Blog SABDA
6Aug/131

Roadshow SABDA untuk Pelayan GBI Keluarga Allah Solo

Minggu kedua saya bergabung dengan YLSA, saya sudah diberi dua kali kesempatan untuk bersama-sama dengan beberapa rekan melakukan pelatihan menggunakan software SABDA”. Nama saya Meland. Saya adalah staf baru keluarga besar YLSA di divisi ITS. Bagi saya hal ini merupakan kesempatan emas karena selain dapat melayani peserta bagaimana menggunakan SABDA, saya juga sekaligus dapat melakukan adaptasi, baik dengan rekan-rekan kerja maupun dengan pelayanan ini sendiri.

Roadshow pertama yang saya ikuti bertempat di GBI Keluarga Allah dan pesertanya adalah para pelayan jemaat GBI Keluarga Allah. Saya beserta Pak Joko, Yegar, dan Mas Ryan berangkat ke GBI Keluarga Allah pada hari Minggu, 9 Juni 2013, sekitar pukul 7.30 WIB pagi.
Setibanya di sana, kami sempat menunggu beberapa saat karena pada saat kami tiba, kegiatan ibadah minggu baru saja selesai sehingga mereka masih melakukan evaluasi di akhir ibadah.

Peserta pelatihan hanya ada sepuluh orang dan kebanyakan membawa gadget berupa ‘tablet’ sehingga persiapan tidak banyak dilakukan. Yegar membuka pelatihan dengan sedikit sambutan dan perkenalan, kemudian diikuti dengan presentasi Pendahuluan Software SABDA. Setelah selesai, waktu diberikan kepada Pak Joko. Suasana kelihatan menjadi akrab karena Pak Joko sendiri adalah anggota jemaat GBI Keluarga Allah. Para peserta sangat responsif terhadap tutorial yang diberikan. Mereka banyak memberikan pertanyaan dan kasus-kasus penggunaan software SABDA. Pelatihan ini berakhir pada pukul 11.30 WIB.

Roadshow kedua dilakukan pada hari Selasa, 11 Juni 2013, bertempat di ruang pertemuan sebuah kafe. Pesertanya adalah anggota dari salah satu persekutuan doa GBI Keluarga Allah. Saya, Khenny, Ade, dan Pak Joko tiba di tempat pelatihan sekitar pukul 18.30. Setibanya di tempat pelatihan, kami langsung melakukan persiapan teknis seperti menyusun layout meja dan kursi, memasang laptop dan proyektor, serta beberapa hal teknis lainnya. Persiapan yang kami lakukan cukup cepat dan selesai sebelum anggota persekutuan doa berdatangan.

Sekitar pukul 19.00, beberapa peserta mulai berdatangan dan dengan hangat menyalami kami yang sudah ada di situ. Karena Pak Joko telah memberitahukan sebelumnya bahwa mereka harus membawa laptop masing-masing, maka ketika mereka datang kami segera melakukan instalasi SABDA di laptop mereka sembari menunggu peserta lain yang belum datang. Beberapa peserta pun memberikan perangkat mobile mereka kepada Khenny untuk diinstal dengan Alkitab elektronik. Setelah beberapa saat, Ibu Yuli (salah satu anggota kelompok doa) memimpin kami semua untuk memulai acara. Kami bersama-sama mengangkat lagu-lagu pujian dan penyembahan sekaligus berdoa untuk kegiatan pelatihan yang akan segera dimulai.

Pelatihan diawali dengan perkenalan tim dan presentasi mengenai SABDA oleh Ade kurang lebih selama 10 menit. Kemudian, waktu diserahkan kepada Pak Joko yang langsung memberikan pelatihan sepuluh langkah dasar penggunaan SABDA. Pak Joko membagi pelatihan ini dalam 2 sesi. Setelah sesi pertama berakhir, kami semua dijamu dengan makan malam bersama. Seusai makan malam, kami melanjutkan dengan sesi berikutnya sampai selesai.

Selama pelatihan berlangsung saya melihat para peserta sangat antusias. Cukup banyak pertanyaan dan respon yang diberikan para peserta. Saya sendiri bersama Khenny berkeliling ruangan untuk membantu para peserta agar dapat mengikuti tutorial dari Pak Joko dengan baik. Saya bersyukur melihat kerja sama peserta karena mereka juga saling membantu sehingga dapat mengikuti arahan Pak Joko dengan baik. Pada saat pemaparan, beberapa peserta memberikan respon dengan bertanya sehingga terjadi interaksi yang baik.

Waktu menunjukkan hampir jam 10 malam pada saat Pak Joko mengakhiri acara pelatihan ini. Dengan wajah yang tampak cukup puas, peserta meninggalkan tempat pelatihan. Saya sendiri cukup senang dan bersyukur karena bisa bergabung bersama tim roadshow kali ini. Selain saya pribadi mendapatkan pengetahuan mengenai SABDA, saya juga mendapat pengalaman untuk lebih mengenal lingkungan kerja YLSA. Apalagi, setelah melihat antusiasme para peserta, saya semakin semangat dalam melayani di YLSA untuk menyebarkan firman Tuhan. Saya belajar bahwa pengertian akan firman Tuhan yang benar harus diberikan kepada semua umat-Nya, dan YLSA merupakan salah satu lembaga yang dipakai Tuhan untuk menyebarkan firman-Nya. Karena itu, saya sangat bersuka cita telah bergabung dalam keluarga pelayan Tuhan di sini.

Meland

Tentang Meland

Meland Neno telah menulis 5 artikel di blog ini..

Cetak tulisan ini Cetak tulisan ini
Comments (1) Trackbacks (0)
  1. Pengalaman ikut roadshow ini semoga semakin membuatmu mengenal pelayanan YLSA dan mantap bergabung dalam pelayanan YLSA. Tuhan Yesus memberkati mas bro!


Leave a comment

Connect with Facebook

No trackbacks yet.

© 2009-2015 Yayasan Lembaga SABDA (YLSA) Bank BCA Cabang Pasar Legi Solo - No. Rekening: 0790266579 - a.n. Yulia Oeniyati

Laporan Masalah dan Saran