Blog SABDA
6Jul/220

Kreatif Mengajar SM dengan Komik, Panduan, dan Kurikulum “Yesus Mesias”

Oleh: Evie, There, Roma

Shalom Sahabat SABDA,

Melalui tulisan kolase ini, kami akan berbagi pengalaman ketika menggunakan salah satu produk Yesus Mesias, produk hasil kerja sama YLSA bersama mitra. Yesus Mesias adalah karya komik milik Willem de Vink yang berasal dari Belanda dan sudah diterjemahkan ke dalam lebih dari 130 bahasa. YLSA terlibat dalam proses menerjemahkan komik ini dalam bahasa Indonesia dan mendistribusikan secara digital melalui situs dan aplikasi. Nah, beberapa staf SABDA, There, Evie, dan Roma, yang adalah guru sekolah minggu, menggunakan produk Yesus Mesias ini dalam aktivitas SM di gereja masing-masing. Yuk, baca sharing dari kami ya …

Pengalaman menggunakan Panduan Yesus Mesias mengajar SM (Oleh: There)

Dengan menggunakan panduan ini, anak SM lebih antusias belajar firman Tuhan karena teksnya tidak menjadi teks yang “mati”. Teks dalam panduan ini dilengkapi dengan gambar yang membuat anak-anak lebih mudah mengerti pesan yang ingin disampaikan. Jadi, ketika sudah selesai membaca teks, guru SM bisa memodifikasi dengan menanyakan apa yang mereka pelajari atau pesan apa yang mereka dapat ketika hanya dengan melihat gambar. Jawaban mereka ternyata unik-unik.

Contohnya, ketika saya menunjukkan gambar halaman 40, ketika Yesus berkata “Kalian menyebut aku Guru dan Tuhan. Karena aku telah membasuh kakimu, kamu pun harus saling membasuh kakimu”, tanggapan anak-anak tersebut berbeda-beda. Ada yang mengatakan kalau Yesus sedang berpikir, ada yang mengatakan kalau Yesus sedang serius melihat sesuatu, bahkan ada yang bilang seperti ingin gigit jari. Menurut saya, itulah keunikannya. Walaupun tanggapan mereka berbeda-beda, tetapi justru itulah yang menghidupkan suasana ketika mereka belajar. Mereka lebih semangat dan antusias ketika yang berbicara itu tidak hanya guru SM dan mereka punya kesempatan untuk mengemukakan pendapat juga.

Nah, setelah mereka memberikan pendapat tentang gambar tersebut, tugas kita sebagai guru adalah meluruskannya. Saya mengajak mereka membaca dan memahami teks kembali. Setelah itu, saya arahkan lagi untuk membaca Yohanes 13:6-14 karena ilustrasi gambarnya diambil dari ayat tersebut. Sungguh menyenangkan! Ini merupakan cara baru merevolusi cara mengajar ASM. Paket belajar yang asyik, kekinian, dan fun.

Komik Alkitab dengan Kurikulum Mengajar? Ada! (Oleh: Evie)

Saya sering sekali dengar keluhan dari guru-guru sekolah minggu (GSM) di gereja kecil tentang kesulitan mereka mendapatkan kurikulum mengajar. Dan, ketika saya mendapat informasi bahwa Komik Yesus Mesias juga memiliki kurikulum mengajar, wah saya bersemangat sekali! Mungkin ini bisa menolong saya dan GSM yang memerlukan kurikulum mengajar SM.

Memang benar! Kurikulum mengajar tersebut sangat menolong saya untuk mengajarkan tentang Yesus dengan cara yang lebih sistematis, dan tentu saja menarik untuk anak-anak yang saya layani. Lagi pula, saya bisa mendapatkan bahannya secara gratis lewat https://mesias.sabda.org/guide.php. Terdiri dari 34 pelajaran, kurikulum ini mengupas tuntas tentang Yesus yang diambil dari kitab Markus. Saya sangat terbantu karena dalam setiap pelajaran, sudah ada pengantar pelajaran, ayat hafalan, fokus kepada siapakah Yesus, melihat nubuat tentang Yesus dari Perjanjian Lama, pertanyaan-pertanyaan evaluasi untuk murid, dan aktivitas yang menolong anak untuk lebih mendalami pelajaran agar dapat diaplikasikan. Ini menolong kita untuk membimbing anak-anak melihat garis besar seluruh Alkitab adalah tentang Kristus.

Saya sudah pakai kurikulum ini di SM saya. Anak-anak senang karena bisa membaca komik sekaligus belajar Alkitab dengan cara yang berbeda. Eh, ada video klipnya juga loh. Bisa juga didapat di https://mesias.sabda.org/#animasi. Ada 19 klip yang mendukung kurikulum mengajar SM dari komik Yesus Mesias ini. Ayo, lihat-lihat dulu bahannya dan silakan gunakan untuk menjadi berkat. Kalau mau tahu penjelasan lebih lengkap, bisa diikuti di: https://mesias.sabda.org/teacher.php. Selamat belajar dan mengajar dengan Komik Yesus Mesias ya!

Kurikulum Sekolah Minggu Berdasarkan Yesus Mesias (Oleh: Roma)

Kurikulum sudah pasti menolong suatu pembelajaran supaya lebih terarah dan sistematis. Inilah yang pernah saya pakai di sekolah minggu gereja saya. Saya memperkenalkan kurikulum Yesus Mesias ini kepada anak-anak SM yang saya layani. Dalam kurikulum ini, ada halaman guru dan lembar pertanyaan yang sangat bagus untuk menolong guru sekolah minggu mengajar dengan baik.

Di sisi lain, saya juga mencetak untuk komiknya tiap kali ibadah sekolah minggu dan mereka bisa melihat gambarnya saat saya menerangkan kisah Yesus melalui halaman guru yang saya pakai. Sangat menarik dan anak-anak SM di gereja saya juga antusias untuk belajar dan mengerjakan lembar pertanyaan yang ada. Pokoknya, memakai kurikulum Yesus Mesias ini tidak akan rugi, melainkan menolong kita, khususnya dalam kreatif melayani anak-anak sekolah minggu kita. Yuk, kita pakai.

Demikianlah sharing dari rekan-rekan SABDA yang telah lama berkecimpung dalam pelayanan anak. Kiranya sharing-sharing ini menginspirasi Sahabat SABDA untuk menggunakan Yesus Mesias dalam pelayanan SM masing-masing. Selamat melayani. Tuhan Yesus menolong kita.

Evie

Tentang Evie

Davida Dana telah menulis 37 artikel di blog ini..

Cetak tulisan ini Cetak tulisan ini
Comments (0) Trackbacks (0)

No comments yet.


Leave a comment

Connect with Facebook

No trackbacks yet.