Blog SABDA
28May/0914

Belajar Menggali Alkitab

belajar_menggali_alkitabSaya selalu senang dan bangga dengan Alkitab yang adalah firman Tuhan. Karena firman Tuhan memberikan pedoman kepada saya untuk melangkah seturut kehendak-Nya. Kisah-kisah para rasul, silsilah-silsilah, puisi indah, perintah, berkat, dan janji-janji Tuhan tidak pernah habis untuk dipelajari dan digali. Namun, kadang saya juga bingung bagaimana cara yang tepat untuk membaca dan menggali Alkitab.

Nah, beruntung deh, karena beberapa waktu lalu, 21 April 2009, YLSA kedatangan tamu yang mengisi acara training staf YLSA. Topiknya pas banget, yaitu tentang metode BGA, singkatan dari Baca dan Gali Alkitab. Training ini dibawakan oleh Pak Philip Situmorang, staf Persekutuan Pembaca Alkitab (PPA), yang menerbitkan buku renungan Santapan Harian (SH). BTW, staf YLSA kenal banget dengan SH, karena YLSA-lah yang menyebarkan format elektroniknya, namanya e-SH. Pak Philip ternyata juga adalah salah satu alumni PESTA. Saya bersyukur mengikuti training ini karena Pak Philip orangnya enak banget, caranya menyampaikan pelajaran sangat menarik dan mudah dimengerti. Sip deh, Pak.

Nah, supaya berkat yang saya dapat itu menjadi mata rantai berkat untuk yang lain, maka saya akan bagikan apa yang saya dapat di training ini. Pak Philip mengawalinya dengan menjelaskan tentang manfaat baca Alkitab, manfaat saat teduh, serta metode BGA dari PPA yang saya rasa praktis sekali. Ada lima langkah dalam metode BGA ini:

1. Berdoa dulu.

2. Membaca dengan teliti perikop yang menjadi bahan saat teduh kita. (jadi, jangan langsung baca bahan renungannya).

3. Ketiga, merenungkan apakah ada janji atau teguran yang Tuhan sampaikan kepada kita dalam perikop tersebut. Selain merenungkan, kita juga perlu membuat respons terhadap firman Tuhan yang kita baca hari itu.

4. Nah, baru kemudian membandingkan renungan kita dari firman Tuhan dengan bahan saat teduh, seperti Santapan Harian yang diterbitkan oleh PPA.

5. Berdoa lagi untuk mengucap syukur atas setiap janji maupun teguran yang Tuhan nyatakan, dan sampaikan respons kita terhadap firman Tuhan hari itu.

Mudahkan? Wah, saya terberkati sekali.

Selain menjelaskan teorinya, Pak Philip juga langsung mengajak kami semua untuk praktik BGA dalam kelompok-kelompok kecil. Setiap kelompok mendapat tugas yang sama, yakni mendalami Kisah Para Rasul 3:1-10. Saya bersyukur karena saya satu kelompok dengan orang-orang yang menolong saya untuk menggunakan metode ini lebih baik lagi. Dari diskusi, saya juga mendapat banyak pelajaran baru. Saya belajar tentang janji Tuhan yang selalu ditepati, kerendahan hati Petrus, respons orang lumpuh yang disembuhkan, dan tujuan mukjizat adalah untuk mengabarkan injil. Ya, saya sungguh disegarkan dengan training ini.

O iya, saya sudah cerita banyak tapi belum memperkenalkan diri, nih. Nama saya Tatik Wahyuningsih, staf YLSA divisi Publikasi dan membantu pula di divisi Web. Salam kenal, ya. Tuhan memberkati! :)

Sedikit iklan nih… Kalau ada yang mau berlangganan e-SH, kirim aja email ke (subscribe-i-kan-akar-Santapan-Harian@hub.xc.org)

Tatik

Tentang Tatik

Tatik Wahyuningsih telah menulis 7 artikel di blog ini..

Cetak tulisan ini Cetak tulisan ini
Comments (14) Trackbacks (0)
  1. Ingin membagikan sedikit pengalaman ikut training BGA dari PPA ini. Kesan ikut trainingnya cukup menyenangkan, apalagi Bapak Philip sangat bagus menerangkanya, jelas langkah demi langkah seperti yang sudah ditulis Tatik. Nah.. setelah itu aku coba gunakan cara ini untuk renungan malam, ternyata lebih asyik, tidak ngantuk serta ada hal-hal baru atau pelajaran baru yang bisa aku temukan sendiri. Pengalaman ini membuat aku jadi semangat untuk renungan malam, karena belakangan ini bolong-bolong alias suka absen Y_Y.

  2. Salam kenal, Mbak. Shalom

    bagus metode menggali Alkitabnya

    saya ambil tuk ibu2 gereja kami, Tks infonya.

    Tuhan memberkati. Mbak, plis berkunjung dong lihat blog saya, baru belajar.

    Gimana supaya banyak pengunjungnya.

    Tks, Ibu Linda, Kalimantan Tengah. GBU

    blog saya : http://lindanisida.wordpress.com.

  3. @lindataway
    Salam kenal Ibu Linda,
    Jika Bu Linda membutuhkan bahan-bahan pendukung untuk menggali Alkitab secara lebih mendalam, Bu Linda dapat berkunjung ke SABDA Alkitab.

    GBU

  4. @lindataway

    Salam kenal Bu Linda!

    Untuk membantu ibu2 di gereja Ibu belajar Alkitab lebih dalam lagi, silakan kunjungi situs kami yang terbaru, yaitu SABDA Alkitab. Di sana, Ibu bisa menemukan lebih banyak lagi bahan-bahan untuk mempelajari Firman Tuhan dengan lebih baik. Selamat berkunjung!

  5. lindataway :
    Salam kenal, Mbak. Shalom
    bagus metode menggali Alkitabnya
    saya ambil tuk ibu2 gereja kami, Tks infonya.
    Tuhan memberkati.

    Shalom, Salam kenal juga Ibu Linda. Iya, Bu, berbagi sesuatu yang indah adalah hal yang menyenangkan :) Tuhan memberkati juga.

    Mbak, plis berkunjung dong lihat blog saya, baru belajar.
    Gimana supaya banyak pengunjungnya.
    Tks, Ibu Linda, Kalimantan Tengah. GBU

    :) Saya sudah mengunjungi blog Ibu, isinya menarik kog, Bu …. Kalau menurut saya, tampilan warna dibuat lebih cerah aja. :)
    GBU

  6. Selamat Malam
    Terima kasih, Mbak …. Sudah kami terapkan metodenya …. Wah, ibu-ibu senang sekali dan seminggu ini pada bikin PR dari Kitab RUT.

    Kami buat program untuk 3 minggu, tiga kali pertemuan.

    Tks, apa boleh saya minta ijin ngeblog linknya?

    GBU

  7. Sama-sama ibu…. :)

    Sangat senang jika kita bisa berbagi pengetahuan. :)

    Maksud ibu Link yang mana?

    Gbu 2 :)

  8. Selamat sore semuanya. Hari ini saya baru menemukan artikel ini dan saya ingin membagi kepada saudara-saudari bahwa memang inilah cara yang terbaik untuk menggali firman TUHAN.
    Jika kita membaca firman tanpa metode ini maka percayalah kita tidak akan pernah mengerti apa maksud firman itu.
    Karena dengan berdoa kita mengundang Roh Suci Allah untuk membantu kita mengerti apa maksud firman-Nya. Inilah yang saya ingin aminkan. Apa yang diceritakan Tatik itu benar. Dan cara Pak Philip itu memberi pelajaran luar biasa sampai menyenangkan hati seseorang.

  9. Syaloom! salam kenal Bunda. Trims untuk metode yg diajarkan sangat membantu. Apa boleh tau gimana sih untuk ciptaain metode kreasi bagi orang muda agar cepat menggali Alkitab?

  10. @Tina

    SaLam kenaL Tina, wah, jadi seneng deh.. :)

    Ada satu lagi orang pilihan Tuhan yang diberkati dengan cara belajar Alkitab yang demikian :)

    Dulu waktu saya masih SMP dan saya sama sekali belum tahu tentang cara belajar Alkitab seperti yang saya paparkan di atas, saya belajarnya asal-asalan, saya hanya memilih ayat2 yang saya rasa mudah dimengerti bahasanya :p

  11. @Henny

    Waduh, yang dipanggil “Bunda” itu saya ya??? Usia saya masih 19 th lho…hehehehe….

    SaLam kenaL juga Henny,

    Pertanyaan Henny menarik deh, dan kebetulan saya punya banyak teman yang mungkin bisa membantu menjawabnya :)

    Kalau menurut saya. Menciptakan metode kreasi bagi orang muda agar cepat menggali Alkitab agak susah ya… Walaupun kita menciptakan metode dengan berbagai cara yang kreatif dan menarik, tapi mereka ngga punya semangat buat menggali isi Alkitabnya itu sendiri, usaha kita mungkin akan sia-sia.

    Saat ini yang terlintas di pikiran saya malah bagaimana menumbuhkan semangat anak2 muda untuk menggali salah satu perikop di Alkitab. Saya (masih) termasuk anak muda (halah :p). (bagi saya) Awalnya lebih baik saya menerima satu perikop Alkitab yang menurut saya menarik untuk dibahas pada usia saya saat ini. Misalnya tentang pasangan hidup, pelayanan melalui talenta, persahabatan, dll.. Mungkin dengan menumbuhkan semangat mereka dan mengajak mereka untuk membahas lebih lanjut, maka metode kreasi akan kita peroleh.

    Terima kasih,

    GBu.

  12. Salam,

    Mba Tatik dan teman-teman di YLSA, saya atas nama PPA mengucapkan terima kasih untuk teman-teman dan pembaca yang telah membaca tulisan Mba Tatik ini.

    Puji Tuhan kalau apa yang saya terangkan itu bisa dipahami dan dilakukan. Sungguh apa yang saya sampaikan baru sebagian kecil saja dari menikmati Alkitab.

    Saya pribadi merasa dengan metode BGA ini amat membantu untuk saya mendengarkan dan memahami maksud Tuhan setiap hari.

    Terima kasih buat Ibu Yulia yang memberi kesempatan pada saya menyampaikan metode itu buat teman-teman YLSA di Solo beberapa waktu lalu. Saya selalu rindu untuk mengunjungi ke kota itu..he..he..soalnya enak makanannya dan suasananya.

    Buat pembaca lainnya, silahkan saja menggunakan metode itu dalam saat teduh pribadi atau kelompok.

    salam hangat,

  13. Syalom Pak Philip,

    Saya sekali lagi bersyukur untuk 3 kertas yang saya terima waktu training BGA saat itu.

    Tiga kertas itu dirangkum oleh salah satu teman saya supaya mudah dipahami oleh anak-anak Sekolah Minggu di gereja kami. Pada tanggal 27 juni lalu kertas itu disampaikan kepada anak-anak dalam acara SAL (Sekolah Alkitab Liburan). Saya senang sekali karena anak-anak menjadi semakin kritis dengan bertanya-tanya tentang kata-kata sulit yang ada di Alkitab.

    Sungguh, semua ini sudah rencana indah dari Tuhan, bukan merupakan kebetulan :)

    Salam untuk teman-teman di PPA ya pak… :) GBU

  14. @Philip Situmorang

    Saya salut dengan PPA yang memiliki beban besar untuk mendorong dan mengajar anak-anak Tuhan mencintai Alkitab. Hanya dengan mengerti dan menjalankan firman-Nya kita bisa bertumbuh dan berakar kuat dalam Kristus. Teruslah berjuang Pak Philip, perjuangan Anda dan PPA tidak sia-sia.


Leave a comment

Connect with Facebook

(required)

 

No trackbacks yet.

© 2009-2014 Yayasan Lembaga SABDA (YLSA) Bank BCA Cabang Pasar Legi Solo - No. Rekening: 0790266579 - a.n. Yulia Oeniyati

Laporan Masalah dan Saran