Blog SABDA
19Aug/150

Pelayanan SABDA di Workshop GSM Kota Surakarta

Bersyukur! Itulah perasaan kami saat kami mendapat informasi dari Mbak Evie, bahwa semua staf PESTA akan mengikuti roadshow SABDA di acara Workshop Guru Sekolah Minggu (GSM) kota Surakarta, yang diselenggarakan oleh Kemenag kota Surakarta. Dalam acara ini, Ibu Yulia diundang untuk menjadi salah satu pembicara yang membawakan materi tentang “Guru Sekolah Minggu yang Mengembangkan Diri dan Berwawasan”.

Dalam briefing persiapan roadshow, kami berbagi tugas; Mei akan bertanggung jawab untuk “booth”, saya dan Ayub melayani instalasi software SABDA di laptop dan aplikasi-aplikasi SABDA Android di HP para peserta. Acara ini diadakan di Hotel Sarilla, dan ada 25 peserta GSM yang mewakili 21 gereja di lingkungan Surakarta dan berlangsung selama 3 hari.

Secara garis besar, Ibu Yulia memulai dengan mengajak peserta berdiskusi tentang mengapa GSM perlu mengembangkan diri. Hasil diskusi memberikan fakta bahwa GSM pada dasarnya tahu bahwa GSM harus mengembangkan diri, bahkan tahu bagaimana caranya. Akan tetapi, mengapa banyak GSM tidak melakukannya? Karena itu, Ibu Yulia memaparkan teori tentang pertumbuhan, yang diharapkan dapat membuat para GSM menyadari dan mengubah paradigma belajar yang salah dari para peserta. Proses belajar dan pertumbuhan berjalan sejajar, dan harus dilakukan seumur hidup tanpa dibatasi oleh usia. Selain itu, Ibu Yulia juga memberikan tip bagaimana GSM dapat terus berkembang, yaitu dengan:
- Membaca
- Menulis ulang apa yang dibaca
- Bertanya (Why dan How)
- Mencoba hal-hal baru
- Mengevaluasi diri
- Banyak belajar

Selesai memberikan materi, Ibu Yulia juga membagikan DVD Library Anak yang berisi bahan-bahan biblika kepada semua peserta. Lalu, ditawarkan juga pelayanan instalasi aplikasi-aplikasi untuk mengajar anak sekolah minggu ke HP para peserta workshop, yaitu Cerita Alkitab Terbuka (CAT) dan Cerita Injil Audio (CIA) , sehingga pulang dari workshop ini para GSM sangat diberkati dengan bahan-bahan yang melimpah dari SABDA. Kami sangat berharap mereka akan menggunakan bahan-bahan tersebut untuk mengajar anak-anak di gereja mereka masing-masing.

Kami bersyukur karena SABDA menjadi perpanjangan tangan Tuhan untuk memperlengkapi para pelayan Tuhan dengan bahan-bahan biblika yang berkualitas. Harapan kami, para GSM yang sudah menerima bahan-bahan dari SABDA dapat mengaplikasikan apa yang sudah diajarkan dan materi yang sudah didapat untuk melayani anak-anak SM dengan lebih baik.

Soli Deo Gloria!

Amidya

Tentang Amidya

Amidya Tri Agusti telah menulis 16 artikel di blog ini..

Cetak tulisan ini Cetak tulisan ini
Comments (0) Trackbacks (0)

No comments yet.


Leave a comment

Connect with Facebook

(required)

 

No trackbacks yet.

© 2009-2015 Yayasan Lembaga SABDA (YLSA) Bank BCA Cabang Pasar Legi Solo - No. Rekening: 0790266579 - a.n. Yulia Oeniyati

Laporan Masalah dan Saran