Blog SABDA
20Oct/220

Mengenal Pelayanan TELAGA

“Keluarga yang sehat menciptakan gereja dan masyarakat yang sehat.”

Kalimat tersebut diutarakan oleh Pak Jusuf Niti Tjahyanto, koordinator pelayanan TELAGA (Tegur Sapa Gembala Keluarga), salah satu mitra pelayanan YLSA, pada Senin, 19 September 2022, dalam acara IG Live Kenal Mitra. Sore itu, YLSA, yang diwakili oleh Ibu Evie, berkesempatan untuk bincang-bincang bersama Pak Jusuf dari TELAGA; menanyakan sejarah, visi-misi, proses produksi, sampai perkembangan pelayanan TELAGA.

Menurut penuturan Pak Jusuf, terbentuknya TELAGA sebenarnya diawali dari pembinaan kepada 6 pasangan di Marriage Encounter (ME) oleh Bpk Pdt. Dr. Yakub Susabda. Dari pembinaan itu, serta berbagai seminar dan ceramah pembinaan keluarga yang mereka adakan, pada 2 Mei 1990, terbentuklah LBKK (Lembaga Bina Keluarga Kristen) yang bersifat interdenominasi dan Bapak Gunawan Santoso ditunjuk sebagai ketua.  

Pada waktu itu, Pdt. Dr. Yakub Susabda mengusulkan agar pelayanan ini bisa dibuat seperti pelayanan Focus on the Family, sebuah program radio untuk keluarga. Dari perbincangan dengan Pdt. Paul Gunadi (Focus on the Family), tercetuslah nama TELAGA dengan bentuk pelayanan program radio tanya-jawab selama 30 menit yang dimulai pada Februari 1998. Pada awalnya, rekaman bahan menggunakan alat Parakaleo yang dipinjam dari Ibu Pdt. Rahmiati Tanudjaja. Namun sekarang, TELAGA sudah memiliki alat rekam mobile sendiri yang bisa dipakai untuk merekam suara dari mana saja. 

Sampai tahun 2022, TELAGA telah menghasilkan 1150+ rekaman dengan topik keluarga dan rumah tangga yang telah disiarkan oleh 42 radio termasuk 2 radio luar negeri di Hongkong dan Timor Leste. Pak Jusuf berharap agar banyak keluarga Kristen bisa mendengar bahan-bahan TELAGA untuk mendampingi kehidupan rumah tangga mereka. Jika ada radio yang ingin menyiarkan program dari TELAGA ini, Pak Jusuf akan membagikannya, baik melalui CD maupun Google Drive, dengan terlebih dahulu menghubungi TELAGA melalui email staf-…@telaga.org

Dalam kemitraannya, YLSA menolong TELAGA untuk menyajikan bahan-bahannya dalam berbagai platform, seperti app He Cares, Spotify, dan Google Podcast. Beberapa testimoni dari pengguna dan pendengar bahan-bahan TELAGA juga semakin menegaskan karya Allah dalam kerja sama antara dua pelayanan ini; TELAGA dengan bahan-bahannya dan YLSA dengan teknologinya. Ayo kenali lebih lanjut pelayanan TELAGA dengan mengakses situsnya di telaga.org. Simak juga rekaman IG Live Kenal Mitra – TELAGA di tautan ini: https://www.instagram.com/p/CisA7KjpjXZ. Tuhan Yesus memberkati.

Nikos

Tentang Nikos

Nikos Septian telah menulis 11 artikel di blog ini..

Cetak tulisan ini Cetak tulisan ini
Comments (0) Trackbacks (0)

No comments yet.


Leave a comment

Connect with Facebook

No trackbacks yet.

Copyright © 2009-2022 Yayasan Lembaga SABDA (YLSA). All Rights Reserved.
Bank BCA Cabang Pasar Legi Solo - No. Rekening: 0790266579 - a.n. Yulia Oeniyati
Kontak | Partisipasi | Donasi