Blog SABDA
18May/117

Berbagi Pelayanan YLSA di STT Gamaliel Solo

Tanggal 9 April 2011, tim SABDA hadir dalam acara persekutuan mahasiswa & alumni mahasiswa STT Gamaliel Solo. Secara khusus kami diundang untuk menyampaikan dan membagikan tentang pelayanan elektronik yang dilakukan oleh Yayasan Lembaga SABDA.

Setelah saya dan teman-teman di tim SABDA diberitahu mengenai undangan ini, maka kami pun mulai memikirkan persiapan yang diperlukan. Dari informasi yang disampaikan Ibu Yulia, saya menangkap bahwa presentasi kali ini akan merupakan presentasi singkat tentang semua jenis produk pelayanan YLSA, sehingga saya dan rekan-rekan tim yang lain harus meringkas semua materi presentasi. Oleh karena itu, urutan penyampaian presentasi pun berbeda dari yang pernah dilakukan tim SABDA sebelumnya. Maka diputuskan presentasi akan dimulai dari pengenalan YLSA dan bahan-bahan publikasi kekristenan, Alkitab mobi, aplikasi Alkitab dalam Facebook, Alkitab SABDA, software SABDA, dan diakhiri dengan “bagi-bagi” produk YLSA. Nah, saya merasa semua persiapan telah cukup dilakukan, dan kami siap untuk melaksanakan tugas pelayanan ini.

Pada hari H kami sengaja berangkat lebih awal supaya punya waktu untuk persiapan di tempat presentasi. Peserta pun mulai berdatangan. Jumlah total kira-kira 25 orang, mereka adalah alumni dan mahasiswa STT Gamaliel. Setelah diawali dengan doa dan menyanyi bersama, waktu langsung dipakai untuk presentasi. Ibu Yulia lebih dahulu memperkenalkan kami kepada seluruh peserta, kemudian dilanjutkan dengan mempresentasikan tentang pelayanan YLSA, dan bahan-bahan kekristenan yang dimiliki YLSA. Saya merasa diberkati dengan apa yang disampaikan ibu Yulia, karena saya tahu apa yang menjadi latar belakang adanya YLSA. Kata-kata “IT FOR GOD”, menggugah saya betapa pentingnya peran teknologi informasi untuk memuliakan Tuhan.

Presentasi berikutnya adalah Alkitab mobile, kali ini saya yang menyampaikannya. Saya menjelaskan fitur-fitur utama yang ada di alkitab.mobi, termasuk juga aplikasi Alkitab GoBible yang dapat dipasang secara offline di handphone. Kemudian saya jelaskan juga tentang aplikasi Alkitab dalam facebook yang memiliki kemampuan yang hampir sama dengan alkitab.mobi, yang berisi renungan pribadi yaitu Santapan Harian dan Renungan Harian. Presentasi selanjutnya dibawakan oleh Billy, yang mempresentasikan tentang fungsi-fungsi utama dalam situs Alkitab SABDA. Billy kelihatannya sudah sangat menguasai apa yang dia presentasikan — mungkin karena sudah berkali-kali. Presentasi terakhir adalah software SABDA yang disampaikan oleh Yochan. Presentasi ini juga berbeda dengan presentasi yang pernah saya lihat sebelumnya, Yochan memulainya dengan memberi pertanyaan kepada peserta, “Kemampuan apa yang Anda harapkan dari software Alkitab?”. Respons peserta cukup baik dengan memberi beberapa jawaban, “bisa cari kata”, “bisa cari ayat”, “bisa lihat versi lain”, dan jawaban yang membuat kami tertawa adalah “bisa segalanya”. Kemudian Yochan melanjutkan dengan menjelaskan beberapa fungsi utama software SABDA. Bagian terakhir adalah tanya jawab. Ada beberapa pertanyaan yang muncul dari peserta, khususnya bagaimana pelayanan YLSA ini bisa berdampak bagi pelayanan STT Gamaliel, terutama pada para alumni mereka yang tersebar di berbagai tempat di Indonesia. Pertemua diakhiri dengan membagikan CD Alkitab Audio, dan menginstall Alkitab GoBible, dan juga software SABDA ke laptop-laptop dan banyak flash disk serta hp, yang dibawa oleh para peserta. Khenny juga ikut hadir dalam presentasi ini untuk membantu menginstal program SABDA dan Alkitab di hp.

Secara keseluruhan, saya bersyukur karena bisa melakukan pelayanan ini, saya belajar untuk menjadi semakin baik dalam melakukan presentasi. Dari pengalaman presentasi singkat ini, ternyata mudah. Beberapa produk YLSA tidak bisa dengan singkat karena banyak fungsi penting yang harus dijelaskan. Harapannya setelah memberikan presentasi singkat, ada tindak lanjut lagi yaitu memberikan training yang lebih mendalam tentang software Alkitab SABDA. Tuhan memberkati.

Hadi

Tentang Hadi

Hadi Pramono telah menulis 14 artikel di blog ini..

Cetak tulisan ini Cetak tulisan ini
Comments (7) Trackbacks (0)
  1. Pertamax 🙂

    Ayo makin semangat melayani 😀

  2. Wow, keren … 🙂 Semangat ya tim SABDA. Semakin hari semakin terlatih untuk presentasi nih … hehe …

  3. Selamat ya Teman-teman, sudah mendapat kesempatan bertemu orang-orang yang dilayani secara langsung.

    Semoga masih ada banyak kesempatan untuk melayani lebih banyak orang di luar kantor ya… siap-siap ke luar negeri juga 🙂

    Tuhan memberkati!

  4. Tim SABDA telah menjadi saluran berkat bagi banyak orang – Maju terus SABDA.

  5. Hmm… wooww… pelayanannya luar biasa.
    Saya bersyukur karna di saat-saat seperti ini masih ada lembaga pelayanan seperti SABDA yang secara cuma-cuma memberikan hasil karyanya secara cuma-cuma. Mengingat zaman sekarang ada banyak pembicara besar yang menjual kaset-kaset preacingnya dengan harga yang kurang terjangkau buat mahasiswa, tapi web ini beserta web-web SABDA lainnya cukup menjawab kebutuhan rohani saya… hmmpphh

    Saya mau usul donk…
    Gimana kalau Tim SABDA melakukan hal yang sama seperti di atas di STT El-Shaddai, Solo?
    Tanpa memandang organisasi gereja. Saya sangat percaya pelayanan teman-teman akan menjadi berkat yang sangat besar untuk mahasiswa di sana.

  6. Terima kasih pak Samuel, kalau Bapak menginginkan tim SABDA untuk melakukan kegiatan yang sama di STT tempat Bapak berada, Bapak bisa mengirimkan surat permohonan ke YLSA / SABDA melalui email ke ylsa(at)sabda.org. Nanti surat permohonan Bapak akan kami tindak lanjuti.

    Tuhan memberkati.

  7. Kesan pertama begitu menggoda, selanjutnya … pasti lebih banyak lagi yang tertarik mengikuti training lanjutan untuk mengefektifkan IT dalam melayani Allah. Maju terus Mas Hadi dan rekan-rekan SABDA. Tuhan Yesus memberikati.


Leave a comment

Connect with Facebook

No trackbacks yet.

© 2009-2015 Yayasan Lembaga SABDA (YLSA) Bank BCA Cabang Pasar Legi Solo - No. Rekening: 0790266579 - a.n. Yulia Oeniyati

Laporan Masalah dan Saran