Blog SABDA
25Jan/170

#Ayo_PA! dalam Natal “ABA”

Kampanye #Ayo_PA! sudah berjalan lebih dari setahun, tetapi kampanye ini tampaknya masih jauh dari selesai karena banyak sekali yang masih harus kami jangkau agar kembali kepada kebiasaan ber-PA. Salah satunya, ketika kami diundang Bpk. Aris untuk melakukan roadshow #Ayo_PA! dalam acara Natal kelompok “ABA” yang diselenggarakan di CS Resto, 18 Januari 2017 lalu. ABA adalah singkatan dari Asyiknya Baca Alkitab. Bapak Aris adalah perintis kelompok ABA untuk wilayah Solo. Kegiatan ABA adalah membaca Alkitab secara teratur, setiap hari sebanyak 3 pasal, dan setiap peserta harus memberikan laporan bacaannya melalui group WA ABA. Pada tanggal 18 Januari 2017, diadakanlah Natal kelompok ini dan untuk mengisi acara tersebut, Bpk. Aris berinisiatif mengundang tim #Ayo_PA! Sebelumnya, Pak Aries sudah mengikuti presentasi yang sama ketika tim #Ayo_PA! melayani dalam pertemuan Youth FGBMFI di Orient Solo pada tanggal 13 Desember 2016. Karena merasa ini juga perlu untuk anggota ABA, beliau pun mengundang kami. Menurut beliau, gerakan #Ayo_PA! ini satu visi dengan kegiatan mereka dan diharapkan bisa melengkapi mereka dalam mempelajari Alkitab dengan bantuan teknologi abad ini.

Waktu itu, saya ditugaskan untuk melakukan roadshow bersama dengan mbak Evie dan Mas Danang. Mbak Evie bertugas sebagai pemateri pertama, saya pemateri kedua, dan Mas Danang didaulat untuk tugas-tugas multimedia dan persiapan alat. Kami bertiga juga mempersiapkan booth SABDA agar para peserta bisa melihat dan mendapatkan produk-produk pelayanan dari SABDA sesuai kebutuhan mereka dalam pelayanan.

Pkl. 19.00 acara dimulai dengan kata sambutan dari panitia dan makan malam. Sempat molor selama 30 menit, akhirnya pada pkl. 19.45 kami mulai memberikan presentasi tentang PA di Era Digital. Mbak Evie memulai presentasi dengan materi pertama tentang pentingnya melakukan PA dan mengapa kita perlu menggunakan teknologi untuk belajar firman Tuhan. Ia membawakan materi dengan sangat smooth, seakan tak perlu melihat lagi ke arah slide. Dalam hal ini, saya masih perlu belajar banyak dari beliau agar presentasi saya juga semakin baik lagi ke depannya.

Selanjutnya, giliran saya. Pada sesi kedua, saya membawakan materi tentang penggunaan lima aplikasi Android SABDA. Saya berusaha menerangkan dengan cukup jelas dengan sesering mungkin mengingatkan hadirin untuk mempraktikkan langsung cara penggunaan lima aplikasi tersebut pada gawai mereka. Saya senang karena sebagian besar peserta dengan serius mempelajarinya. Tak jarang, pandangan mereka terus beralih dari layar LCD ke gawai mereka, mengikuti satu per satu langkah yang saya paparkan. Ada yang menggunakan gawainya masing-masing, tetapi ada pula beberapa orang sekaligus yang menggunakan satu gawai karena mereka tidak membawa gawai atau memori gawainya sudah penuh.

Untuk lebih memantapkan materi, presentasi sesi kedua ini saya lengkapi juga dengan dua kuis, satu untuk mencari arti kata “mahkota” menggunakan aplikasi Kamus Alkitab, dan yang kedua adalah mencari jumlah kata “roti” dalam kitab Matius saja. Awalnya, peserta masih canggung dengan penggunaan aplikasi yang sudah dijelaskan, tetapi pada akhirnya mereka bisa belajar dengan cukup cepat dan menjawab dua pertanyaan yang saya ajukan sebelumnya. Kuis ini juga semakin meriah karena Bpk. Aris rupanya sudah menyiapkan beberapa hadiah untuk peserta yang bisa memberi jawaban paling cepat.

Acara kemudian ditutup dengan sesi tanya-jawab dan beberapa kuis tambahan dari Pak Aris karena hadiah yang tersedia masih cukup banyak. Masing-masing peserta juga diminta memberi testimoni, baik tentang materi presentasi maupun tentang kegiatan dalam kelompok baca Alkitab. Tak lupa, kami juga melakukan “ritual” rutin tiap kali roadshow #Ayo_PA! diadakan, yaitu dengan berfoto bersama dengan para peserta, dan dengan MMT #Ayo_PA! yang kami bentangkan di barisan paling depan. Dengan demikian, selesailah sudah acara pada hari itu.

Kami bersyukur karena sudah memberikan yang terbaik untuk mengajarkan kepada peserta cara ber-PA dengan teknologi abad ini, dan berharap, materi yang sudah kami sampaikan tidak berlalu begitu saja, tetapi mampu menggugah peserta untuk terus belajar firman Tuhan secara disiplin. Memang benar, bahwa di setiap roadshow yang kami adakan, ada saja sebagian kecil peserta yang cuek dengan materi yang disampaikan. Akan tetapi, kami berusaha untuk tidak berkecil hati karena tugas kami hanyalah mengajak orang lain kembali memiliki kebiasaan ber-PA, dan selebihnya, Tuhanlah yang berkarya dalam mengetuk pintu hati setiap orang.

Menutup tulisan ini, saya ingin mengucapkan selamat ber-PA bagi kita semua, dan kiranya kita juga turut aktif membagikan berkat yang kita dapat dari ber-PA kepada orang lain. Anda pun bisa mempraktikkan roadshow #Ayo_PA! ini kepada orang lain di sekitar Anda. Informasi lebih jelas mengenai pelayanan #Ayo_PA! dapat Anda lihat dalam situs Ayo-PA.org dan Ayo-PA.net.

Mari manfaatkan teknologi dalam genggaman kita untuk belajar firman-Nya supaya kita memahami kehendak Allah dan boleh menjadi terang dan garam bagi orang-orang di sekitar kita. #Ayo_PA!

Tentang aji

Abraham Aji telah menulis 4 artikel di blog ini..

Cetak tulisan ini Cetak tulisan ini
Comments (0) Trackbacks (0)

No comments yet.


Leave a comment

Connect with Facebook

(required)

 

No trackbacks yet.

© 2009-2015 Yayasan Lembaga SABDA (YLSA) Bank BCA Cabang Pasar Legi Solo - No. Rekening: 0790266579 - a.n. Yulia Oeniyati

Laporan Masalah dan Saran