Blog SABDA
28Apr/220

SABDA Unboxing!: Kartini, Peran Perempuan, dan Pelayanan Wanita YLSA

Hari Kartini tahun ini diperingati YLSA dengan cara yang berbeda. Selain mem-posting konten-konten yang menyuarakan pemikiran Kartini di berbagai komunitas media sosial YLSA, tahun ini YLSA juga secara khusus mengupas Pelayanan Wanita melalui acara SABDA Unboxing!. Dengan Bu Yulia sebagai host dan saya sebagai narasumber, kami pun hadir dalam acara obrolan dan diskusi tentang pelayanan YLSA melalui IG Live SABDA Resources @sabdaresources.

Dari obrolan seputar Hari Kartini, pemikiran Kartini, serta tentang kiprah wanita Indonesia saat ini, tampaknya kita harus sepakat kalau kita mesti bangga dengan keberadaan Kartini. Hari Kartini penting untuk kita peringati karena menjadi pengingat akan perjuangan emansipasi wanita. Kita pun perlu bersyukur bahwa kita hidup di negara yang secara umum cukup memberi ruang kepada kaum perempuan untuk maju dan mengekspresikan diri, terlepas dari berbagai kasus kekerasan, pelecehan, dan diskriminasi terhadap kaum perempuan yang masih terjadi.

YLSA selalu melihat bahwa Allah memandang dan menyanjung tinggi perempuan. Hal ini dapat kita lihat dalam firman Tuhan, dari kitab Kejadian sampai Wahyu, bahwa bersama-sama kaum pria, para wanita juga dapat menjadi subjek dalam menjalani pekerjaan dan misi Allah di bumi. Untuk itu, YLSA memandang perlu memperlengkapi kaum wanita dalam pelayanan dan peran mereka di tengah keluarga, gereja, dan masyarakat dengan bahan-bahan yang bermutu. Karena itu, YLSA pun meluncurkan situs Wanita Kristen pada tahun 2009 untuk maksud dan tujuan tersebut.

Apa saja yang ada di situs Wanita Kristen? Situs Wanita Kristen berisi bahan-bahan yang alkitabiah dan bermutu, bermanfaat dalam menumbuhkan kerohanian, memperluas wawasan, serta berguna untuk memperlengkapi kaum wanita dalam pelayanan. Bahan-bahan dalam situs Wanita tersedia dalam bentuk teks, audio, dan video. Untuk bahan-bahan berupa teks dan audio, terdiri dari beberapa kategori, seperti: artikel, renungan, tip, blog, dan biografi wanita Kristen. Bahan-bahan itu mencakup topik-topik seperti karier, kehidupan rohani, keluarga, pelayanan, konseling, pelayanan anak, pengembangan diri, dsb., yang tentu terkait dan berguna bagi kehidupan dan pelayanan wanita. Lalu, untuk bahan berupa video, terdapat bahan-bahan seminar dari SABDA Live serta beberapa video dari The Bible Project. Semua bahan dalam situs Wanita Kristen dapat diunduh secara gratis dan dibagikan kepada banyak orang. 

Situs Wanita Kristen juga dapat menjadi wadah bagi para wanita Kristen atau siapa pun untuk berkarya dan menjadi berkat. Bagaimana caranya? Silakan mengirimkan tulisan atau bahan-bahan kristiani kepada kami. Setelah melalui proses pemilahan dan editing, karya atau bahan dari kontributor yang memenuhi syarat akan kami terbitkan di situs. Atau, jika ada yang ingin menjadi penerjemah, memiliki ide-ide untuk pengembangan situs Wanita Kristen, atau bahkan memiliki kebutuhan untuk mendapat bahan, seminar, atau training tertentu terkait dengan pelayanan wanita, silakan hubungi tim pelayanan wanita YLSA melalui no. WA yang tersedia di situs.

Inilah isi materi SABDA Unboxing! dengan topik Pelayanan Wanita pada Hari Kartini. Semoga bersama dan melalui situs Wanita Kristen dari YLSA, wanita Kristen Indonesia semakin diperlengkapi dan berdampak sebagai terang dan garam di tengah keluarga, gereja, dan masyarakat. Kudos

Okti

Tentang Okti

Okti Nur Risanti telah menulis 38 artikel di blog ini..

Cetak tulisan ini Cetak tulisan ini
Comments (0) Trackbacks (0)

No comments yet.


Leave a comment

Connect with Facebook

No trackbacks yet.

Copyright © 2009-2022 Yayasan Lembaga SABDA (YLSA). All Rights Reserved.
Bank BCA Cabang Pasar Legi Solo - No. Rekening: 0790266579 - a.n. Yulia Oeniyati
Kontak | Partisipasi | Donasi