Blog SABDA
1Apr/160

Merayakan Paskah dengan Infografis dan Klip Paskah dari YLSA

Satu bulan sebelum Paskah, saya cukup bingung mempersiapkan materi untuk mengajarkan tentang kematian dan kebangkitan Tuhan Yesus kepada anak-anak di sekolah minggu saya. Saya rindu, Tuhan memakai hari Paskah ini sebagai kesempatan bagi anak-anak untuk memahami lagi makna kasih dan pengorbanan Kristus bagi mereka. Meski mereka masih kecil, saya yakin bahwa anugerah kelahiran baru itu diberikan oleh Allah kepada siapa saja yang dikehendaki-Nya, termasuk kepada anak-anak. Tugas saya sebagai pelayan anak adalah menjadi alat Tuhan untuk mengenalkan kebenaran firman Tuhan, yang melaluinya anak-anak dapat mengenal siapa Allah dan Juru Selamatnya, sampai pada akhirnya mereka mengambil keputusan untuk menerima Tuhan secara pribadi.

Lalu, 3 minggu menjelang hari Paskah, saya tidak bingung lagi. :) Lusia, koordinator divisi Multimedia YLSA, meminta saya untuk melakukan cek infografis Kisah Paskah sebelum di-upload ke Situs Paskah Indonesia. Saat itu, tiba-tiba saja, AHA! Inilah jawaban Tuhan atas doa saya mengenai acara Paskah di sekolah minggu saya. Infografis inilah yang akan saya gunakan sebagai alat peraga dalam menceritakan kisah Paskah. Alur cerita, mulai dari perjamuan terakhir sampai Yesus menampakkan diri kepada Maria Magdalena, terekam dengan sangat jelas dalam infografis ini.

Tren infografis saat ini tidak boleh disia-siakan guna mendukung pelayanan kekristenan. Divisi Multimedia menangkap kesempatan ini. Setelah berhasil membuat infografis Kisah Natal pada tahun 2015 lalu, tahun ini dibuatlah infografis Kisah Paskah yang didasarkan pada kebenaran Alkitab. Alur cerita disusun dengan memerhatikan detail yang dituliskan dalam empat kitab Injil sehingga saya dapat menyampaikan kisah Paskah secara keseluruhan sesuai rentang perhatian yang dimiliki anak, bahkan lebih. Saya menyampaikan kisah Paskah ini dalam waktu 30 menit, dan anak-anak bisa tetap fokus sampai selesai. Karena anak-anak digital native ini senang belajar dengan menggunakan ilustrasi, infografis ini merupakan salah satu strategi yang cukup baik untuk menyampaikan Kabar Baik kepada mereka. Di sela-sela saya bercerita, tidak sedikit terlontar pendapat dari mereka mengenai kematian Tuhan Yesus. Meski mereka sudah sangat sering mendengar tentang kisah kematian dan kebangkitan Tuhan Yesus di sekolah minggu, infografis ini memberikan detail dan pengertian yang lebih mendalam sampai kepada hati mereka. Syukur kepada Tuhan!

Selain menampilkan infografis PASKAH, sebagai penutup, saya putarkan pula video Kasih Ilahi yang Penuh Pengorbanan. Video klip yang berdurasi 1 menitan ini menjadi penutup yang baik untuk mengantar anak-anak merenungkan secara pribadi tentang kasih Allah kepada mereka melalui ketaatan Tuhan Yesus kepada kehendak Bapa-Nya, bahkan taat sampai mati, untuk menebus kita dari perbudakan dosa. Setelah menonton klip singkat ini, anak-anak menyampaikan doa mereka secara pribadi kepada Tuhan. Saya tidak tahu apa yang mereka sampaikan kepada Tuhan. Dalam suasana kelas yang hening, saya hanya mendengar suara berbisik dari bibir anak-anak yang sedang berbicara kepada Tuhan. Kiranya, mereka makin mengenal Allah dan membuka hatinya untuk menerima Tuhan Yesus sebagai Juru Selamatnya pada hari Paskah itu.

Terima kasih banyak untuk divisi Multimedia YLSA. Kiranya, hasil dari pelayanan dan kerja kerasmu dipakai Tuhan lebih lagi untuk memberkati anak-anak dan gereja Tuhan di seluruh Indonesia, bahkan sampai ke luar negeri. Terpujilah Tuhan!

Evi

Tentang Evi

Davida Dana telah menulis 20 artikel di blog ini..

Cetak tulisan ini Cetak tulisan ini
Comments (0) Trackbacks (0)

No comments yet.


Leave a comment

Connect with Facebook

(required)

 

No trackbacks yet.

© 2009-2015 Yayasan Lembaga SABDA (YLSA) Bank BCA Cabang Pasar Legi Solo - No. Rekening: 0790266579 - a.n. Yulia Oeniyati

Laporan Masalah dan Saran