akan sangat membantu kita untuk dapat bertumbuh dan melakukan kegiatan pemuridan dalam keluarga. Anak-anak akan semakin memahami makna dan inti berita Natal melalui berbagai bahan yang tersedia, yang tentunya sesuai dengan usia dan kebutuhan mereka. Namun, bukan itu saja. Paket Kumpulan Khotbah, Renungan, Bioskop, dan paket-paket lainnya pun tetap sangat berguna karena akan memperkaya batin dan kerohanian kita selama masa-masa Adven dan Natal.

Penasaran? Yuk, kunjungi situs Paket Natal, dan temukan berbagai bahan, ide, dan cara yang menarik untuk kita bersama-sama merayakan dan memaknai Natal tahun ini.

“Jangan takut sebab dengarlah, Aku memberitakan kepadamu kabar baik tentang sukacita besar yang diperuntukkan bagi semua bangsa. Pada hari ini telah lahir bagimu seorang Juru Selamat, yaitu Kristus Tuhan, di kota Daud ….” (Lukas 2:10-11, AYT)

Mari, kabarkan berita baik ini kepada yang lain.

Imanuel!

Okti

Tentang Okti

Okti Nur Risanti telah menulis 30 artikel di blog ini..

Cetak tulisan ini Cetak tulisan ini
Comments (1) Trackbacks (0)

No comments yet.


Leave a comment

Connect with Facebook

No trackbacks yet.

© 2009-2020 Yayasan Lembaga SABDA (YLSA) Bank BCA Cabang Pasar Legi Solo - No. Rekening: 0790266579 - a.n. Yulia Oeniyati

Laporan Masalah dan Saran