Blog SABDA
7Jul/140

Roadshow Alkitab Audio di Kebaktian Warga Senior GUP, Pasar Legi, Solo

Roadshow SABDA yang saya ikuti kali ini adalah bagian dari rangkaian kegiatan keluar staf Yayasan Lembaga SABDA (YLSA). Masing-masing staf diperbolehkan memilih tim sesuai dengan produk pelayanan SABDA yang diminati. Saya memilih bergabung dengan tim Alkitab Audio bersama dengan empat staf lainnya, yaitu Yochan, Samuel, Benny, dan Teddy. Tempat yang kami sasar untuk melakukan roadshow adalah kebaktian warga senior di Gereja Utusan Pantekosta (GUP) Pasar Legi, Solo, pada hari Kamis, 5 Juni 2014, pukul 10.00 hingga 12.00 WIB.

Gereja Utusan Pantekosta adalah tempat Mas Samuel berjemaat dan dialah yang telah menjadi penghubung sehingga kami bisa mendapat kesempatan melayani warga senior di gereja ini. Beberapa persiapan mulai kami lakukan. Yochan bertugas menyiapkan materi presentasi karena dia memiliki banyak pengalaman dalam membuat presentasi produk-produk YLSA. Materi presentasi dibuat sesuai dengan target peserta, yaitu warga lanjut usia. Sementara itu, anggota tim lain bertugas melayani pengunjung yang datang ke booth SABDA, dan meng-install aplikasi Alkitab di handphone (HP) jemaat yang menginginkannya.

Tim kami berangkat dari kantor pkl. 9.00 pagi. Sesampainya di GUP, kami bertemu dengan penanggung jawab kebaktian untuk memastikan lagi susunan acara dan tempat display booth SABDA. Yochan dan saya langsung masuk ke ruang ibadah untuk mempersiapkan diri menyampaikan presentasi, sedangkan anggota tim yang lain berada di luar ruangan untuk mengatur display booth dan mulai menginstal aplikasi Alkitab ke HP para peserta. Dari HP yang diserahkan kepada kami, tidak semua bisa di-install aplikasi Alkitab, mungkin hanya sekitar 15 s.d. 20 HP. Banyak juga yang kecewa karena mereka tidak tahu tentang kedatangan kami sehingga tidak membawa handphone.

Saya beruntung mendapat kesempatan melihat dan mendengarkan Yochan melakukan presentasi karena saat itu saya membantu Yochan menjadi operator dalam menyampaikan presentasi. Presentasi telah dilakukan Yochan dengan baik karena sebelumnya kami telah mendapat beberapa tip bagaimana menyampaikan materi kepada warga lanjut usia. Misalnya, jangan berbicara cepat-cepat dan harus mengulang poin-poin penting supaya mereka dapat memahaminya dengan baik.

Presentasi Alkitab Audio sangat cocok disampaikan untuk warga senior atau lansia karena banyak warga senior yang matanya sudah sulit dipakai untuk membaca. Mendengarkan rekaman Alkitab yang dibaca adalah cara yang sangat efektif untuk menolong mereka mendengarkan firman Tuhan. Mereka bisa melakukannya ketika ada di rumah atau ketika ada dalam perjalanan; dalam keadaan duduk atau berbaring. Mendengarkan firman Tuhan akan memperkuat iman mereka karena Alkitab berkata, “iman datang dari pendengaran akan firman Tuhan”. Yochan juga menyampaikan tentang program “Anda Punya Waktu”, yang dapat menolong mereka mendengarkan seluruh Alkitab secara urut dan terjadwal.

Saya melihat peserta memberikan respons yang baik karena selama presentasi mereka menganggukan kepala dan tersenyum senang ketika Alkitab Audio ini diperdengarkan kepada mereka. Apalagi, ketika Yochan menunjukkan alat MP3 player kecil yang bisa dibawa ke mana saja. Mereka terlihat sangat antusias untuk memilikinya supaya mereka dapat mendengarkan Alkitab setiap waktu. Setelah kebaktian selesai, beberapa peserta langsung menuju booth SABDA untuk bertanya tentang bagaimana mendapatkan Alkitab Audio.

Kami bersyukur dapat memberikan presentasi Alkitab Audio terutama kepada warga senior. Berapa pun usianya dan apa pun latar belakangnya, mendengarkan firman Tuhan adalah kegiatan yang sangat menjadi berkat. Harapan kami, para warga senior dapat semakin bertumbuh imannya dalam Kristus dan dapat menjadi duta untuk menyebarkan firman Tuhan kepada teman-teman di lingkungan mereka.

“Jadi, iman timbul dari pendengaran, dan pendengaran oleh firman Kristus.” (Roma 10:17)

Hadi

Tentang Hadi

Hadi Pramono telah menulis 15 artikel di blog ini..

Cetak tulisan ini Cetak tulisan ini
Comments (0) Trackbacks (0)

No comments yet.


Leave a comment

Connect with Facebook

No trackbacks yet.

© 2009-2020 Yayasan Lembaga SABDA (YLSA) Bank BCA Cabang Pasar Legi Solo - No. Rekening: 0790266579 - a.n. Yulia Oeniyati

Laporan Masalah dan Saran