Blog SABDA
27May/220

Mengulik Situs Alkitab SABDA

Berbicara mengenai teknologi c pasti tidak ada habisnya. Mengapa? Karena teknologi tidak terlepas dari perkembangan, usaha, dan inovasi yang terus-menerus dalam memenuhi kebutuhan setiap masa. Seluruh bidang kehidupan manusia pada era saat ini bergantung dengan perkembangan tersebut. Tidak heran teknologi menjadi keniscayaan. Perkembangan teknologi tidak dapat terlepas dari peran developer/pengembang yang berjerih lelah memberikan solusi melalui karya mereka. Sama halnya dengan YLSA yang mengusahakan perkembangan teknologi di bidang studi Alkitab melalui produk-produk yang dirilisnya. Salah satu yang menjadi produk unggulan YLSA adalah situs Alkitab SABDA .

Pada 19 Mei 2022, YLSA mengadakan IG Live SABDA Unboxing! Situs Alkitab SABDA via akun IG @sabdaresources . Acara ini dibawakan oleh Ibu Yulia Oeniyati dengan ditemani oleh Hadi Pramono sebagai narasumber. Pada sesi ini, Hadi menjelaskan situs Alkitab SABDA, mulai dari introduksi, sejarah pembuatan, hingga fitur-fitur yang disematkan di situs ini. Hal ini penting untuk diketahui pengguna karena memang situs ini memiliki banyak fitur yang dapat menolong pengguna untuk mempelajari Alkitab dengan lebih baik.

Hadi, selaku koordinator Divisi ITS, , mulai memperkenalkan diri. Divisi ITS bertanggung jawab untuk menyediakan infrastruktur teknologi sebagai sarana belajar Alkitab dan distribusi bahan-bahan kekristenan. Hadi juga menyampaikan sejarah singkat lahirnya situs Alkitab SABDA. Berawal dari kebutuhan akan Alkitab digital yang tidak hanya bisa dipakai oleh perorangan (offline), tetapi bisa diakses secara masal (online). Lalu, pada 1997, internet mulai masuk ke Indonesia, tentunya tim ITS YLSA tidak menyia-nyiakan peluang tersebut. Mulailah tercetus untuk membuat situs Alkitab versi pertama, yaitu SABDA web. Situs ini masih terus dikembangkan hingga akhirnya pada 2007 situs Alkitab online rilis. Perkembangan tidak berhenti sampai di situ saja, tetapi terus diupayakan. Pada 2009, situs Alkitab SABDA rilis dan sampai sekarang situs ini masih terus dipelihara dan di-update secara berkala untuk memperlengkapi penggunanya.

berbahasa Indonesia yang cukup lengkap, bahan-bahan saling terintegrasi dengan bahan lain, optimalisasi yang baik sehingga sangat cepat untuk diakses, widget gratis yang bisa dipakai oleh siapa saja, pembanding versi Alkitab, kamus, tafsiran, ilustrasi khotbah, referensi silang, leksikon, bahan multimedia, dan interlinear yang memungkinkan untuk membandingkan terjemahan dengan bahasa aslinya. Fitur-fitur tersebut disediakan supaya dapat menunjang studi Alkitab dengan lebih maksimal.

Lalu, siapa saja pengguna situs ini? Situs ini telah dipakai oleh banyak pengguna dari berbagai kalangan, seperti pendeta, mahasiswa teologi, hingga masyarakat kristen secara umum. Jika dijumlah, sudah jutaan pengguna yang memperoleh berkat dan manfaat menggunakan situs Alkitab SABDA . YLSA berharap situs ini semakin menjangkau pengguna baru di luar sana, masyarakat semakin aware terhadap biblical computing dan setiap perguruan tinggi teologi dapat menerapkan kurikulum studi Alkitab digital menggunakan produk YLSA yang salah satunya adalah situs Alkitab SABDA.

Situs Alkitab ini dapat diakses di alkitab.sabda.org. Untuk mengetahui lebih banyak mengenai situs Alkitab SABDA termasuk fitur-fitur yang disediakan dan cara penggunaanya. yuk mengikuti siaran tunda Pelatihan Situs Alkitab SABDA pada 3 Juni 2022 yang diadakan oleh YLSA, pastikan jangan sampai ketinggalan ya. Tuhan Yesus memberkati.

Yulius

Tentang Yulius

Yulius Widiyatmoko telah menulis 6 artikel di blog ini..

Cetak tulisan ini Cetak tulisan ini
Comments (0) Trackbacks (0)

No comments yet.


Leave a comment

Connect with Facebook

No trackbacks yet.

Copyright © 2009-2022 Yayasan Lembaga SABDA (YLSA). All Rights Reserved.
Bank BCA Cabang Pasar Legi Solo - No. Rekening: 0790266579 - a.n. Yulia Oeniyati
Kontak | Partisipasi | Donasi