Blog SABDA
15Jul/220

Pengalaman Pertama Magang di SABDA

Oleh: Eunike

Halo Sahabat SABDA … Senin, 11 Juli 2022, menjadi tanggal yang istimewa bagi saya karena mendapatkan pengalaman yang sangat baru. Mendapat kesempatan untuk magang di Yayasan Lembaga SABDA (YLSA) menjadi hal yang tidak saya duga. Saya adalah salah satu mahasiswi program studi Sistem Informasi. Saya tidak menyangka kalau saya bisa mendapatkan pengalaman magang pertama saya di SABDA untuk mengisi liburan setelah menyelesaikan semester dua ini.

Kegiatan magang hari ini dibuka dengan Persekutuan Doa (PD) staf SABDA yang diadakan setiap Senin dan Jumat. Saya dan Rahel (sesama staf magang) berkesempatan memperkenalkan diri dalam PD tersebut. Setelah PD, kami melakukan Pendalaman Alkitab (PA) yang dibagi menjadi beberapa kelompok. Kami bisa sharing dan berdiskusi tentang topik yang sedang dibahas dalam renungan ataupun firman Tuhan. Poin penting yang saya dapat dari PA hari ini adalah bahwa dalam setiap pikiran, perkataan, perbuatan, dan keputusan yang kita buat, kita harus terus melibatkan Tuhan Yesus dan meminta hikmat dan penyertaan dari-Nya.

Pada hari pertama magang ini, saya belajar banyak sekali hal baru, mulai dari mengenal SABDA, mengedit tulisan, menulis blog, dan melakukan rekaman artikel. Di sini, saya bertemu dengan kakak-kakak yang sabar sekali mengenalkan setiap hal yang ada di YLSA dan membimbing saya untuk memahami bagian-bagian pekerjaan di SABDA.

Pelajaran pertama yang saya dapat adalah orientasi editing. Dari orientasi ini, saya belajar untuk membaca tulisan dan mengeditnya dengan teliti. Kita juga harus mengetahui atau punya alasan yang jelas ketika melakukan perubahan dalam mengedit. Pelajaran kedua saya dapat dari orientasi blog. Dalam menulis blog, kita harus mencantumkan kata kunci agar tulisan yang kita buat mudah untuk dicari di mesin pencarian.

Selain mempelajari hal-hal terkait dengan pekerjaan, saya juga belajar untuk beradaptasi dengan staf-staf di SABDA. Kekeluargaan di sini begitu terasa saat makan siang. Kami duduk bersama untuk makan sambil mengobrol. Sebagai mahasiswa rantau yang terkadang makan sendiri, hal tersebut cukup menyenangkan untuk saya.

Setelah makan, kami melanjutkan orientasi untuk rekaman audio. Saya belajar untuk mengoperasikan alat untuk merekam audio, baik dengan laptop maupun handphone dengan bantuan aplikasi tambahan, dan berlatih merekam suara agar audio yang dihasilkan jelas dan tidak ada noise atau suara-suara dari luar yang bisa saja mengganggu. Sebelum melakukan rekaman, saya harus membaca teks artikel yang akan direkam terlebih dahulu agar menguasai materinya.

Pengalaman magang hari pertama ini sangat berkesan untuk saya. Ada banyak sekali hal baru yang saya ketahui hari ini dan saya sangat bersemangat untuk belajar hal-hal lain ke depannya. Saya berharap pada hari-hari magang selanjutnya, saya bisa belajar banyak hal dan semakin memahami setiap pekerjaan yang saya kerjakan. Terima kasih. Tuhan Yesus memberkati.

Tentang Penulis Tamu

telah menulis 147 artikel di blog ini..

Cetak tulisan ini Cetak tulisan ini
Kategori: Magang, SABDA, YLSA
Kata kunci: ,
Leave a comment
Comments (0) Trackbacks (0)

No comments yet.


Leave a comment

Connect with Facebook

No trackbacks yet.

Copyright © 2009-2022 Yayasan Lembaga SABDA (YLSA). All Rights Reserved.
Bank BCA Cabang Pasar Legi Solo - No. Rekening: 0790266579 - a.n. Yulia Oeniyati
Kontak | Partisipasi | Donasi