Blog SABDA
11Apr/162

Memanfaatkan Google Calendar untuk Pengaturan Tugas di YLSA

Tahun 2016 merupakan tahun berbenah dan mengembangkan kemampuan staf YLSA untuk semakin efektif dalam bekerja. Khusus pada tahun ini, kami didorong untuk dapat mengatur seluruh program kerja yang sudah disusun pada saat Raker. Banyaknya program kerja dapat memicu munculnya masalah-masalah dalam bekerja, entah itu penyelesaian tugas yang mundur dari deadline, tugas yang terlewat, dll.. Oleh karena itu, kami mencari alat untuk menolong kami dalam mengatur pengerjaan tugas sehari-hari. Kami pun mencoba untuk memakai Google Calendar.

Google Calendar adalah fitur kalender yang disediakan oleh Google sejak tahun 2006 dan tidak hanya berfungsi sebagai kalender. Dengan fitur-fitur yang ada, kita juga bisa membuat agenda kerja. Wah, ketika ada instruksi untuk mencoba menggunakan Google Calendar, saya langsung pusing. Selama ini, saya terbiasa menggunakan kalender konvensional, tetapi sekarang saya harus belajar dan menggunakan kalender digital. Setelah mencoba dan mulai merasakan manfaatnya, saya bersyukur sekali bisa memanfaatkan aplikasi ini untuk bekerja.

Dengan Google Calendar, kita bisa membuat jadwal dan menentukan “blocking time” dalam bekerja. Kita bisa mengagendakan rapat bersama teman-teman dalam satu tim atau antartim dengan waktu dan tempat yang sudah ditentukan. Bagi seorang pemula, menggunakan aplikasi ini cukup mudah karena kita cukup memilih Calendar, kita klik di tanggal, langsung kita bisa membuat agenda kerja. Selain itu, kalender yang kita buat dapat dilihat oleh sesama teman kerja. Bagi saya, ini adalah prinsip keterbukaan dalam bekerja karena tiap staf dapat melihat program kerja masing-masing tim dan rasa memiliki semakin ditumbuhkan.

Saya sendiri sudah menerapkan Google Calendar dalam bekerja kurang lebih selama 3 bulan. Hasilnya, saya merasa bahwa tugas-tugas di tim PESTA dan Pendidikan Kristen dapat diatur dengan baik. Agenda yang saya buat dapat dinyalakan notifikasinya sehingga tidak ada tugas yang terlewat. Selain itu, saya sungguh bersyukur karena waktu-waktu bekerja menjadi lebih maksimal. Sepanjang hari di kantor tidak ada waktu yang terlewatkan, kami bisa mengerjakan berbagai tugas dengan baik sesuai agenda yang sudah dibuat. Untuk program kerja yang dibagi berdasar tahun, kuartal, dan bulanan juga dapat dijalankan dengan baik.

Pada akhirnya, saya mengucap syukur kepada Tuhan yang sudah memberi kami (seluruh staf YLSA) kesempatan untuk memanfaatkan teknologi dalam bekerja. Dengan kalender digital ini, kami dimotivasi untuk semakin maksimal dalam melayani Tuhan dalam ladang pelayanan digital. Kiranya nama Tuhan senantiasa dimuliakan di dalam setiap proyek dan pekerjaan yang digarap oleh Yayasan Lembaga SABDA.

Amidya

Tentang Amidya

Amidya Tri Agusti telah menulis 16 artikel di blog ini..

Cetak tulisan ini Cetak tulisan ini
Comments (2) Trackbacks (0)
  1. boleh juga di tipsnya, mau diterapin untuk ngatur waktu apa aja yang mau dikerjain di kantor


Leave a comment

Connect with Facebook

(required)

 

No trackbacks yet.

© 2009-2015 Yayasan Lembaga SABDA (YLSA) Bank BCA Cabang Pasar Legi Solo - No. Rekening: 0790266579 - a.n. Yulia Oeniyati

Laporan Masalah dan Saran