Blog SABDA
30Jul/142

Software SABDA bagi Pelayan Siswa Perkantas Karanganyar

Roadshow adalah salah satu kegiatan keluar YLSA untuk melayani orang-orang Kristen di berbagai tempat yang membutuhkan pelayanan YLSA secara langsung. Seperti yang sudah diceritakan rekan saya Gunung di blog-nya yang berjudul “Roadshow Mini SABDA di STT Intheos Surakarta”, kelompok saya ditetapkan untuk memberikan pelatihan Software SABDA. Saya merasa beruntung karena sudah beberapa kali ikut roadshow pelatihan Software SABDA, dan sekarang giliran saya yang memberikan pelatihan. Di kelompok ini saya tidak sendirian karena saya bersama dengan Khenny, Ade, Yudo, dan Dheka.

Kami senang sekali ketika mendapat informasi dari Dheka bahwa kami bisa memberikan pelatihan di di Perkantas Karanganyar. Karena Dheka adalah salah satu pengurus Perkantas Karanganyar, maka dia bisa menjadi perantara antara kami dan pihak Perkantas sehingga persiapan bisa dilakukan dengan sangat lancar. Jadwal pelatihan ditetapkan untuk dilakukan pada Minggu, 8 Juni 2014 dengan meminjam tempat di GKJ Kismorejo Papahan. Saya akan bertugas menjadi presenter pelatihan, dan teman-teman lain memberi presentasi YLSA, juga membantu menjadi operator, dan membuka “booth” SABDA untuk melayani instalasi Alkitab ke HP. Sebelum hari-H, saya telah melakukan beberapa kali simulasi pelatihan di depan beberapa rekan staf untuk memberi masukan dan mempersiapkan mental saya sebelum melakukan pelatihan yang sesungguhnya.

Pada hari-H, saya, Yudo, Khenny, dan Ade berangkat ke Karanganyar, sedangkan Dheka yang tinggal di Karanganyar menunggu di lokasi pelatihan. Kami sampai di sana satu jam sebelum acara dimulai, yaitu sekitar pukul 10.00. Setibanya di sana, kami mempersiapkan tempat pelatihan dengan dibantu oleh Mas Iko, seorang anggota komisi pemuda GKJ Kismorejo Papahan. Acara ternyata dimulai lebih lambat dari jadwal, yaitu pukul 11.30 (jadwal seharusnya adalah pukul 11.00). Di awal acara, Mas Eko mewakili pihak Perkantas Karanganyar memberikan sambutan. Setelah itu, Dheka memberikan presentasi perkenalan tentang YLSA, sekaligus memperkenalkan tim SABDA yang hadir. Acara dilanjutkan dengan presentasi Pengenalan Software SABDA oleh Ade. Saya senang melihat para peserta mulai antusias setelah mendengar perkenalan Software SABDA dari Ade. Setelah itu saya memberikan pelatihan “Tutorial Software SABDA dalam 3 Menit” selama kurang lebih dua jam. Awalnya, saya mengira saya akan merasa gugup, tetapi karena suasana cukup cair, saya bisa cukup tenang menyampaikan materi yang telah saya persiapkan. Saya tidak menemui kesulitan yang berarti karena para peserta kebanyakan adalah anak-anak muda yang sudah terbiasa menggunakan produk teknologi dan komputer.

Pelatihan berakhir tepat pukul 14.00. Saya melihat, di akhir acara para peserta terlihat cukup lelah, mungkin karena ada banyak informasi yang harus diproses peserta. Namun kami bersyukur karena berarti peserta bersungguh-sungguh belajar. Kami juga senang dengan umpan balik yang diberikan oleh peserta selama pelatihan berlangsung. Mereka sangat tertarik menggunakan Software SABDA untuk melakukan pendalaman Alkitab (PA) di kelompok kecil mereka masing-masing karena kini mereka tahu bahwa Software SABDA memiliki banyak sekali fungsi dan bahan yang dapat semakin memperlengkapi mereka melakukan PA. Sebelum acara berakhir, Dheka memberikan presentasi mengenai DVD Library SABDA Anak 1.2 yang telah diterima oleh masing-masing peserta.

Setelah kegiatan selesai, kami segera membereskan semua perlengkapan dan peralatan yang kami bawa. Kami juga mendapat kejutan karena Dheka dan salah satu pengurus Perkantas Karanganyar, yaitu Mbak Eli, mengajak kami bersantap siang untuk mengisi perut yang sudah kosong. Sambil bercakap-cakap, tidak lupa kami mengevaluasi pelayanan yang telah kami lakukan bersama. Sesudah itu, kami segera kembali ke Solo dengan hati yang penuh sukacita.

Meland

Tentang Meland

Meland Neno telah menulis 5 artikel di blog ini..

Cetak tulisan ini Cetak tulisan ini
Comments (2) Trackbacks (0)
  1. Walaupun harus rela tidak pulang Jogja di akhir minggu, saya bersyukur bisa berbagi berkat dengan teman-teman pelayan siswa Perkantas Karanganyar. 😀

    Terima kasih juga untuk kekompakan tim SABDA yang berangkat. Senang bisa melayani bersama.

    Anyway, semoga Software SABDA bukan hanya memperlengkapi pelayanan para peserta, tetapi juga membuat kita semakin mencintai firman-Nya dan mau memahami lebih dalam lagi kebenaran-Nya. Amin.

  2. Semangat buat teman-teman semua. 🙂
    Terima kasih juga atas partisipasi dari Rekan-Rekan di Perkantas Karanganyar… Kiranya Software SABDA dapat digunakan dengan efektif untuk mendalami firman Tuhan dengan lebih bertanggung jawab… Segala kemuliaan hanya bagi Tuhan!


Leave a comment

Connect with Facebook

No trackbacks yet.

© 2009-2020 Yayasan Lembaga SABDA (YLSA) Bank BCA Cabang Pasar Legi Solo - No. Rekening: 0790266579 - a.n. Yulia Oeniyati

Laporan Masalah dan Saran