Blog SABDA
30Nov/220

Belajar Seni Mengingat Melalui Seminar KBBS

Hallo Sahabat SABDA, apa saja yang sudah Anda ingat hari ini? Banyak? Sedikit? Hal-hal penting? Atau, malah hal-hal kurang penting? Ternyata, mengingat itu menjadi satu skill penting bagi hidup kita lho. Kok bisa ya?

Belum lama ini, saya mengikuti seminar Mengingat Buku yang Anda Baca yang diselenggarakan oleh Klub Baca Buku SABDA. Materinya sangat bagus dan meski diadakan oleh KBBS, materi ini tidak hanya berguna bagi para pecinta buku, tetapi bagi setiap orang. Ibu Yulia, yang menjadi pemateri, menyampaikan materinya dengan sangat baik. Ada bagian-bagian dalam materinya yang menarik perhatian saya. Pertama, terkait long-term memory, bahwa long-term memory berperan penting bagi hidup kita, termasuk untuk mendukung kebutuhan rohani kita.  Kedua, berkaitan dengan membaca, bahwa membaca harus punya tujuan. Nah, ada 5 step untuk mengingat apa yang Anda baca: Pra baca (amati cover, daftar isi, deskripsi buku), menandai buku, membuat catatan dan ringkasan, mencari bahan-bahan referensi terkait, dan mengaplikasikan/membagikan. Pernahkah Sahabat SABDA melakukan satu atau lebih dari step ini ketika membaca? Hampir semua saya pernah melakukan, tetapi untuk mencari bahan referensi, saya jarang melakukannya. Mau sih mencobanya suatu saat .. hehe.

Inilah sedikit kesan dan pelajaran yang saya dapatkan. Kini, giliran teman-teman saya nih yang akan sharing … oh ya, mereka ini baru pertama kali mengikuti acara KBBS lho. Yuk, baca sharing mereka ….

Saya pertama kali mengikuti acara KBBS, sungguh berkesan karena bisa bertemu dengan anggota KBBS yang ikut bertugas dalam acara tersebut. Materi yang disampaikan baik karena berisi tip untuk mengingat topik bacaan yang pernah dibaca dalam buku. Hal baru yang saya dapatkan, yaitu tentang kebiasaan membaca secara aktif. Ada beberapa langkah yang dijelaskan dan bisa diaplikasikan saat membaca. (Yulius)

Dari seminar KBBS ini, saya belajar untuk dapat mengingat sesuatu. Kita perlu meningkatkan rasa ketertarikan pada topik tersebut. Saya juga diingatkan untuk mencari ‘cue’, rajin mencatat (karena saya tidak terlalu suka menulis), dan juga diingatkan untuk membuat bahan bagi diri sendiri dan orang lain. Dengan saling berbagi catatan, kita akan mendapat ilmu tambahan juga dari sudut pandang orang lain. (Aldo)

Saya senang mendapatkan tip dan solusi dalam hal membaca buku. Saya belajar tentang langkah-langkah pasti yang bisa diterapkan untuk membaca buku. (Nehemia)

Butuh strategi saat membaca buku supaya tidak membuang waktu dan tenaga. Selain itu, juga harus memiliki alasan yang kuat agar tidak berhenti di tengah jalan. (Yudo)

Wah, saya ikut senang karena teman-teman juga mendapatkan banyak pelajaran dari seminar ini. Saya berharap Sahabat SABDA mulai tergugah nih untuk penasaran juga dengan isi materi lengkap dari seminar kali ini. Langsung saja yuk simak siaran tundanya di arsip Seminar KBBS: Bagaimana Mengingat Buku yang Anda Baca, dan jangan lupa berbagi juga dapat hal menarik atau pelajaran penting apa dari materi ini. Selamat belajar, menikmati, dan berbagi berkat dengan orang lain. Sekian dulu ya tulisan saya kali ini, kiranya menjadi berkat dan menginspirasi.

Santi

Tentang Santi

Santi Lestari telah menulis 47 artikel di blog ini..

Cetak tulisan ini Cetak tulisan ini
Comments (0) Trackbacks (0)

No comments yet.


Leave a comment

Connect with Facebook

No trackbacks yet.