Blog SABDA
2Sep/160

Hai Pemuda … #Ayo_PA!

Hari Jumat, 8 Agustus 2016 yang lalu, saya bersama dengan teman-teman dari SABDA yang beranggotakan 7 orang beroleh kesempatan berharga untuk melakukan presentasi tentang gerakan #Ayo_PA! kepada para siswa Kristen di SMAN 5 Surakarta. Kami sudah melakukan beberapa persiapan penting sebelumnya, kami benar-benar memastikan tim kami siap untuk melakukan tugas. Setelah itu, kami berangkat menuju lokasi yang biasa dipakai untuk mereka beribadah setiap hari Jumat sepulang sekolah, tempat itu adalah sebuah Gereja Kristen Jawa. Acara dimulai pukul 12.00, waktu yang biasa mereka pakai untuk kegiatan ibadah PSKS (Persekutuan Siswa Kristen Surakarta). Kami datang satu jam lebih awal untuk mempersiapkan tempat dan segala perlengkapan yang akan kami pakai.

Satu keadaan yang unik ketika kami tiba, kami disambut anak-anak kecil yang berada di depan pintu gereja yang tertutup. Mereka adalah anak-anak SD di sebelah gereja yang menunggu untuk dijemput oleh orangtua mereka atau sekadar ingin berkumpul dengan temannya. Singkat cerita, ketika kami mulai menata meja booth dengan bahan-bahan yang kami bawa seperti audio Alkitab, traktat, brosur, dan lain sebagainya, anak-anak ini tertarik dan mulai mendekat, bahkan bertanya banyak tentang sesuatu yang kami bawa. Syukur kepada Tuhan, tadinya saya tidak peduli dengan kehadiran mereka, tetapi saya mulai menyadari suatu hal yang penting ketika mereka mulai mengambil traktat “Hatiku Rumah Kristus“, sebagian besar dari mereka bukan anak-anak Kristen. Saya sayup-sayup mendengar obrolan mereka, beberapa anak sangat suka dengan traktat bergambar yang memang dibuat untuk anak-anak. Bersyukur sekali, hati saya kembali tergerak untuk bergumul bagi generasi mendatang.

Waktu mulai menunjukkan pukul 11.30 lebih, beberapa anak kecil tadi sudah mulai menghilang dan bergantian dengan anak-anak SMA yang mulai datang dengan berseragam pramuka sampai hampir memenuhi kursi di dalam gereja. Pukul 12.00 lebih akhirnya ibadah dimulai, diawali dengan beberapa lagu pujian. Setelah itu, akan ada sesi renungan, yang nantinya akan diisi oleh tim kami dengan melakukan presentasi Ayo PA. MC dari tim kami mulai maju dan mulai memimpin para siswa untuk belajar lagu mars #ayo_PA! Setelah mereka selesai menyanyikan lagu, peserta dibagi menjadi dua kelompok, yaitu di ruang atas dan ruang bawah. Saya mendapat bagian untuk kelas yang di bawah, diawali dengan presentasi sesi 1 yang mengenalkan tentang siapa diri mereka dalam zaman digital ini. Presentasi yang kedua, yang saya sampaikan, adalah PA (Pemahaman Alkitab) untuk generasi digital (bahan yang disampaikan dalam presentasi 1). Bersyukur sekali melihat antusias teman-teman siswa SMAN 5 Surakarta dalam mengikuti presentasi sesi satu dan dua. Waktu yang disediakan kepada kami sangat pas, tetapi kami bersyukur bisa menyelesaikannya tepat waktu. Semua dikerjakan dengan baik, bahkan hari itu juga peraturan yang telah lama diterapkan kepada siswa, yaitu siswa dilarang membuka Alkitab digital dalam persekutuan tersebut, telah sah dihapus oleh guru pengampu mereka. Beliau juga memiliki kerinduan yang besar dan merekomendasikan supaya tiap siswa memakai berbagai macam aplikasi yang sudah dikembangkan oleh YLSA sebagai bahan pendukung belajar dan diskusi firman Tuhan.

Hari ini, jika Tuhan masih memberi kesempatan untuk kita melayani banyak orang, hal itu adalah kesempatan yang patut kita perjuangkan, terlebih membagikan semangat untuk generasi muda agar mencintai Alkitab dan berteman baik dengannya. #Ayo_PA!

Ayub

Tentang Ayub

Ayub Arifin telah menulis 10 artikel di blog ini..

Cetak tulisan ini Cetak tulisan ini
Comments (0) Trackbacks (0)

No comments yet.


Leave a comment

Connect with Facebook

(required)

 

No trackbacks yet.

© 2009-2015 Yayasan Lembaga SABDA (YLSA) Bank BCA Cabang Pasar Legi Solo - No. Rekening: 0790266579 - a.n. Yulia Oeniyati

Laporan Masalah dan Saran