Blog SABDA
9Apr/220

The Power of Bible Comic: Cara Seru Belajar Alkitab!

Belajar Alkitab dengan komik? Wah, mungkin banyak orang masih asing mendengar hal ini. Atau, mereka justru bertanya-tanya bagaimana belajar Alkitab dengan komik. Saya sendiri juga tertarik lho dan baru kali ini juga mendapat penjelasan bagaimana belajar Alkitab dengan menggunakan komik. Sahabat SABDA pasti penasaran dari mana saya mendapatkannya? Ini nih, dari roadshow online The Power of Bible Comic!

Tepatnya hari Sabtu, 2 April 2022, SABDA memenuhi undangan roadshow dari Yayasan Nafiri Allah Terakhir (NAT). Karena ada kesamaan misi dalam mengembangkan pelayanan dan penjangkauan jiwa melalui media digital, SABDA menerima undangan tersebut. Secara spesifik, SABDA menyampaikan tentang penjangkauan melalui media komik. Acara roadshow ini diadakan pkl. 09.00 WIB melalui Zoom.

Presentasi kali ini diawali dengan penjelasan sekilas dari Ibu Yulia mengenai perjalanan pelayanan SABDA dalam mengikuti perkembangan teknologi dan kebutuhan gereja/pelayanan supaya tetap relevan. Kami juga (sudah beberapa kali) melakukan perombakan struktur YLSA jika dirasa sudah kurang relevan untuk mengakomodasi kebutuhan dan pengembangan pelayanan SABDA.

Kemudian, presentasi mengenai Alkitab komik disampaikan oleh rekan saya, Kak Yudo, yang sudah lama berkecimpung di dunia komik. Dia punya hobi dan senang sekali menggambar. Kurang lebih 4 – 5 tahun, SABDA bekerja sama dengan Kingstone Comic dari Amerika, sebuah lembaga yang memproduksi komik digital berisi cerita-cerita Alkitab bergaya “komik Marvel”, keren bukan? Eitts, tidak sampai di situ saja, yang lebih menarik lagi, komik Alkitab ini dibuat based on bible.  Komik Alkitab dari Kingstone berisi Alkitab dari Kejadian hingga Wahyu. Wooow … bukan sembarang komik ‘kan?!

Kak Yudo menjelaskan mengapa The Power of Bible Comic dapat mendukung banyak pelayanan, mulai untuk menjangkau kaum muda sampai mereka yang sudah berumur, tetapi masih berjiwa muda (seperti saya hehehehe) alias masih suka baca komik. Nah, ada 10 hukum komik yang menjadi alasan bagi kita untuk memakainya sebagai media penginjilan dan mendukung untuk belajar Alkitab:

1. Komik sangat relevan dengan budaya masa kini.
2. Komik juga melibatkan pembaca melalui visual dan cerita yang didapatkan.
3. Komik memiliki format yang efisien.
4. Dalam komik Kingstone juga memiliki catatan kaki sehingga memiliki nilai edukatif.
5. Komik mendorong anak-anak maupun orang dewasa untuk belajar literasi mengenai Alkitab.
6. Komik dapat efektif dicerna dan diingat melalui teks dalam balon obrolan dan gambar yang dilihat, yang disebut dengan istilah dual-coding theory of cognition.
7. Komik menarik secara visual.
8. Komik merupakan sarana penjangkauan media lintas budaya.
9. Komik menjadi sarana penjangkauan secara “Sosial Media” friendly.
10. Komik mampu menjadi jembatan kepada Alkitab.

Yang perlu menjadi catatan dalam penjangkauan melalui komik Alkitab ini adalah harus memiliki ekosistem yang baik. Tanpa adanya ekosistem yang baik, banyak kasus situs-situs komik Alkitab yang bagus namun semakin jarang dijumpai masa kini. Hal ini menjadi tantangan bagi SABDA dalam mempertahankan ekosistem yang baik tersebut.

Oh ya, ada penjelasan mengenai Panduan Paskah bersama Komik Kingstone juga lho. Wah, semakin menarik nih! Pendalaman Alkitab (PA) yang biasanya cukup serius ternyata bisa dibuat lebih fun dan menarik dengan komik Alkitab. Komik ini akan menolong kita untuk menghayati makna Paskah melalui tampilan visual yang digambarkan. Kita juga bisa memahami konteksnya dengan lebih jelas karena di setiap halaman komik juga dilengkapi dengan referensi ayat Alkitab. Jadi, kita tetap akan bisa menggali firman Tuhan berdasar Alkitab. Bagi para guru sekolah minggu, komik Alkitab ini akan sangat menolong proses mengajar anak-anak SM untuk mengenal Tuhan.

Melalui roadshow ini, saya menjadi semakin terbuka bahwa kita perlu kreatif dalam melayani. Ketika memberitakan firman Tuhan, kita tidak harus melakukannya dengan cara yang sama terus. Masih banyak alternatif lain yang bisa kita lakukan asal kita mau kreatif dan berusaha. Kita perlu menggunakan cara-cara baru dan hal-hal menarik untuk memberitakan injil.

Sekian cerita dari saya, jangan lupa kunjungi situs-situs komik ini ya … ada Komik APP, Kingstone, Yesus Mesias. Yukkk kembangkan kreativitas kita dalam memberitakan Injil! Namun ingat, jangan sampai melenceng dari kebenaran Alkitab ya, Teman-teman … Sampai jumpa dalam cerita selanjutnya. Tuhan Yesus memberkati.

Sandra

Tentang Sandra

Renata Sandra telah menulis 5 artikel di blog ini..

Cetak tulisan ini Cetak tulisan ini
Comments (0) Trackbacks (0)

No comments yet.


Leave a comment

Connect with Facebook

No trackbacks yet.

Copyright © 2009-2022 Yayasan Lembaga SABDA (YLSA). All Rights Reserved.
Bank BCA Cabang Pasar Legi Solo - No. Rekening: 0790266579 - a.n. Yulia Oeniyati
Kontak | Partisipasi | Donasi