Blog SABDA
2Dec/181

Pengalaman Magang di YLSA: Bertumbuh dalam Iman

Oleh: *Thesa

Shalom! Perkenalkan nama saya Abigail Thesa Padmasari, biasa dipanggil Thesa. Saya adalah mahasiswi Sastra Inggris dari Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW). Tidak terasa, selama dua bulan, saya dan teman-teman menyelesaikan tugas magang di YLSA, dari 10 September 2018 hingga 9 November 2018. Selama dua bulan magang di YLSA ini, ada banyak suka duka yang saya alami. Seperti yang ditulis oleh teman saya, Dinda, dalam blognya, kami mendapat banyak tugas dan harus bisa menyesuaikan diri. Namun, setelah satu bulan berlalu, saya sudah terbiasa dengan tugas-tugas tersebut dan bisa merasa ‘enjoy’. Bahkan, saya merasakan perbedaan pada diri saya, terutama dalam pertumbuhan iman.

Mengingat kembali perjuangan saya dalam mencari tempat magang, saya sangat bersyukur karena Tuhan menempatkan saya di YLSA. Saya sempat tidak mau mendengarkan Tuhan untuk magang di YLSA. Namun, Tuhan tetap mau saya berada di sini. Bukan hanya untuk mengembangkan kemampuan saya dalam bidang terjemahan, melainkan juga agar iman saya kembali bertumbuh. Terlebih lagi, pada bulan kedua ini, saya lebih merasakan iman saya bertumbuh tidak hanya melalui PD dan PA, tetapi juga dari tugas-tugas yang harus kami kerjakan. Mengapa seperti itu? Sebab, tugas utama kami sebagai staf magang berkaitan erat dengan konten Alkitab, sebut saja proyek Interlinear (ITL), “subtitling“, dan membuat gambar untuk “quote“. ITL adalah satu program yang dibuat untuk mengorelasikan kata-kata dalam suatu versi terjemahan Alkitab dengan bahasa aslinya. Melalui pengerjaan ITL, saya tidak hanya mengecek ketepatan terjemahan, tetapi juga ikut membaca dan memahami Alkitab. Ada pula beberapa nama tokoh Alkitab yang baru saya ketahui setelah melakukan tugas ini. Selain itu, saya dan teman-teman tidak hanya meningkatkan perbendaharaan kata dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris, tetapi juga bahasa Melayu. Sebab, kami juga mengerjakan ITL untuk Alkitab Versi Borneo (AVB) yang menggunakan bahasa Melayu. Awalnya, cukup sulit bagi saya untuk mengorelasikan bahasa Melayu dengan bahasa asli Alkitab. Meskipun sebenarnya bahasanya hampir sama dengan bahasa Indonesia, tetapi terkadang artinya berbeda. Pada saat seperti itu, saya mengandalkan Google Translate untuk membantu saya mengerjakan ITL AVB.

Tugas lainnya adalah “subtitling” video pengajaran Alkitab untuk anak-anak. Tugas subtitling ini adalah salah satu tugas yang saya senangi pada aktivitas magang bulan kedua, sebab ini adalah hal yang baru bagi saya. Video yang disediakan cukup menarik sehingga terkadang saya menontonnya terlebih dahulu sebelum mulai mengerjakan “subtitle“-nya. Kalimat yang digunakan dalam video ini singkat, padat, dan mudah dipahami oleh anak-anak. Dalam tugas ini, saya dan teman-teman diberi kesempatan untuk menerjemahkan “subtitle” langsung dari bahasa Inggris, kemudian melakukan editing hasil terjemahan tersebut. Melalui tugas ini pun, saya berkesempatan mempelajari Alkitab. Karena penjelasan video yang dibuat singkat dan mudah dipahami, saya jadi lebih mengerti apa yang sebenarnya dikisahkan dalam Alkitab.

Tugas terakhir adalah membuat gambar “quotes“. Pertama kali, saya membayangkan bahwa saya harus membuat sendiri “quotes” dalam bahasa Inggris, kemudian menerjemahkannya. Ternyata, yang saya pikirkan itu salah. Saya dan teman-teman harus mencari kutipan dalam bahasa Inggris dari tokoh-tokoh yang sudah ada. Kutipan ini kami terjemahkan, lalu kami buat desain gambarnya. Ini juga salah satu tugas yang saya senangi karena melaluinya saya dapat bermain dengan gambar-gambar dan tulisan-tulisan yang bagus.

Sungguh pengalaman magang yang berkesan bagi saya. Ada banyak tugas baru yang belum pernah saya dapatkan selama kuliah, dan hal itu membuat saya berkembang dalam bidang akademis dan kerohanian. Saya bersyukur karena Tuhan benar-benar menempatkan saya di YLSA. Tidak lupa, saya berterima kasih kepada YLSA karena mau menerima saya sebagai staf magang dan mempersiapkan saya untuk menghadapi hari esok setelah saya menyelesaikan studi saya. Semoga pengalaman magang yang saya bagikan ini dapat menjadi berkat bagi yang membacanya. Tuhan Yesus memberkati!

Tentang Penulis Tamu

telah menulis 117 artikel di blog ini..

Cetak tulisan ini Cetak tulisan ini
Comments (1) Trackbacks (0)
  1. Semakin dipakai Tuhan lagi ya, Thesa. Terima kasih buat blognya sangat memberkati. Gbu


Leave a comment

Connect with Facebook

(required)

No trackbacks yet.

© 2009-2015 Yayasan Lembaga SABDA (YLSA) Bank BCA Cabang Pasar Legi Solo - No. Rekening: 0790266579 - a.n. Yulia Oeniyati

Laporan Masalah dan Saran