Blog SABDA
4Oct/220

Kelas “Identitasku Dalam Kristus” Sungguh Mengharukan

Saya sangat senang dapat menyapa Sahabat SABDA kembali melalui keseruan saya dalam memoderasi kelas Identitasku Dalam Kristus (IDK). Kelas IDK diadakan pada 28 September – 5 Oktober 2022, dan merupakan kelas praktika kedua yang dibuka tahun ini setelah kelas Membina Pernikahan Kristen (MPK).

Kelas ini diikuti oleh 77 peserta (yang lulus 55 peserta) dan dibagi menjadi 3 kelas diskusi (pagi dan malam). Kelas IDK 1 dan IDK 3 diperuntukkan bagi peserta yang sudah berusia di atas 40 tahun. Sebaliknya, kelas IDK 2 terdiri dari peserta yang masih muda dan berusia di bawah 40 tahun. Kelas ini memang sengaja kami susun sedemikian rupa agar diskusi bisa related karena pesertanya sama secara usia. Kelas IDK 1 dimoderasi oleh saya, kelas IDK 2 dimoderasi oleh Ibu Yulia, dan kelas IDK 3 dimoderasi oleh Rei. Dan, tentu saja ada teman-teman saya menolong sebagai admin (Mei dan Rode) agar peserta dapat diawasi dan di-reminder setiap hari untuk aktif dalam diskusi.

Dalam kelas diskusi, semua peserta membahas dan menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diberikan oleh moderator. Tentu saja, kelas diskusi ini dinamis karena banyak dari peserta yang mengembangkan pertanyaan utama dan memberikan tanggapan atas jawaban-jawaban yang dibagikan oleh peserta lainnya. By the way, modul IDK ini adalah modul baru yang disusun oleh Tim SABDA MLC pada tahun ini lho! Modulnya dibagi menjadi 5 pelajaran utama, yaitu: Pengertian Identitas, Identitas Dalam Kristus, Yang Lama dan Yang Baru, Pemulihan dari Kerusakan, serta Kuasa Identitas. Modul IDK juga memakai referensi dari buku Victory Over The Darkness (Kemenangan Atas Kegelapan) karya Neil T. Anderson yang diterbitkan oleh Light Publishing pada 2020.

So, meski ada dari Sahabat SABDA yang tidak mengikuti kelas ini, silakan baca modulnya melalui https://pesta.org/idk_sil secara mandiri. Saya pastikan, Sahabat SABDA bisa melihat kembali bagaimana posisi kita selama ini dan bagaimana identitas kita dalam Kristus. Ini akan sangat mengoreksi kita pribadi lepas pribadi. Tidak percaya, mari baca beberapa sharing berkat dari peserta IDK berikut ini:

1. Doddy Ariawan (Kelas IDK 1)

Setelah pandemi, saya melakukan penginjilan ke daerah-daerah. Saya melihat banyak orang Kristen tidak tahu tentang identitas mereka dalam Kristus. Puji Tuhan, saya dapat mengikuti kelas IDK ini sehingga saya mendapat materi yang bagus dalam melakukan program pemuridan untuk pelayanan saya ke daerah-daerah. Mohon izin kepada SABDA yang sudah memberi materi IDK ini untuk saya pakai dalam pelayanan pemuridan kami selanjutnya. Terima kasih, Tuhan Yesus memberkati.

2. Risky Muhaimin (Kelas IDK 2)

Sebelumnya, saya mengucap syukur kepada Tuhan bisa masuk kelas IDK ini. Yang membuat saya tertarik sebelumnya, ada kelas malam hari. Di sela kesibukan, saya dapat menyempatkan waktu belajar firman Tuhan. Materinya juga membuat saya tertarik tentang identitas dalam Kristus. Yang saya rasakan saat di kelas: kelas ini (jujur) ramai banget, senang sekali bisa diskusi, saling menambahkan, pertanyaannya pun nggak monoton dan dibuat untuk berpikir lebih dalam. Yang saya dapat: kelas ini sangat memberkati saya. Selaku anak muda, jujur sebelumnya pandangan saya tentang identitas itu salah. Namun di kelas ini, saya mendapat pengertian yang begitu luar biasa tentang identitas saya dalam Kristus. Terima kasih buat all team Yayasan Lembaga SABDA dan teman-teman di kelas. Semangat terus dalam pelayanan, saya sangat terberkati lewat kelas ini. Tuhan Yesus memberkati.

3. Yvonne Kaunang (Kelas IDK 3)

Tadinya, bagi saya, saat melihat topik ini akan biasa saja diskusinya. Namun, setelah membaca modul IDK dan ternyata isinya sangat mendalam arti identitas diri dalam Yesus. Salut untuk tim SABDA yang telah membuat modul pelajaran ini dan mengarahkan pertanyaan diskusi yang sangat menyentuh hati. Dengan ikut pelajaran ini, saya banyak mendapat sesuatu yang baru yang menguatkan iman dalam Yesus. Teman-teman dalam diskusi membuka wawasan baru dan sangat sopan dalam diskusi. Terima kasih atas kesempatan dapat mengikuti pelajaran ini. Tuhan Yesus memberkati kita semua.

Itulah sedikit sharing berkat dari peserta kelas IDK. Sahabat SABDA bisa membaca selengkapnya di pesta.org. Nah, bukan hanya peserta IDK, saya sendiri juga sangat terharu saat mengikuti kelas ini. Setiap pertanyaan yang kami gali setiap hari sungguh mengoreksi dan mengulik semua bagian hidup saya terkait identitasku yang benar dalam Kristus. Bagaimana tidak? Pertanyaan dan modulnya sangat membuka pengertian saya terhadap hidupku selama ini, baik dalam rutinitas setiap hari maupun kehidupan yang seharusnya saya jalani sebagai anak Tuhan Yesus. Sungguh membuat saya merenungkannya kembali.

Sekian sedikit cerita saya tentang kelas IDK yang dilakukan MLC tahun ini. Jika ada dari Sahabat SABDA yang rindu bergabung dalam kelas-kelas MLC berikutnya, silakan kontak kami di 0821-3313-3315. Mari bertumbuh bersama dalam Tuhan dan terus mengalami kemenangan dalam Dia. Soli Deo gloria!

Roma

Tentang Roma

Romauli Marpaung telah menulis 36 artikel di blog ini..

Cetak tulisan ini Cetak tulisan ini
Comments (0) Trackbacks (0)

No comments yet.


Leave a comment

Connect with Facebook

No trackbacks yet.