Blog SABDA
12Nov/140

SABDA, “Digital Bible Engagement”, dan Katalis Forum

Bulan Oktober menjadi bulan yang cukup padat di YLSA. Selain merayakan ulang tahun SABDA ke-20 dengan meluncurkan produk-produk baru dan mengadakan “Hangout @SABDA”, beberapa jadwal pelayanan juga sudah menanti. Kami bersyukur untuk setiap pelayanan ke luar yang telah Tuhan percayakan kepada kami, dan kami pun selalu berdoa agar pelayanan SABDA dapat menjadi berkat bagi setiap orang yang kami temui.

Pada bulan Oktober ini, salah satu mitra YLSA, yaitu Renungan Harian, ternyata juga merayakan hari jadinya yang ke-36. Oleh karena itu, pada Kamis – Sabtu, 16 – 18 Oktober 2014 yang lalu, Renungan Harian yang dinaungi oleh Yayasan Gloria ini menyelenggarakan sebuah acara bertajuk “Katalis Forum 2014 on Spiritual Formation”. Acara ini digarap dalam format presentasi oleh 14 narasumber, enam pelatihan/lokakarya pascaforum, dan pameran oleh lebih dari 20 lembaga. Nah, pada kesempatan yang indah ini, Ibu Yulia, selaku ketua Yayasan Lembaga SABDA, dipercaya menjadi salah satu narasumber dan mempresentasikan satu topik, yaitu “Digital Bible Engagement”. Dan, tak ketinggalan, “booth” SABDA juga ikut meramaikan pameran yang diselenggarakan bersamaan dengan acara tersebut.

Acara diadakan di GBI Aletheia, Yogyakarta. Saya, sebagai staf YLSA asli kota Yogyakarta, diminta bergabung dengan tim SABDA untuk berangkat ke acara tersebut. Dalam hati, saya merasa sangat senang karena bisa pulang lebih cepat minggu ini, tetapi selain itu, saya juga menyadari bahwa ini menjadi sebuah kesempatan pelayanan yang harus saya kerjakan dengan penuh tanggung jawab.

Bu Yulia berangkat lebih dulu ke Yogyakarta, yaitu pada Rabu siang, sementara saya pulang pada Rabu malam. Lalu, Kamis pagi, tim yang menyusul adalah Khenny dan Mbak Wiwin. Dan, terakhir pada Kamis siang menjelang sore, Mas Hadi pun tiba di lokasi. Setelah semua berkumpul di “basement” GBI Aletheia, kami segera menyusun produk-produk SABDA dan peralatan instalasi Alkitab di meja “booth” yang sudah disiapkan oleh panitia. Singkat cerita, kami sangat bersyukur karena mendapat cukup meja untuk men-display semua produk SABDA dan peralatan yang sudah kami bawa.

Pagi itu, saya dan Mbak Wiwin mendapat kesempatan untuk menyaksikan presentasi Bu Yulia. Sebenarnya, Bu Yulia sudah membawakan materi “Digital Bible Engagement” di salah satu acara @SABDA, tetapi karena waktu itu saya tidak hadir, saya merasa beruntung bisa mendengarnya secara langsung dari Bu Yulia di Katalis Forum ini (yeey!:D). Presentator hanya diberi waktu 30 menit untuk menyampaikan materi dan dalam kurun waktu tersebut, saya merasa diberkati dengan konsep yang baru saya dengar ini. Ternyata, “Digital Bible Engagement” menjadi sesuatu yang harus dimiliki oleh setiap pribadi yang mengaku dirinya orang Kristen. Kita diajak untuk tidak hanya meyakini bahwa Alkitab itu benar, tetapi juga berkomitmen untuk menghidupi kebenaran Alkitab tersebut. Seiring dengan perkembangan teknologi, kini Alkitab bisa diakses di mana dan kapan saja. Jadi, sebenarnya tidak ada alasan bagi kita untuk tidak melibatkan Alkitab dalam setiap aspek kehidupan kita. YLSA pun turut berupaya memfasilitasi setiap orang Kristen untuk menikmati Alkitab dengan menyediakan Alkitab di perangkat komputer dan “mobile” yang dimiliki, serta bahan-bahan bermutu yang sangat kita perlukan, baik bahan-bahan untuk studi Alkitab maupun bahan-bahan untuk bidang-bidang pelayanan Kristen.

Setelah itu, saya dan Mbak Wiwin segera turun dan menuju ke “booth” sebelum sesi selesai, dan waktu bagi para peserta untuk berkunjung ke pameran tiba. Khenny yang telah siap di bagian instalasi Alkitab ternyata sudah memulai pelayanannya kepada para pengunjung “booth” pertama, yaitu satpam, koster gereja, dan beberapa penjaga “booth-booth” lain yang ada di sana. Jam istirahat pertama adalah jam paling ramai sehingga pada jam itu, kami tidak henti-hentinya melayani para pengunjung. Saya pun turut antusias menjelaskan beberapa produk yang ada, termasuk produk baru SABDA, yaitu DVD Dengar Alkitab dan DVD Konseling Kristen TELAGA, serta bahan-bahan SD Card-nya. Selain itu, kami juga menjelaskan aplikasi Alkitab untuk Android yang sudah bisa di-install di “gadget” para pengunjung, yaitu Renungan PSM dan Alkitab Karaoke versi Beta. Selama dua hari, kami melayani para peserta Katalis Forum di “booth” SABDA. Senang bisa berjumpa dengan orang-orang yang mencintai firman Tuhan dan rindu pelayanannya diperlengkapi dengan produk SABDA. Puji Tuhan, pelayanan “booth” SABDA pada hari pertama dan kedua dapat berjalan dengan lancar.

Hari Sabtu, 18 Oktober, adalah hari terakhir tim SABDA melayani di Yogyakarta. Kali ini, pihak penyelenggara memfasilitasi kami untuk mengadakan pelatihan Software SABDA yang dibawakan langsung oleh Ibu Yulia. Acara pelatihan dimulai pukul 13.00 dan dihadiri oleh 22 peserta. Bersyukur pelatihan berjalan dengan baik walaupun beberapa peserta tidak bisa ikut sampai selesai karena harus kembali ke kota mereka masing-masing. Saya sangat salut melihat seorang ibu yang sudah tidak muda lagi, tetapi sangat mahir mengoperasikan laptop. Saya juga senang melihat antusiasme seorang peserta yang sudah terlanjur membeli banyak buku biblika dan kaget karena ternyata semua buku itu sudah ada di dalam Software SABDA. Belum lagi, salah satu peserta yang memberi kesaksian bahwa ia merasa sangat beruntung telah mengikuti pelatihan ini. Saya sungguh bersyukur mendengar kesaksian dari para peserta pelatihan. Akhirnya, pelatihan usai pada pukul 16.30. Kami masih sempat melayani beberapa peserta yang ingin mendapatkan instalasi Alkitab, dan setelah semuanya selesai, kami segera membereskan perlengkapan dan peralatan yang ada.

Akhirnya, pelayanan di Katalis Forum dapat kami selesaikan dengan baik. Ketika ditanya, “Gimana, capek ga?“, saya pun menjawab, “Ya, capek, tapi sukacita.” Benar. Saya bersukacita karena bertemu dengan banyak orang yang mencintai Tuhan, Alkitab, dan pelayanan-Nya. Bagi saya, SABDA dan “Digital Bible Engagement” adalah dua hal yang tidak dapat dipisahkan. SABDA hadir untuk mewujudkan adanya “Bible everywhere“. Namun, semoga kita tidak puas hanya dengan menerima produk-produk SABDA atau mendapat Alkitab digital di “gadget” kita masing-masing, tetapi memutuskan untuk menghidupi setiap perkataan firman-Nya yang tertulis di dalamnya.

Ade

Tentang Ade

Adiana Yunita telah menulis 10 artikel di blog ini..

Cetak tulisan ini Cetak tulisan ini
Comments (0) Trackbacks (0)

No comments yet.


Leave a comment

Connect with Facebook

(required)

 

No trackbacks yet.

© 2009-2015 Yayasan Lembaga SABDA (YLSA) Bank BCA Cabang Pasar Legi Solo - No. Rekening: 0790266579 - a.n. Yulia Oeniyati

Laporan Masalah dan Saran