Blog SABDA
28Jul/151

Pengalaman Roadshow SABDA di Bala Keselamatan

Perjalanan roadshow SABDA ke Jakarta dan Bandung (selama 7 hari) ini adalah roadshow terlama yang pernah saya ikuti. Tim SABDA akan melayani di Yayasan Bala Keselamatan untuk pelatihan kepenulisan “Writing for God”. Tim yang berangkat pelayanan adalah Bu Yulia, Benny, dan saya. Kami berangkat tanggal 17 Mei 2015, pukul 15.00, karena kami akan naik bus. Menurut Bu Yulia, walaupun perjalanan akan melelahkan karena naik bus, tetapi ini adalah pimpinan Tuhan. Singkat cerita, kami bersyukur karena kalau naik pesawat atau naik kereta, maka nama-nama yang sudah tertera pada tiket tidak akan bisa diganti sehingga tiket akan hangus. Padahal terjadi 2 kali perubahan nama staf yang berangkat. Puji Tuhan untuk pimpinan-Nya.

Staf Bala keselamatan telah menunggu kami di terminal sejak pukul 06.00, tetapi kami baru tiba pkl. 10.00 karena kemacetan ketika masuk kota Jakarta. Sesuai dengan jadwal, bagian pertama adalah pelatihan Kepenulisan “Writing for God” adalah di PUSDIKLAT Bala Keselamatan selama 3 hari. Kedatangan kami disambut dengan hangat meskipun kami datang setelah acara pembukaan selesai. Ketika memasuki ruangan seminar, kami bertiga disambut sangat meriah oleh para kadet dan juga Opsir dari Bala Keselamatan. Kami mendapat 3x sorakan “Haleluya”, benar-benar suatu kehormatan.

Hari pertama presentasi dibawakan oleh Bu Yulia, dan saya membantu set up booth SABDA. Cuaca di Jakarta panas sekali, tetapi untungnya tiap ruangan diperlengkapi dengan AC. Malah saya sempat kedinginan karena duduk tepat di bawah AC. Hari pertama berjalan dengan lancar meskipun pada akhir sesi jam 18.00, Bu Yulia merasa tenggorokannya sakit, mungkin karena perjalanan semalam yang panjang dan kedinginan selama dalam bus. Setelah selesai sesi di hari pertama, saya dan kak Benny pergi membeli obat untuk Ibu Yulia ke apotek di seberang jalan dari gedung Bala Keselamatan. Saya kurang paham dengan keadaan Jakarta sehingga cukup terkejut dengan keadaan jalan yang sangat ramai, dan mengalami kesulitan sehingga hampir saja mendapat kecelakaan ketika menyeberang. Pengalaman yang membuat saya “kapok” menyeberang di jalanan Jakarta … hehehe.

Setelah kami beristirahat semalam, kami mempersiapkan pelatihan untuk hari kedua. Presentasi akan diisi oleh Bu Yulia dan juga Kak Benny. Menurut saya, semuanya berjalan lancar, dan puji Tuhan tidak ada kendala apa pun yang serius. Semua peserta yang datang, 60-an kadet, kebanyakan berasal dari Sulawesi Tengah daerah Palu, karena basis dari Bala Keselamatan adalah di Palu. Banyak dari mereka yang bertanya seputar materi yang disampaikan, dan saya menjaga booth berbagai produk SABDA. Kami juga melayani instalasi aplikasi, tetapi sayang ada beberapa HP yang tidak bisa saya instal aplikasi karena masalah OS dan lain sebagainya. Bersyukur karena CD Audio bahasa Da’a laku keras … hehe … karena bahasa itu adalah bahasa suku yang dipakai di Palu.

Setelah selesai acara malam itu, kami bertiga berdiskusi dan memberi evaluasi tentang jalannya presentasi. Juga, kami menyeleksi pertanyaan-pertanyaan yang dikumpulkan karena besok adalah hari terakhir pelatihan. Banyak sekali dari mereka yang kurang akrab dengan dunia internet karena daerah pelayanan mereka masih di pelosok, bahkan ada yang belum memiliki listrik.

Pada sesi tanya jawab, para peserta sangat antusias mendengarkan berbagai jawaban yang disampaikan oleh Bu Yulia. Yang membuat saya berkesan adalah campur tangan Tuhan dalam setiap presentasi dan sesi acara yang kami lalui. Saya juga benar-benar terberkati dengan jawaban yang Ibu Yulia berikan, khususnya tentang pelayanan Filipus (Kisah Rasul). Saya berpikir para kadet pun pasti juga terberkati. Karena mereka akan melakukan pelayanan di luar pulau di daerah pelosok, mungkin juga di daerah yang belum mereka kenal. Kisah Filipus benar-benar membuka pandangan mereka tentang penginjilan, bahkan Tuhan bisa memakai alat apa pun, memakai siapa pun untuk memberitakan Injil. Penjelasan tentang Filipus ini disampaikan dengan menggunakan presentasi digital, banyak contoh juga dari internet.

Setelah acara foto bersama, saya dan Bu Yulia sudah dijemput untuk pergi ke daerah Mangga Besar untuk memperkenalkan pelayanan SABDA bagi beberapa hamba Tuhan dari berbagai daerah yang sedang mengikuti pelatihan di BEACH. Saya membuka booth SABDA dan juga instalasi HP di sana. Walaupun tidak banyak pesertanya, tetapi mereka benar-benar antusias melihat pelayanan SABDA. Semoga mereka terberkati dengan produk SABDA, yaitu paket yang diberikan dan juga Aplikasi Android yang juga mereka pakai.

Melalui pengalaman roadshow ini, saya melihat pertolongan Tuhan yang sungguh memberkati pelayanan tim SABDA. Saya bersyukur bisa ikut di roadshow ini karena melihat bagaimana pelayanan dan produk-produk SABDA dapat memperlengkapi para peserta sehingga mereka dapat melayani dan berbagi kepada orang-orang yang mereka layani.

Yans

Tentang Yans

Yans Albert telah menulis 6 artikel di blog ini..

Cetak tulisan ini Cetak tulisan ini
Comments (1) Trackbacks (0)
  1. Yans, sudah siap jadi pembicara kan? :)
    Kapan-kapan dijadwal kasih pelatihan software SABDA mau ya.. :D


Leave a comment

Connect with Facebook

(required)

No trackbacks yet.

© 2009-2015 Yayasan Lembaga SABDA (YLSA) Bank BCA Cabang Pasar Legi Solo - No. Rekening: 0790266579 - a.n. Yulia Oeniyati

Laporan Masalah dan Saran